Home > Money & Career > 4 Cara Meningkatkan Kreativitas saat Bekerja

4 Cara Meningkatkan Kreativitas saat Bekerja

4 Cara Meningkatkan Kreativitas saat Bekerja

Bekerja di industri kreatif–seperti penulis, desain grafis, arsitek, editor video, tim kreatif, sutradara, dan masih banyak lagi–memang dituntut untuk selalu berpikir kreatif. Karena itu, perlu tahu cara meningkatkan kreativitas saat bekerja. Tapi, pada dasarnya semua bidang pekerjaan juga menuntut kreativitas kita untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain bermanfaat untuk memenuhi pekerjaan, kreativitas saat kerja juga bermanfaat untuk membuatmu lebih memaknai dan menikmati pekerjaan yang dilakukan, menghilangkan jenuh, dan memungkinkan diri sendiri untuk lebih berkembang serta berinovasi dengan ide-ide segar.

Cara Meningkatkan Kreativitas saat Bekerja

Berikut beberapa cara yang bisa Roommies sontek untuk meningkatkan kreativitas kamu ketika bekerja.

1. Kerja di luar ruangan

Hal pertama yang bisa RoomMies lakukan untuk meningkatkan kreativitas saat bekerja adalah dengan mengganti suasana kerja. Misalnya, bekerja pada tempat terbuka atau di luar ruangan. Cara ini ampuh untuk membuat pikiran lebih  segar, terbuka, sehingga kreativitaspun akan meningkat.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, RoomMies sesekali juga bisa bekerja di luar ruangan, namun pastikan tempat untuk bekerja tetap bersih dan tidak ramai, ya. Jika saat ini kamu lebih banyak kerja di kost, sesekali bekerja di halaman depan atau belakang kost.

2. Kerja sambil mendengarkan musik favorit

Tidak ada yang bisa mengalahkan kenikmatan bekerja sambil mendengarkan musik favorit. Melansir dari UMG Agency, bekerja sambil mendengarkan musik bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi stres, membuat suasana hati (mood) selalu baik, dan meningkatkan fokus saat bekerja.

Boleh juga sesekali menghibur diri dengan menonton video konser musisi favorit dan menonton serial favorit. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas saat bekerja. Tapi, jangan sampai pekerjaan terbengkalai, ya.

BACA JUGA: Simpel Saja, Ini 8 Cara Mengurangi Stres Ketika Bekerja

3. Rutin melakukan brain storming dengan anggota satu tim

Brain storming merupakan hal yang tidak kalah penting dilakukan untuk meningkatkan kreativitas. Lakukan brain storming dengan rekan kerja satu tim minimal satu minggu sekali.

Saat melakukan brain storming, bisa juga tidak hanya membahas pekerjaan, tetapi juga ngobrol ringan tentang berita terbaru dan informasi film terbaru, ya. Biasanya, dari obrolan ringan tadi, muncul ide-ide baru.

BACA JUGA: Bangun Kerja Sama Tim Supaya Tetap Kompak dengan 4 Cara Ini

4. Rutin olahraga

Melansir dari Life Savy, rutin olahraga ternyata bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan kreativitas bekerja. Tidak perlu olahraga yang berat, jalan kaki selama 15-45 menit per hari sudah cukup untuk meningkatkan kreativitas diri. Selain olahraga, jangan lupa juga untuk melakukan tidur siang singkat (power nap) selama 15-30 menit.

Cara-cara di atas memang telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas. Tapi, jika kamu punya cara untuk meningkatkan kreativitas sendiri, sah-sah saja untuk dilakukan. Setiap orang pasti punya cara tersendiri menjalani hidup mereka.

Artikel Rekomendasi kami