Home > Living > Sebelum Beli, Kenali Dulu 5 Jenis Kasur serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Beli, Kenali Dulu 5 Jenis Kasur serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Beli, Kenali Dulu 5 Jenis Kasur serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kualitas tidur yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh lamanya waktu tidur, tapi juga dari kasur yang digunakan. Penggunaan kasur yang berkualitas dapat membuat tidur jadi lebih nyaman, nyenyak, dan tidak menyebabkan tubuh jadi pegal-pegal. Itu sebabnya, pemilihan jenis kasur tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak mempengaruhi kualitas tidur kita.

Jenis Kasur yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, buat kamu yang ingin membeli kasur, yuk ketahui dulu jenis-jenis berikut ini beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Kasur Kapuk

Kasur kapuk

Sumber: Hargakasurkapuk.com

Ini merupakan kasur tradisional yang banyak dipakai oleh masyarakat kita. Kasur kapuk sendiri terbuat dari bahan alami yaitu buah randu.

Kelebihan:

Karena terbuat dari buah randu, maka kasur kapuk cenderung berharga lebih murah ketimbang kasur lainnya. Meskipun murah, bukan berarti kasur kapuk tak nyaman dipakai untuk tidur, lho, ya. Nyatanya, kasur ini tetap nyaman untuk ditiduri.

Selain itu, kasur kapuk juga mampu menyerap panas sehingga kamu tak perlu takut kegerahan saat tidur di kasur ini. Bila kamu sedang mencari kasur yang tidak panas, maka kasur kapuk adalah jawabannya.

Kekurangan

Di balik kelebihannya itu, kasur kapuk juga memiliki kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah kasur kapuk bisa kempis atau kempes jika terlalu lama digunakan. Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan atau mengganti kapuk di dalamnya agar kasur tetap empuk. Tidak hanya itu, kasur kapuk juga mudah kotor dan rentan jadi sarang kutu serta tungau.

2. Kasur Busa (Foam)

Kasur busa

Sumber: Blanja.com

Kasur satu ini juga menjadi kasur populer yang banyak dipilih oleh masyarakat. Faktor yang membuat kasur busa begitu populer adalah penggunaan material foam-nya yang nyaman ketika sedang ditiduri.

Kelebihan:

Kasur busa memiliki kelebihan berupa sensasi sejuk ketika menggunakannya. Sensasi sejuk ini dihasilkan dari material gel yang ada pada lapisan atas kasur tersebut. Tidak hanya itu, kasur busa juga tidak menimbulkan suara bising saat dipindahkan.

Kekurangan:

Kekurangan dari kasur ini adalah mudah kempis pada area yang sering diberikan tekanan.

3. Kasur Busa Lateks

Kasur busa lateks

Sumber: Oceanspringbed.com

Kasur lateks bisa dibilang jenis baru di dunia per-kasur-an. Jenis kasur ini terbuat dari getah pohon karet. Getah karet yang sudah dikumpulkan lalu diproses menjadi balok-balok kasur tersebut.

Kelebihan:

Kelebihan dari kasur lateks adalah tidak mudah jadi tempat bersarang kutu, bakteri, dan tungau. Ini lantaran material kasur lateks resisten (tahan) terhadap mikroorganisme tersebut. Kelebihan kasur lateks lainnya adalah dapat memberikan kesejukan pada penggunanya dan lebih ramah lingkungan.

Kekurangan:

Kekurangan kasur lateks adalah harganya yang lebih mahal bila dibandingkan jenis kasur lainnya. Harganya yang mahal itu dipengaruhi oleh proses produksinya yang cukup sulit. Selain itu, kasur ini juga memerlukan proses perawatan khusus agar tidak cepat kempis.

4. Spring Bed

Spring bed

Sumber: Thewarehouse.co

Pasti kamu sudah nggak asing dengan jenis kasur ini. Yap, kasur yang memiliki pegas di dalamnya ini juga termasuk kasur yang banyak dipilih oleh masyarakat. Kasur spring bed terbuat dari tiga lapisan, yaitu dasar (boxing base), pegas, dan lapisan padding dengan gulungan logam sebagai penyangga.

Kelebihan:

Kelebihan dari kasur ini adalah pegasnya yang mampu mengikuti berat badan dan gerak tubuh orang yang ada di atasnya. Dengan begitu, kamu pun jadi lebih nyaman saat sedang tidur di atas kasur ini.

Kekurangan:

Di samping kelebihannya itu, kasur spring bed juga termasuk jenis yang tidak tahan lama. Lapisan teratas dari kasur tersebut cenderung akan rusak setelah pemakaian selama beberapa tahun.

5. Pillow Top

Pillow top

Sumber: Dinomarket.com

Sekilas, kasur pillow top terlihat mirip sekali dengan spring bed. Yang membedakan keduanya adalah adanya busa tambahan di bagian atas kasurĀ pillow top, sedangkan di spring bed tidak.

Kelebihan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ada tambahan busa pada bagian atas kasur pillow top. Tambahan busa ini berguna untuk menutupi pegas agar siapapun yang berbaring di atas kasur tersebut tetap merasa nyaman.

Kekurangan

Sementara itu, kasur pillow top memiliki kekurangan dari segi daya tahannya, apalagi jika dibandingkan dengan spring bed. Selain itu, kasur pillow top juga lebih banyak menyerap panas sehingga membuat kamu mudah merasa gerah ketika sedang berbaring di atasnya.

Itulah jenis-jenis kasur beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi di atas bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan membeli kasur impian.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami