Home > Living > 5 Jenis Vacuum Cleaner yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Membelinya

5 Jenis Vacuum Cleaner yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Membelinya

5 Jenis Vacuum Cleaner yang Perlu Kamu Kenali Sebelum Membelinya

Membersihkan kamar kost memang menjadi hal yang melelahkan, apalagi jika RoomMies tipe orang yang jarang melakukan bersih-bersih. Namun, ternyata ada cara mudah untuk mengakalinya. Yakni dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, apakah kamu tahu, ternyata vacuum cleaner memiliki jenis yang berbeda, lo. Yuk, ketahui jenis vacuum cleaner beserta fungsinya tersebut.

Jenis Vacuum Cleaner Beserta Fungsinuya

Setidaknya, ada lima jenis vacuum cleaner dengan kelebihan dan fungsinya masing-masing.

1. Upright Vacuum Cleaner

upright vacuum cleaner

sumber: pinterest

Penghisap debu yang satu ini yang satu ini memiliki bentuk yang tegak dan lurus pada bagian mesin pengisap. Bagian kantong debunya dibuat menyatu dengan bagian bawah. Sayangnya, bentuk upright vacuum cleaner cukup besar dan berat ketika digunakan.

Namun, untuk daya isapnya tak perlu diragukan karena penyedot debu tersebut memiliki kemampuan daya isap yang tinggi. Hasilnya, dapat membersihkan area karpet dan lantai dengan maksimal. Sistem filter yang digunakan pun berlapis sehingga dapat mudah menyedot partikel kecil, debu, dan kotoran lainnya supaya tidak kembali ke udara.

2. Canister Vacuum Cleaner

vacuum cleaner

sumber: pexels

Alat elektronik yang satu ini merupakan salah satu jenis vacuum cleaner terbaik. Terdapat dua bagian di dalamnya, yaitu selang penyedot serta tangki penampung debu. Desain yang diusung pun dibuat sedemikian rupa sehingga lebih mudah digunakan.

Bagian selangnya juga memiliki ukuran yang cukup panjang sehingga tidak merepotkan untuk bergerak membersihkan setiap bagian ruangan. Daya isap maupun daya tampung debunya pun besar. Jadi, tidak masalah jika digunakan dalam ruangan yang luas.

Kelebihan lain yang dimiliki adalah memiliki osilator yang dapat membuat lantai menjadi lebih bersih. Perawatan mesin ini juga terbilang mudah karena setiap bagian dapat dilepas.

3. Handheld vacuum cleaner

hand heald vacuum cleaner

sumber: pinterest

Handheld vacuum cleaner merupakan jenis pengisap debu yang modern. Adanya vacuum cleaner ini membuat kamu tidak perlu membawa alat penyedot debu yang bobotnya berat. Desainnya dibuat supaya praktis digunakan sehingga mudah menjangkau setiap sudut ruangan, termasuk area rak dan sofa. Jenis yang satu ini juga dapat digunakan untuk membersihkan mobil dan sela-selanya.

Teknologi nozzle yang diusung pun dapat dengan mudah membersihkan bulu hewan peliharaan serta debu halus dengan maksimal.

BACA JUGA: 3 Alat Elektronik yang Dapat Membuat Kehidupan Anak Kost Lebih Efisien

4. Stick vacuum cleaner

stick vacuum cleaner

sumber: pinterest

Jenis vacuum cleaner yang satu ini memiliki bentuk yang ramping serta bobot yang ringan. Bagian kepalanya juga dilengkapi dengan sikat halus sehingga lebih aman untuk digunakan pada permukaan lantai kayu maupun furnitur.

5. Robotic vacuum cleaner

robotic vacuum cleaner

sumber: pexels

Bagi RoomMies yang enggan beranjak dari tempat tidur, namun tetap menginginkan ruangan yang bersih, dapat menggunakan robotic vacuum cleaner. Jenis yang satu ini memiliki bentuk pipih sehingga dapat menjangkau ke berbagai tempat dalam ruangan. Misalnya, untuk membersihkan debu yang terselip di bagian bawah kasur bahkan sofa. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan fitur pre-scent filter yang dapat mengeluarkan aroma harum guna menghilangkan bau apek ruangan.

Artikel Rekomendasi kami