Home > Living > 6 Tips Milih Kursi Kerja yang Nyaman Buat Kerja di Kost

6 Tips Milih Kursi Kerja yang Nyaman Buat Kerja di Kost

6 Tips Milih Kursi Kerja yang Nyaman Buat Kerja di Kost

Angka kasus Pandemi COVID-19 tercatat kian meningkat, berdiam diri di  kost menjadi piihan yang tepat. Sehingga banyak kantor yang kini mulai kembali menerapkan work from home demi terputusnya mata rantai corona.

Kerja di kost memang ada baik dan ada buruknya. Di awal pandemi pemberlakukan work from kost jadi kabar baik karena kita jadi tak perlu ke kantor, mengurangi interaksi dengan orang lain, tak perlu mengeluarkan ongkos untuk ke kantor, dan kerja serasa liburan. Tapi kemudian, banyak adaptasi yang harus dilakukan supaya pekerjaan tetap selesai, tapi juga kesehatan mental tetap terjaga meski tak ke mana-mana. Belum lagi kondisi kesehatan yang menurun karena kurang gerak, dan pemilihan kursi kerja yang salah.

BACA JUGA: 6 Tips Work From Home Untuk Para Anak Kost

Kenapa penting memilih kursi kerja yang nyaman?

Kursi kerja yang nyaman bukan hanya bikin kerja semakin produktif, tapi juga meningkatkan kesehatanmu. Karena kalau kamu salah memilihnya, bisa-bisa sakit punggung, sakit pinggang, pusing, dan nyeri otot akan kamu alami.

Pasalnya, kita dituntut bekerja 8 jam dalam sehari, artinya kamu harus berada di depan laptop dengan posisi yang sama selama 8 jam. Memilih kursi untuk bekerja yang nyaman, empuk, ergonomis, dan sesuai dengan kondisi kost akan sangat membantu menjaga kesehatanmu.

Tips Memilih Kursi Kerja yang Nyaman Buat Kerja di Kost

1. Sesuaikan dengan kondisi kost

Tips memilih kursi kerja yang nyaman pertama ialah sesuaikan dengan kondisi kost. Kalau kondisi kost sempit, sebaiknya pilih kursi yang bisa dilipat untuk menghemat tempat. Kalau kamu sudah punya meja kerja untuk dengan ketinggian untuk duduk di lantai, sebaiknya pilih kursi untuk bekerja empuk yang ketinggiannya untuk duduk. Begitu juga jika meja kerja di kost cukup tinggi untuk dilengkapi dengan kursi.

BACA JUGA: Tips Kerja Remote di Kost Agar Tetap Efektif dan Produktif

2. Perhatikan ketinggian

Ketika memilih kursi kerja yang nyaman untuk kerja di kost, hal yang perlu kamu perhatikan adalah mengecek apakah kursi tersebut bisa diatur ketinggiannya dengan mudah. Sebab, ketinggian kursi yang mudah diatur bisa membuat aktivitas bekerja menjadi nyaman dengan menyesuaikan tinggi badan.

Selain itu, pilih ketinggian kursi yang membuat kaki bertumpu pada lantai atau bawah meja tanpa harus menekuk. Kalau menekuk selama 8 jam lumayan pegel ya, RoomMies.

3. Sebaiknya pilih dengan sandaran lengan

Selain memperhatikan ketinggian, kamu juga perlu memilih kursi kerja yang dilengkapi dengan sandaran lengan. Sandaran lengan pada kursi ini bertujuan agar agar bisa bersantai sejenak dan meletakkan tangan di sela-sela waktu bekerja.

Pilihlah kursi dengan sandaran lengan yang mudah diatur  dengan posisi lengan atas atau sedekat mungkin dengan tubuhmu.

BACA JUGA: Tips Fokus Kerja Saat Work From Kost

4. Pilih yang empuk dengan sandaran punggung

Bukan hanya lengan, bagian yang paling penting saat duduk yaitu punggung juga harus memiliki sandaran. Pasalnya, saat duduk, tulang punggung adalah bagian terbesar yang menopang tubuh. Wajar jika bagian ini paling sering merasa pegal-pegal. Oleh karena itu, saat memilih meja kerja pilih yang sandaran punggung kuat dan bantalan yang empuk.

5. Sesuaikan lebar kursi

Tubuh setiap orang berbeda-beda, jadi pastikan lebar kursi kamu untuk bekerja sesuai dengan bentuk tubuhmu. Pilihlah bangku kerja dengan lebar yang cukup. Idealnya, lebar alas duduk harus sedikit lebih besar dari pinggul. Sesuaikan juga lebar kursi dengan ruangan untuk memaksimalkan ruang kerjamu.

6. Pilih dengan bantalan yang empuk

Kursi kerja dengan bantalan empuk mempengaruhi kenyamanan area pinggang dan membuat posisi duduk lebih rileks. Kalau kamu sering duduk di depan laptop selama berjam-jam setiap harinya, pastikan kursimu memiliki bantalan yang empuk.

Coba bayangkan kamu duduk di kursi yang keras, sebentar saja sudah tegang apalagi dipakai kerja selama berjam-jam.

Selain tips di atas, jangan lupa pertimbangkan bahan kursi dan harga yang terjangkau, ya. Soalnya anak kost juga harus mikirin bayar sewa kost setiap bulannya. Kalau kamu tak ingin ribet mencari kursi kerja yang baru, sebaiknya cari kost yang sudah lengkap dengan kursi. Kamu bisa dapat info kost nyaman dan lengkap lewat RoomMe.id lho!

Artikel Rekomendasi kami