Home > Living > 5 Cara Menghadapi Tetangga Kost yang Berisik

5 Cara Menghadapi Tetangga Kost yang Berisik

5 Cara Menghadapi Tetangga Kost yang Berisik

Kost adalah tempat beristirahat, melepas lelah setelah seharian beraktivitas. Kalau dipikir-pikir, kost malah cuma tempat mandi sama tidur karena sisa aktivitas kamu habiskan di kantor. Sayangnya, kadang tempat istirahat kita ini suka diisi dengan tetangga kost yang suka berisik. Entah itu ngobrol sama temennya atau saling telepon sama pacar sampai tengah malam sehingga terlalu berisik. Tak bisa dipungkiri, suara berisik itu mengganggu kenyamanan penghuni kost lainnya.

Cara Menghadapi Tetangga Kost yang Berisik

Demi ketentraman dan kenyamanan sesama penghuni, ada baiknya kamu bicarakan baik-baik secara damai dalam menghadapi permasalahan ini. Nah, tetangga kost berisik bisa kamu hadapi dengan cara-cara berikut ini.

1. Jalin hubungan baik dengan tetangga kost

Salah satu cara menghadapi tetangga kost yang berisik adalah menjalin hubungan baik dengannya. Jadilah temannya, sehingga kamu bisa menegurnya dengan baik-baik. Kemudian, tanyakan apakah ia bisa mengecilkan volume suaranya ketika berbicara. Dengan cara ini, kamu dan tetanggamu akan sama-sama nyaman dan menyelesaikan masalah dengan baik.

2. Buat kamar menjadi lebih kedap suara

Setelah kamu mencoba menjalin hubungan baik namun gagal, kamu bisa mencoba membuat kamarmu lebih kedap suara. Tak perlu menggunakan alat khusus untuk meredamkan suara, kamu cukup menyimpan rak buku dan buku-bukumu menghadap ke dinding tetangga yang berisik. Memang tidak sempurna, tapi buku-buku cukup meredupkan suara ,sehingga waktu istirahatmu tidak akan terganggu.

3. Tuliskan surat kepadanya

Nah, jika hal di atas sudah kamu lakukan namun belum berhasil juga kamu bisa menuliskan surat kepadanya. Tuliskan sebuah pesan peringatan untuk jangan berisik dan saling menghormati antar penghuni yang juga menginginkan rasa nyaman dan tentram. Cara ini memang terkesan terlalu formal tapi cukup efektif, tuh, untuk menegur tetangga kost yang berisik.

4. Introspeksi diri sendiri

Sebelum memutuskan tetangga kost berisik atau enggak, coba, deh, tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah kebisingan itu termasuk dalam tahap wajar atau tidak. Karena, tidak dapat dipungkiri kamu juga sering enggak sadar nelpon sama orang sambil teriak-teriak. Atau, sedang ada teman yang bertamu ke kost-an kamu, karena excited, kalian mengobrol sampai berisik. Nah, kalau iya, cukup sikapi temanmu secara wajar dan tidak berisik setiap hari.

BACA JUGA:

5. Laporkan kepada pemilik kost

Cara ini dilakukan kalau kamu merasa dia sudah keterlaluan. Sudah berisik setiap hari, di malam hari ketika semua orang beristirahat, atau sudah melakukan hal-hal di luar batas. Kamu juga sudah melakukan berbagai hal untuk menegurnya namun tak berhasil. Karena itu, kamu bisa laporkan kepada pemilik kost.

Pemilik kost akan dengan tegas menegur sang penghuni sampai jera. Orang dengan otoritas yang lebih tinggi akan cenderung membuat teman kostmu bisa menjadi lebih disiplin dan mengurangi kebisingannya.

Nah, itu tadi cara menghadapi tetangga kost yang suka berisik. Selamat mencoba!

Artikel Rekomendasi kami