Home > Living > 6 Makanan Penurun Kolestrol, Cara Alami yang Mampu Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

6 Makanan Penurun Kolestrol, Cara Alami yang Mampu Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

6 Makanan Penurun Kolestrol, Cara Alami yang Mampu Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Memiliki kolesterol yang tinggi memang mengkhawatirkan karena dapat membentuk plak yang akhirnya menyumbat pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, resiko terkena beberapa penyakit kronis seperti jantung, dan stroke akan meningkat. Mengkonsumsi makanan penurun kolesterol bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Lantas makanan apa saja sih yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tersebut? berikut ulasannya.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau selama ini mungkin sudah dikenal akan manfaatnya yang baik untuk tubuh. ternyata, sayuran hijau juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang cukup ampuh lo. sayuran hijau seperti bayam dan kangkung dapat menjadi pilihan sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi. Kandungan antioksidan yang terdapat pada sayuran hijau tersebut mampu untuk mengikat asam empedu yang pembentukannya berasal dari kolesterol. Hal tersebut dalam mencegah kolesterol dalam darah menjadi terakumulasi.

2. Kacang-Kacangan

Selain sayuran hijau, kacang-kacangan juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol lainnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan fitosterol. Kandungan tersebut mampu menghambat terjadinya penyebaran kolesterol jahat.

3. Pisang

Buah kuling yang satu ini memiliki kandungan zat inulin yang mampu mengurngi kolestrol yang ada pada makanan yang Roommies makan. setelah makan-makanan berlemak dan makan makanan lain yang memiliki kolestrol tinggi, kamu bisa langsung mengkonsumsi pisang sebagai salah satu cara mengendalikan kadar kolestrol yang masuk karena makanan yang kamu makan. pisang menjadi salah satu maknan penurun kolestrol yang cukup ampuh.

4. Oat

Makanan yang satu ini mungkin lebih identic untuk penderita jantung. Selain memang sehat untuk jantung, oat juga mampu mengatasi masalah kolesterol yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung itu sendiri. Kandungan beta glucan dalam oat lah yang berperan sebagai penurun kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan beta glucan tersebut juga mampu mencegah penyebaran kolesterol dari makanan yang telah dikonsumsi.

5. Teh Hijau

Teh hijau menjadi minuman yang wajib kamu konsumsi jika ingin menurunkan kolesterol secara alami. Kandungan katekin pada teh hijau mampu untuk membatasi penyebaran lemak jahat itu sebabnya teh hijau sangat disarankan untuk kamu yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.

BACA JUGA:

6. Susu Kedelai

Selain teh hijau, minuman lain yang juga mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah adalah susu kedelai. Hal ini dikarenakan kandungan isoflavon dalam susu kedelai yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

Bukan hanya susu kedelai, makanan olahan kedelai lain seperti temped an tahu juga memiliki kandungan isoflavon tersebut.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kamu juga bisa mengkonsumsi produk olahan lain yang memiliki kandungan berupa serat larut glucan dan inulin. Kedua jenis serat larut tersebut selain dapat menurunkan kolesterol juga dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Artikel Rekomendasi kami