Home > Living > Super Easy, Begini Cara Membuat Aquascape Sendiri di Kosan

Super Easy, Begini Cara Membuat Aquascape Sendiri di Kosan

Super Easy, Begini Cara Membuat Aquascape Sendiri di Kosan

Jika dilihat sekilas, membuat aquascape sangat sulit sekaligus rumit. Padahal tidak demikian, cara membuat aquascape bisa dibilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi kamu yang awam dalam bidang ini. Tidak hanya itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat hiasan ini juga tidak terlalu banyak, lho. Nah, bila kamu yang tertarik, berikut cara membuat aquascape sendiri yang dapat kamu tidur di kosan.

Cara Membuat Aquascape

Sebelum lanjut ke cara membuatnya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu apa itu aquascape. Apalagi pasti banyak di antara kamu yang belum mengetahuinya.

Secara umum, aquascape merupakan seni mengatur tanaman, bebatuan, kayu, dan elemen lainnya dalam sebuah wadah kaca bening hingga menyerupai ekosistem air aslinya. Lebih jelasnya, aquascape adalah sebuah akuarium yang memiliki elemen dan unsur yang lebih kompleks.

Seni aquascape sendiri pertama kali dikenal dari Negeri Sakura pada tahun 90-an yang dicetuskan oleh Takashi Amano. Di Indonesia sendiri, seni tersebut muncul pertama kali pada tahun 1993, dan orang pertama yang mengenalkannya adalah Pak Benny. Seorang pemilik akuarium di daerah Jakarta.

Berikut cara membuat aquascape di kosan:

1. Siapkan bahan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat aquascape adalah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan yang diperlukan, meliputi akuarium, pasir silika, batu hias, tanaman hias, pupuk, saringan, pompa, lampu, dan ikan hias.

Kamu tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang untuk membeli semua bahan tersebut. Pasalnya, harga dari bahan-bahan tersebut dibandrol dengan harga yang terjangkau dan ramah untuk kantong anak kos. Ambil contoh, akuarium berukuran 80x40x40 cm bisa kamu dapatkan dengan harga Rp200.000 saja. Bila ingin lebih hemat, kamu dapat menggunakan akuarium bekas untuk wadahnya atau membuatnya sendiri.

2. Bersihkan akuarium

Bila semua bahan siap, langkah berikutnya adalah membersihkan akuarium terlebih dulu. Ini penting agar akuarium benar-benar bersih dan tidak ada noda yang menempel, sehingga mengganggu aquascape kamu nanti. Bersihkan akuarium dengan menggunakan lap basah dan produk pembersih agar steril.

3. Atur bagian dasar akuarium

Setelah bersih, lanjutkan dengan menata bagian dasar akuarium. Taburi pasir silika di dasar akuarium. Idealnya, ketebalan pasir di dasar akuarium sekitar 2-3 sentimeter dan buat sedikit agak cekung di bagian tengahnya. Cekungan tersebut nantinya dipakai untuk menaburkan pupuk.

4. Taburkan pupuk

Bila pasir sudah tertata rapi, kamu bisa menaburkan pupuk ke cekungan tadi. Penaburan pupuk ini bertujuan agar tanaman hias di aquascape bisa tetap hidup dan tumbuh subur.

5. Mulai hias

Jika semua sudah siap, kini saatnya kamu mulai menghias aquascape dengan tanaman dan juga bebatuan. Untuk cara menghiasnya sendiri sesuai dengan preferensi dan keinginan kamu.

Saat ingin menanam, pastikan kamu sudah mengisi akuarium dengan seperempat air. Tujuannya agar memudahkan kamu saat menanamnya. Sekadar tips, masukkan air secara perlahan agar tidak merusak hiasan yang sudah kamu buat sebelumnya. Jika sudah selesai menanam, kamu bisa menambahkan air sampai terisi penuh.

6. Pasang peralatan pendukung

Setelah aquascape jadi, jangan lupa untuk memasang peralatan pendukung lainnya, seperti pompa, saringan, hingga lampu hias. Agar sirkulasi udara dan cahaya yang dibutuhkan makhluk hidup di dalamnya dapat tetap terpenuhi.

7. Masukan ikan

Terakhir, kamu bisa memasukkan ikan hias ke aquascape yang sudah kamu buat. Supaya lebih menarik, kamu bisa memilih ikan-ikan dengan warna-warna yang unik. Selain itu, pilih juga ikan dari beberapa spesies yang berbeda agar tidak terlalu monoton.

Demikianlah cara membuat aquascape yang bisa kamu coba di kosan. Bagaimana, super easy, kan?

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami