Home > Living > Wajah Cerah dengan Masker Alami, Bye-Bye Kusam!

Wajah Cerah dengan Masker Alami, Bye-Bye Kusam!

Wajah Cerah dengan Masker Alami, Bye-Bye Kusam!

Memiliki wajah yang cerah alami mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Tidak heran, banyak wanita menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah alami dan terhindar dari kulit kusam. Namun, tidak semua orang cocok dengan produk perawatan kecantikan.

Memaksakan diri menggunakan produk yang tidak sesuai hanya akan memicu masalah pada kulit. Kalau sudah begitu, kulit cantik yang menjadi impian mungkin akan semakin jauh. Jangan khawatir, nyatanya kulit cantik dan terawat juga bisa didapat dari bahan-bahan alami. Kamu bisa mencoba beberapa jenis masker alami untuk mendapatkan kulit impian.

Masker Alami Buat Wajah Cerah

Ada beberapa dampak yang dapat terjadi ketika kamu tidak cocok dengan penggunaan masker kimia pada wajah. Tidak ada salahnya untuk memiliki bahan-bahan masker yang alami agar kesehatan kulit terjaga dan terhindar dari dampak bahan kimia pada masker kecantikan. Yuk, ketahui bahan alami yang dapat membantu kamu untuk memiliki wajah cerah alami, di antaranya:

1. Tomat

Tidak hanya untuk dijadikan sayur dalam salad, buah tomat bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk memiliki wajah yang cerah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan tomat sebagai masker wajah.

Cara sederhananya adalah potong dua tomat, lalu oleskan bagian dalam tomat pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi, vitamin C, A, dan B, sehingga membantu menjaga kesehatan, seperti meratakan warna kulit dan mencegah penuaan dini.

BACA JUGA: Cantik Alami! Ini 5 Cara Mencerahkan Kulit Wajah Saat Puasa

2. Putih Telur

Putih telur juga dapat digunakan sebagai masker bahan alami yang membantu kulit wajah menjadi cerah. Gunakan putih telur sebagai masker wajah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya mencerahkan kulit, putih telur dapat membuat kulit wajah menjadi lebih kencang dan membantu menghilangkan komedo pada wajah.

Cara menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur pada wajah, diamkan hingga wajah terasa kencang, dan gunakan air bersih untuk membilas wajah kamu.

3. Alpukat

Tidak hanya melembabkan kulit wajah, rutin menggunakan alpukat sebagai masker untuk wajah membantu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam alpukat membantu untuk menghilangkan sel kulit mati.

Kamu bisa campur alpukat dengan air biasa atau susu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

4. Pepaya

Selain dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, buah pepaya dapat menjadi bahan masker alami untuk mencerahkan wajah. Enzim papain yang terdapat di dalam pepaya membantu untuk mempercepat proses regenerasi kulit mati.

Cara menggunakannya adalah haluskan pepaya, lalu oleskan pepaya pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Tidak hanya kandungan enzim papain, vitamin dalam pepaya juga baik untuk membuat kulit semakin halus dan sehat.

5. Kentang

Kentang menjadi bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai masker wajah. Kandungan mineral pada kentang membantu untuk menghindari masalah penuaan dini dan membantu regenerasi kulit, sehingga menjadi lebih segar. Tidak hanya untuk mencerahkan, antioksidan pada kentang dapat membuat kulit wajah terhindar dari noda hitam.

Cara alami mencerahkan wajah

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker alami. Meskipun menggunakan bahan alami, tetap perhatikan kondisi kulit setelah memakai masker tersebut. Jika kamu memiliki kulit sensitif, temukan bahan yang tidak akan membuat kulit meradang. Selain memakai masker, kamu bisa mencoba cara alami lainnya untuk mencerahkan wajahmu

1. Rutin melakukan eksfoliasi wajah

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah. Hal ini penting untuk dilakukan sebab beberapa orang mengeluhkan kulit yang tidak kunjung cerah meskipun telah rutin dibersihkan.

Kulit kusam umumnya terjadi karena sel kulit mati yang masih menumpuk dan tidak terangkat dengan produk pembersih wajah. Untuk menyiasatinya, gunakanlah scrub yang bisa mengeksfoliasi sel kulit. Scrub secara tidak langsung membantu menghaluskan dan mencerahkan wajah.

2. Selalu gunakan sunscreen

Kamu pasti sudah menyadari bahwa sinar matahari di atas jam 9 pagi memberikan dampak buruk untuk wajah? Salah satu dampaknya, yakni warna kulit yang bisa menggelap atau menghitam.

Maka dari itu, cara meminimalisir dampak wajah kusam dari sinar matahari adalah dengan menggunakan sunscreen, atau tabir surya pada wajah dan leher sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, untuk hasil yang maksimal pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30.

3. Menggunakan pelembab

Cara mencerahkan wajah lainnya yang bisa dilakukan, yakni dengan rutin menggunakan pelembab. Langkah ini wajib dilakukan agar kulit kamu tetap terjaga kelembabannya sepanjang hari. Gunakan pelembab yang memiliki kemampuan untuk memutihkan wajah.

Selain itu, sangat disarankan juga untuk menggunakan serum sebagai dasar sebelum menggunakan pelembab. Serum memiliki kemampuan lebih kuat dalam mengatasi masalah kulit wajah kusam. Agar hasilnya optimal gunakan serum dengan kandungan vitamin C, ya.

4. Selalu bersihkan wajah

Cara ini merupakan hal dasar yang wajib dilakukan untuk mengatasi wajah kusam. Untuk mencerahkan kulit secara alami kita harus membersihkan wajah setiap hari minimal 2 kali sehari. Kamu bisa melakukannya pada pagi hari sebelum memulai aktivitas, dan malam hari sebelum tidur.

Supaya hasilnya maksimal, sebaiknya menggunakan teknik double cleansing. Kamu bisa memilih pembersih yang memiliki label brightening atau whitening, untuk membuat wajah semakin cerah memesona.

Artikel Rekomendasi kami