Home > Money & Career > 4 Alasan Kamu Enggan Pindah Kerja Meski Sudah Tidak Cocok dengan Pekerjaannya Saat Ini

4 Alasan Kamu Enggan Pindah Kerja Meski Sudah Tidak Cocok dengan Pekerjaannya Saat Ini

4 Alasan Kamu Enggan Pindah Kerja Meski Sudah Tidak Cocok dengan Pekerjaannya Saat Ini

Ada banyak alasan yang membuat seseorang ingin pindah kerja dari pekerjaannya saat ini. Entah itu karena sudah merasa bosan, lelah, beban kerja yang terlalu berat, hingga membencinya. Meski keinginan untuk beralih ke pekerjaan lain terus-menerus muncul, tapi tidak semudah itu untuk melakukannya, lho.

Sebab, ada juga alasan-alasan lain yang membuat seseorang jadi enggan pindah ke pekerjaan lain meskipun dirinya sudah tidak nyaman dengan pekerjaannya saat ini.

Alasan yang Membuat Kamu Enggan Pindah Kerja

Nah, jika kamu termasuk salah satunya, yuk, ketahui alasannya berikut ini.

1. Merasa belum kompeten

Alasan pertama yang membuat kamu tak ingin pindah kerja meski sudah membenci pekerjaan saat ini adalah merasa dirimu belum kompeten. Mencari pekerjaan bukanlah hal mudah, apalagi jika menginginkan pekerjaan dengan posisi yang lebih tinggi. Untuk itu, dibutuhkan keahlian dan juga kemampuan agar bisa mendapatkan posisi tersebut.

Tapi, permasalahannya adalah merasa diri sendiri belum berkontribusi maksimal atau mendapatkan pencapaian besar dari pekerjaan saat ini yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan baru. Karena alasan itulah, maka kamu merasa masih membutuhkan pekerjaan saat ini untuk digunakan sebagai sarana belajar dan mengembangkan diri.

2. Tidak mendapat dukungan untuk beralih ke pekerjaan lain

Pindah kerja memang terlihat mudah, namun sulit untuk dijalani. Oleh karena itu, dibutuhkan pertimbangan matang sebelum memutuskannya. Salah satunya adalah meminta saran dari orang terdekat seperti keluarga dan teman.

Dari mereka, kamu mungkin mengharapkan dukungan untuk beralih kerja ketika menyampaikan niat tersebut. Namun, kenyataannya, tidak semua orang terdekatmu akan mendukung keputusanmu itu. Kadang mereka akan memberikan pendapat rasional bahwa mencari pekerjaan seperti pekerjaanmu saat ini merupakan hal yang sulit.

3. Belum mendapat pekerjaan pengganti

Belum mendapatkan pekerjaan pengganti juga menjadi alasan mengapa kamu enggan untuk pindah kerja. Hal tersebut wajar karena kamu tidak inginkan keputusan untuk pindah kerja justru membuat kamu menganggur akibat belum mendapatkan pekerjaan baru. Oleh karenanya, kamu akan mencoba bertahan pada pekerjaan saat ini hingga mendapatkan pekerjaan pengganti.

4. Tidak ada alasan untuk membenci pekerjaan saat ini

Keinginan orang untuk beralih pekerjaan biasanya didasari dengan alasan-alasan tertentu, semisal gaji yang tidak sesuai dengan usaha, lingkungan kerja yang tidak kondusif, atasan yang tidak kooperatif, dan lain sebagainya.

Tapi, tidak menutup kemungkinan jika kamu bisa saja membenci pekerjaan saat ini tanpa alasan yang jelas. Sebenarnya bukan tanpa alasan, tapi kamu masih mencari tahu apa yang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam pekerjaanmu saat ini. Karena alasannya belum diketahui, kamu jadi tidak yakin jika pindah kerja merupakan keputusan yang tepat.

Nah, itu dia empat alasan yang membuat kamu jadi enggan untuk berpindah kerja meski kamu sudah tak suka dengan pekerjaan saat ini. Perlu diingat, semua pilihan dan keputusan ada di tangan kamu sendiri. Jadi, pastikan kamu tidak menyesal jika memutuskan untuk beralih kerja dari pekerjaan saat ini, ya!

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami