Home > Living > 6 Jenis Kaktus Mini yang Cocok Dijadikan Hiasan di Kamar Kost

6 Jenis Kaktus Mini yang Cocok Dijadikan Hiasan di Kamar Kost

6 Jenis Kaktus Mini yang Cocok Dijadikan Hiasan di Kamar Kost

Kaktus mini bisa menjadi salah satu tanaman yang digunakan untuk mempercantik ruangan, khususnya kamar kost. Selain cantik, tanaman yang memiliki duri di sekujur batangnya ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan, loh. Cocok banget buat kamu yang ingin memiliki tanaman hias dalam ruangan, tapi malas untuk merawatnya.

Jenis Kaktus Mini untuk Hiasan di Kamar Kost

Tapi, jenis kaktus mini apa aja sih yang cocok dijadikan sebagai penghias kamar kost? Berikut ulasannya.

1. Kaktus Haworthia

Kaktus haworthia

Sumber: Google

Ini merupakan jenis kaktus mini pertama yang cocok dijadikan sebagai penghias kamar kost. Kaktus yang kerap disamakan dengan tanaman lidah buaya ini, memiliki bentuk yang mungil dan cantik.

Kaktus yang masuk dalam jenis tanaman sukulen ini memiliki pertumbuhan yang sangat lambat, sehingga tidak masalah jika ditempatkan di dalam kamar kost. Cara merawatnya pun mudah, kamu hanya perlu menyiramnya 3 – 4 hari sekali. Dan, sesekali taruh di dekat cahaya matahari agar tidak layu.

2. Kaktus Astrophytum

Kaktus astrophytum

Sumber: Google

Kaktus Astrophytum juga cocok dijadikan sebagai hiasan kamar kost karena memiliki bentuk yang unik. Ada yang berbentuk seperti labu, bintang, atau buah belimbing. Selain memiliki bentuk yang unik, kaktus jenis ini juga cukup mudah untuk berbunga. Bunga yang dikeluarkan oleh kaktus Astrophytum memiliki warna yang beraneka ragam, mulai dari kuning, merah, dan pink.

Nah, jika kamu ingin melihat kaktus mini ini cepat berbunga, kamu bisa meletakkannya di ruangan yang tidak terlalu banyak terkena paparan sinar matahari.

3. Kaktus Ariocarpus

Kaktus Ariocarpus

Sumber : Google

Tidak seperti kebanyakan tanaman kaktus lain yang identik dengan duri, jenis kaktus ini justru tidak memiliki duri sama sekali. Hal menarik lain dari kaktus Ariocarpus adalah daunnya yang menyerupai bentuk prisma.

Selain itu, kaktus mini jenis ini juga memiliki bunga hampir sebesar ukuran batangnya. Warna bunga yang dikeluarkan oleh kaktus Ariocarpus juga beraneka ragam, mulai dari ungu, putih, kuning, merah, hingga pink. Cantik!

4. Ferocactus

Ferocactus

Sumber: Google

Buat kamu yang awam dengan kaktus, pasti akan merasa takut ketika melihat kaktus jenis ini. Ferocactus memang terlihat menakutkan dengan bentuk bulat dan duri kemerahan yang tersebar di seluruh batangnya. Kendati demikian, jenis kaktus ini tetap bagus untuk dijadikan sebagai tanaman penghias kamar kost karena bentuknya yang cantik dan unik.

5. Kaktus Cephalocereus senilis

Kaktus Cephalocereus Senilis

Sumber: Google

Kaktus jenis ini sering dijuluki dengan kaktus orang tua. Hal ini karena seluruh bagian kaktus Cephalocereus senilis dipenuhi rambut panjang berwarna putih yang mirip dengan rambut orang yang sudah lanjut usia. Seperti jenis kaktus lainnya, kaktus Cephalocereus senilis juga cocok ditempatkan dalam kamar kost, seperti di dekat jendela, meja belajar, atau di rak gantung.

6. Golden Barrel Cactus

Golden Barrel Cactus

Sumber: Google

Terakhir ada jenis Golden Barrel Cactus. Kaktus jenis ini merupakan kaktus yang paling populer. Memiliki bentuk bulat seperti bola dengan bulu duri yang tumbuh di sekitar batangnya. Kata golden sendiri merujuk pada duri-duri kecil berwarna keemasan yang tumbuh di sekitar batangnya. Karena keunikannya itulah, kaktus jenis ini menjadi favorit untuk mempercantik kamar kost.

Itulah enam jenis tanaman kaktus mini yang bisa kamu jadikan sebagai hiasan di kamar kost. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami