Home > Living > Trik Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Trik Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Trik Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Bagi anak kost, kamar tidur yang berantakan adalah satu hal lumrah. Ada banyak penyebab kenapa kamar anak kost bisa berantakan, mulai dari anak kost yang tidak memiliki waktu untuk merapikan kamar, malas hingga bingung bagaimana cara merapikan kamar tidur yang benar.

Padahal, kamar tidur yang rapi akan membuat kamu semakin nyaman saat berada di kosan, selain itu kamar tidur yang berantakan juga bisa menghadirkan hewan seperti semut hingga kecoa serta juga bisa menjadi sumber penyakit.

Trik Merapikan Kamar Tidur yang Berantakan

Bagi pemilik kamar kosan yang sudah terlanjur berantakan, berikut beberapa trik merapikan kamar tidur yang bisa kamu coba.

1. Langsung rapikan tempat tidur

Begitu bangun dari tidur, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah merapikan tempat tidur. Mulai dari merapikan seprai yang berantakan, menata posisi bantal dan guling serta melipat selimut.

Usahakan hal ini menjadi kebiasaan kamu setelah bangun tidur. Karena, tentu saat beraktivitas seharian, kamu tentu langsung ingin merebahkan diri diatas kasur. Nah, jika kasur berantakan, tentu tidur kamu tidak akan nyaman.

2. Gunakan organizer

Bagi kamu yang memiliki barang-barang kecil yang berserakan dimana-mana, gunakanlah organizer untuk menyimpannya. Dengan menggunakan organizer, kamu bisa menyimpan barang sesuai dengan kategorinya.

Misalnya, organizer A untuk alat tulis, organizer B untuk alat makeup, atau organizer C untuk kabel charger atau laptop. Selain terlihat rapi, menggunakan organizer juga akan membuat kamu lebih mudah untuk menemukan barang-barang tersebut saat dibutuhkan.

BACA JUGA:

3. Letakkan barang pada tempatnya

Meletakkan barang sembarangan, menjadi salah satu penyebab kamar terlihat berantakan. Untuk itu, setiap selesai beraktivitas atau setiap selesai menggunakan suatu barang maka letakkan barang tersebut ditempatnya. Seperti meletakkan sepatu langsung di rak atau di kotaknya, meletakkan buku langsung pada rak dan meletakkan earphone langsung pada tempatnya setelah selesai digunakan.

Sama seperti organizer, selain membuat kamar kostmu terlihat rapi, meletakkan barang pada tempatnya akan membuatmu dapat dengan mudah menemukannya saat ingin digunakan.

4. Pilih barang yang masih digunakan atau tidak

Salah satu penyebab kamar kosan terlihat berantakan adalah menumpuknya barang-barang seperti barang yang sudah tidak lagi digunakan namun kamu terlalu sayang untuk membuangnya. Agar kamar kost kamu terlihat rapi, maka usahakan untuk tidak menyimpan barang-barang yang sudah tidak lagi kamu gunakan.

Salah satu trik yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan tiga buah wadah. Pisahkan barang-barang yang masih kamu gunakan pada wadah 1, barang yang ragu-ragu kamu buang di wadah 2, dan barang yang benar-benar yakin ingin kamu buang di wadah 3. Setelahnya, letakkan kembali barang di wadah 1 pada tempatnya dan buang barang di wadah 3.

Nah, untuk barang di wadah 2, simpan terlebih dahulu selama 1-2 bulan. Jika dalam kurun waktu tersebut, barang-barang itu benar-benar tidak keluar dari wadah, maka kamu sudah tidak lagi membutuhkannya dan sudah saatnya kamu menyingkirkannya.

5. Sisihkan waktu 10 menit setiap hari

Agar kamar tidak kembali berantakan, sebelum beraktivitas di luar, usahakan kamu menyisihkan waktu setidaknya 10 menit setiap harinya. Mulai dari merapikan tempat tidur, meja belajar hingga pakaian kotor. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka hal ini akan menjadi kebiasaan baik yang kamu lakukan setiap harinya.

Itulah beberapa trik merapikan kamar tidur yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi kami