Home > Money & Career > Harus Membuat Keputusan di Kantor Sesegera Mungkin? Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini

Harus Membuat Keputusan di Kantor Sesegera Mungkin? Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini

Harus Membuat Keputusan di Kantor Sesegera Mungkin? Jangan Lupakan 5 Hal Penting Ini

Dalam dunia pekerjaan tentu terkadang mengalami berbagai kendala serta dinamika yang perlu dihadapi setiap harinya. Tidak jarang membuat keputusan pun diharuskan dalam waktu yang singkat. Tidak ada waktu untuk menimbang lebih jauh apalagi meminta waktu lebih lama untuk berpikir.

Namun, bukan berarti karena harus membuat keputusan secara singkat,  kamu bisa mengambil keputusan secara asal. Kamu perlu ingat bahwa setiap keputusan mu akan membawa pengaruh yang besar bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain bahkan perusahaan. Agar keputusan yang diambil tetap bijak, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu.

5 Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Keputusan

Membuat keputusan memang harus dilakukan secara cepat namun bukan berarti semabarangan. perhatikan 5 hal ini sebelum kamu mengambil sebuah keputusan.

1. Jangan  membuat keputusan berdasarkan emosi

terbawa emosi

sumber: pexels

Ketika  situasi yang ada di kantor sedang banyak sekali tekanan jangan lantas membuatmu mengambil keputusan tanpa adanya pertimbangan alias terlalu terburu-buru. Pastikan pula keputusanmu tidak dipengaruhi oleh emosi.

Situasi yang sedang tak stabil memang sering kali membuat sulit berpikir bahkan permasalahan inti pun sering tampak menjadi kabur. Jika kamu mulai dipengaruhi emosi, maka tenangkan diri terlebih dahulu.

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain untuk memberikan opini seobjektif mungkin. Sehingga, kamu bisa fokus kembali untuk melihat permasalahan yang sesungguhnya dan dapat mengambil keputusan yang objektif.

2. Jangan berfokus pada satu sudut pandang

melihat dari satu sudut pandang

sumber: pexels

Sebelum memberikan putusan yang terbaik, tidak ada salahnya untuk melihat berbagai sudut pandang terlebih dahulu. Cara berpikir setiap orang dalam menilai sesuatu tentu saja bisa berbeda. Oleh sebab itu, jangan hanya berfokus dari satu sudut pandang saja. Melainkan, lihat pula perspektif dari sudut lainnya.

Apalagi, keputusan yang kamu buat ini akan mempengaruhi banyak orang. Tidak ada salahnya untuk meminta saran dari berbagai pihak terlebih dahulu, supaya kamu bisa mengetahui berbagai macam perspektif. Hal ini berguna untuk membantu melihat segala sesuatu secara menyeluruh.

3. Objektif ketika melihat data

objektif ketika membuat keputusan

sumber: pexels

Sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah keputusan, ada baiknya untuk menggunakan data sebagai salah satu bahan pertimbangan utama. Lihatlah seluruh data yang berkaitan. Bukan hanya melihat data yang hanya menguntungkan pendapat kamu saja.

Data menjadi hal penting dalam mengambil sebuah keputusan. Jangan sampai kamu mengambil keputusan yang justru bertentangan dengan fakta dilapangan, karena tak melihat data secara lengkap terlebih dahulu.

BACA JUGA: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Bekerja di Perusahaan Startup

4. Perhatikan kepentingan semua golongan

perhatikan kepentingan bersama

sumber: pexels

Keputusan yang baik adalah menghasilkan hasil yang menguntungkan bagi semua golongan atau lebih banyak oran yang akan merasakan dampak positif dibanding negatif. Meskipun kamu banyak menerima saran, namun kamu juga perlu menimbang keputusan macam apa yang dapat menguntungkan semua pihak. Bukan hanya pihak tertentu saja.

5. Buat Pertimbangan yang Matang

buat pertimbangan yang matang

sumber: pexels

Meskipun keputusan umumnya dibuat dengan cukup cepat namun bukan berarti kamu membuat keputusan tersebut tanpa adanya pertimbangan. Pertimbangan yang matang akan membuatmu tidak goyah ketika sudah mengambil keputusan.

Keputusan yang diambil dengan langkah yang tak matang hanya akan mendatangkan keraguan yang memunculkan kebingungan. Kumpulkan dan pelajari data terkait, lihat segala masalah secara objektif, buat langkah penyelesaian yang kongkrit serta susun sencana dan evaluasi.

BACA JUGA:

 

Artikel Rekomendasi kami