Home > Money & Career > 5 Cara Bersenang-Senang #DiKostAja tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

5 Cara Bersenang-Senang #DiKostAja tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

5 Cara Bersenang-Senang #DiKostAja tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

Selama masa pandemi COVID-19 belum berakhir tuntas, mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di kost atau bekerja dari kost adalah pilihan yang paling banyak dilakukan. Kalaupun Roommies mesti pergi ke kantor untuk bekerja, setelahnya pasti harus langsung kembali kost demi menjaga jarak (social distancing).

Sebagian anak kost mungkin merasa bosan harus berada selalu berada di kost-an. Sebenarnya, meski #dikostaja, kamu tetap bisa bersenang-senang untuk mengusir stres atau kebosanan yang melanda tanpa mengeluarkan banyak uang.

Dan, meskipun sebutannya “bersenang-senang” atau melepas stres, tidak perlu cemas harus merogoh kantong dalam-dalam. Apalagi, saat krisis dan penuh ketidak pastian saat ini membuat kamu harus menggunakan uang dengan bijak. Ada beberapa cara having fun dan melepas stres tanpa perlu menghamburkan banyak uang.

1. Pesan makanan dari resto

Makanan sering menjadi “penyembuh” stres akibat perasaan puas yang diperoleh setelah menyantapnya. Jadi, sesekali, boleh saja memesan makanan lezat dari resto-resto terkemuka. Kamu berhak merasa senang mencicipi hidangan lezat.

Tentu saja memesannya melalui aplikasi atau secara delivery. Dengan cara-cara tadi, coba lebih jeli lagi mencari potongan harga atau promosi lainnya. Sehingga, bisa lebih menghemat pengeluaran.

Lagipula, memesan makanan dari resto tertentu, secara online atau delivery, dapat membantu perekonomian yang sedang menurun. Membantu resto menjalankan bisnisnya dan memberi upah bagi pegawainya dan memberikan penghasilan kepada pengantar makanan kamu.

 

2. Mempelajari skills baru

Kursus online dulu mungkin sudah sering dengar, tapi masih belum mencobanya karena merasa tidak membutuhkan. Saat ini, ketika sebagian besar waktu dihabiskan di dalam ruang, coba isi waktu dengan mengikuti kursus online.

Kursus online tidak selalu mempelajari kemampuan digital. Ada ragam kursus yang ditawarkan, misalnya yoga, gerakan fitness, bermain gitar, atau bahasa,

Untuk menghemat biaya, cari kursus yang gratis. Terutama pada masa pandemi seperti ini, justru banyak pemberi kursus online tang membebaskan biaya alias gratis.

 

3. Ngopi-ngopi melalui video call

Kangen ngobrol bareng teman-teman lama? Bila biasanya aplikasi video call digunakan untuk meeting online soal pekerjaan, kali ini pakai untuk menghubungi teman-teman lama.

Atur waktu untuk “bertemu” via video call. Bahkan, bisa janji ngopi-ngopi dengan membawa kopi sendiri dari tempat masing-masing. Lalu, ketika waktunya tiba, ngobrol seperti biasa, deh. Hanya saja kali lewat sambungan internet.

Perbedaan dengan bertemu biasa adalah tidak bisa bertatap muka langsung dan kadang ada masalah sinyal. Namun, kamu dan teman-teman tetap bisa ngomong banyak dan bebas seperti biasa.

 

4. Memanjakan diri sendiri

Masa pandemi COVID-19 bisa menimbulkan rasa stres karena penuh ketidakpastian—terutama soal kapan wabahnya akan berakhir. Banyak yang ingin pergi ke salon atau spa untuk melepas stres. Namun, karena masih banyak yang tutup, kamu bisa, tuh, memanjakan diri sendiri tanpa perlu pergi ke tempat-tempat tadi. Lebih simpel dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Caranya:
  • Mewarnai rambut sendiri menggunakan peralatan pewarna rambut yang bisa dilakukan di rumah, plus lihat tutorialnya dari video-video YouTube.
  • Mencoba gaya makeup terbaru, perawatan kulit, atau perawatan tubuh lainnya sendiri.
  • Gunakan sikat gigi elektronik untuk membersihkan gigi sehingga seakan-akan kamu habis dari dokter gigi.
  • Manicure dan pedicure simpel, ditemani lilin aromaterapi.
  • Luluran atau scrubbing tubuh sendiri. Jangan lupa, temani dengan aromaterapi.

BACA JUGA: Wajah Cerah dengan Masker Alami, Bye-Bye Kusam!

 

5. Merencanakan liburan

Kesempatan travel memang sedang menurun saat ini. Ditambah lagi, kita tidak tahu sampai kapan wabah ini akan berlangsung atau apakah bisa traveling seperti dulu lagi. Namun, kamu masih bisa sekadar membuat perencanaan traveling berikutnya.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang memiliki rencana traveling yang diimpikan, hal tersebut membantu mereka lebih bahagia dan bersemangat menjalani hidupnya.

Nah, siapkan catatan dan tulis destinasi wisata mana yang akan dikunjungi bila pandemi berakhir. Rencanakan tempat-tempat yang akan dikunjungi, lengkap dengan perkiraan lama waktu untuk liburan dan aktivitas yang akan dilakukan selama berada di sana.

Tambahkan pula transportasi-transportasi yang akan digunakan, tempat-tempat menginap, rencana makan selama traveling, bahkan barang-barang yang akan dibeli selama di sana. Kalkulasi juga biayanya. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tujuan traveling impian kamu melalui internet.

Ada adrenalin tersendiri saat membuat itinerary traveling yang akan menambah semangat. Dan, kamu bisa memiliki waktu menabung sampai saatnya bisa traveling lagi.

 

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami