Home > Living > Sebelum Beli Mesin Cuci, Simak Dulu 5 Tips Ini

Sebelum Beli Mesin Cuci, Simak Dulu 5 Tips Ini

Sebelum Beli Mesin Cuci, Simak Dulu 5 Tips Ini

Mesin cuci merupakan salah satu barang penting yang biasanya disediakan kost. Namun, jika anak kost ingin beli mesin cuci pribadi yang di kamar kost, yuk simak dulu tips yang perlu dilakukan sebelum mesin cuci.

Meskipun terlihat sederhana, membeli mesin cuci tidak boleh dilakukan asal-asalan anak kost. Hal ini karena mesin cuci biasanya akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, membeli mesin cuci yang tepat juga bermanfaat untuk membuat kebersihan pakaian tetap terjaga, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Karena mesin cuci yang memiliki kualitas baik bisa bermanfaat untuk membersihkan debu, virus, dan kotoran yang menempel di pakaian secara efektif.

Tips Sebelum Beli Mesin Cuci

Agar anak kost bisa mendapatkan mesin cuci yang bagus, tahan lama, dan sesuai dengan keinginan, yuk simak beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih dengan ukuran yang tidak terlalu besar

Pastikan ukuran yang tidak terlalu besar

Sumber:Homecrux

Karena mesin cuci yang anak kost gunakan nantinya kemungkinan akan diletakkan dalam kamar kost, jangan lupa untuk membeli mesin cuci dengan ukuran yang tidak terlalu besar RoomMies. Idealnya mesin cuci yang kamu gunakan adalah mesin cuci yang memiliki satu tabung. Idealnya mesin cuci yang akan diletakkan dalam kamar mandi kost memiliki lebar 24cm.

Bahkan saat ini ada juga mesin cuci portable dengan bentuk yang sangat kecil, jadi cocok banget diletakkan dalam kamar mandi kost. Namun, jika ingin menggunakan mesin cuci yang bisa kamu gunakan bersama teman kost yang lain, ada baiknya anak kost membeli mesin cuci dengan ukuran yang lebih besar.

2. Pilih yang wattnya kecil

Tips beli mesin cuci-pilih yang wattnya kecil

Sumber:Popular Mechanics

Gak mau kan tagihan listrik  kost bengkak akibat kamu membeli mesin cuci dengan watt yang besar. Oleh karena itu pilihlah mesin cuci dengan watt yang kecil. Mesin cuci biasanya memiliki 250 watt untuk mencuci dan 350 watt untuk mengeringkan. Namun, mesin cuci portable dan mesin cuci dua tabung biasanya memiliki watt yang jauh lebih kecil, yaitu kurang dari 180 watt.

BACA JUGA: Sebelum Beli, Kenali Dulu 5 Jenis Kasur serta Kelebihan dan Kekurangannya

3. Pilih dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Sumber:Pexels

Jangan sampai hanya karena tergiur fiturnya yang banyak, kamu jadi malah membeli mesin cuci yang ternyata tidak sesuai kebutuhan. Misalnya mesin cuci yang kamu lihat memiliki fitur untuk mencuci jilbab, padahal kamu tidak menggunakan jilbab. Oleh karena itu pilihlah mesin cuci dengan fitur yang sesuai kebutuhan saja. Misalnya untuk mencuci dan mengeringkan pakaian.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membeli mesin cuci dengan bahan material stainless steel atau plastik polimer, agar badan mesin cuci gak cepat rusak.

4. Pelajari fungsi dan cara menggunakan mesin cuci dengan baik

Tips beli mesin cuci-perhatikan cara pakai

Sumber:Pexels

Saat membeli mesin cuci jangan ragu untuk bertanya kepada penjual mengenai fungsi dan cara menggunakannya, terlebih jika anak kost baru pertama kali menggunakan mesin cuci. Pastikan anak kost mengerti cara memakainya dengan sangat detail, seperti bagaimana cara merendam, memasukkan air, memasukan sabun, dan cara mengeringkan.

Bila perlu, anak kost juga bisa bertanya mengenai cara membetulkan mesin cuci ketika ada kerusakan kecil. Seperti air yang tersumbat atau mesin yang tiba-tiba macet.

BACA JUGA: Serba-Serbi Sprei Katun Jepang, Ketahui Sebelum Membeli!

5. Pastikan ada garansi

Pastikan ada garansi

Sumber:Freepik

Sebelum membeli mesin cuci, pastikan juga tempat kamu membeli menyediakan garansi ya RoomMies. Jadi, kamu gak perlu khawatir atau bingung kalau mesin cuci mengalami kerusakan. Saat membeli mesin cuci biasanya akan ada garansi toko selama satu bulan dan garansi dari pabrik selama satu tahun. Kalau ternyata toko tempat kamu membeli mesin cuci tidak memberikan garansi, ada baiknya kamu mencari toko yang lain.

Nah RoomMies itu tadi beberapa tips sebelum beli mesin cuci yang bisa kamu praktekkan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: 5 Jenis Vacuum Cleaner yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Membelinya

Artikel Rekomendasi kami