Home > Living > 4 Tokoh buruh Indonesia yang Menginspirasi

4 Tokoh buruh Indonesia yang Menginspirasi

4 Tokoh buruh Indonesia yang Menginspirasi

Di hari buruh ini, kurang lengkap rasanya jika RoomMies tidak mengenang kembali tokoh-tokoh buruh di Indonesia yang kisahnya menginspirasi kita semua. Yuk, cari tahu kisahnya di bawah ini.

Jika saat ini kesejahteraan buruh  atau pekerja pabrik di Indonesia sudah cukup membaik. Maka hal tersebut tidak terlepas dari perjuangan beberapa tokoh di bawah ini. 

Tokoh Buruh Indonesia yang Menginspirasi

Beberapa tokoh buruh Indonesia yang menginspirasi, yaitu:

1. Marsinah

Buruh

Sumber:Ekspresi Online

Tokoh pertama yang tidak bisa dilupakan begitu saja perjuangannya adalah marsinah. Marsinah merupakan seorang buruh yang bekerja di PT.Catur Putera Surya (CPS), pabrik arloji di Siring, Porong, Jawa Timur. 

Pada tahun 1993 Marsinah dan rekan-rekannya yang menuntut kenaikan upah yang harusnya dibayar oleh perusahannya. Saat itu berdasarkan keputusan menteri (Kepmen) UMR jawa timur adalah Rp.2.250. Padahal faktanya pabrik arloji tempat marsinah bekerja hanya memberikan upah pada karyawannya sebesar Rp.1.700 per bulan. 

Selain menuntut kenaikan upah, Marsinah yang berperan sebagai pemimpin protes unjuk rasa. Juga menuntut beberapa hal lain, seperti kenaikan uang transport, tunjangan cuti haid, asuransi kesehatan, THR minta satu bulan gaji sesuai dengan himbauan pemerintah, dan uang makan ditambah. 

Namun, sayangnya akibat keberaniannya menyuarakan hak-hak tersebut. Marsinah justru meninggal karena dibunuh orang yang tidak dikenal. Mayatnya ditemukan di hutan dusun jegong, dengan tanda-tanda penyiksaan berat di sekujur tubuhnya. 

Marsinah kemudian diapresiasi karena keberaniannya memperjuangkan hak-hak buruh. Oo iya, sangking menginspirasinya kisah marsinah juga pernah di film kan pada tahun 2001 loh. 

2. Muchtar Pakpahan

4 Tokoh buruh Indonesia yang Menginspirasi

Sumber: Sinar Keadilan

Kalau membicarakan tokoh yang menginspirasi belum lengkap rasanya kalau membahas tentang muchtar pakpahan. Muchtar pakpahan merupakan pendiri serikat buruh independen pertama di Indonesia atau yang sekarang lebih dikenal dengan serikat buruh sejahtera Indonesia (SBSI).

Muchtar pakpahan juga aktif memperjuangkan kenaikan upah untuk pekerja pabrik. Bahkan karena perjuangannya tersebut, muchtar pakpahan berhasil mendapatkan penghargaan hak asasi manusia dari dunia Internasional. 

3. Soerjopranoto

Buruh

Sumber: Tirto

Kakak dari tokoh pendidikan Indonesia (ki Hadjar Dewantara) ini aktif memperjuangkan hak-hak pekerja pabrik. Pada tahun 1918-1919 soerjopranoto memimpin pekerja pabril melakukan aksi mogok kerja. Saat itu Soerjopranoto menyatakan bahwa kaum pekerja pabrik harus memiliki kebebasan dan persamaan dengan kaum yang lain.

Soerjopranoto juga sangat aktif untuk menuntut kenaikan upah untuk  agar pekerja pabrik bisa hidup dengan lebih layak dan sejahtera. 

4. Said iqbal

4 Tokoh buruh Indonesia yang Menginspirasi

Sumber: Metro Bali

Said iqbal adalah presiden konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Laki-laki kelahiran, Jakarta 5 Juli 968 ini terkenal karena sering memperjuangan hak-hak pekerja pabrik agar para bisa hidup lebih layak. Selain itu said iqbal juga dikenal memiliki solidaritas yang sangat tinggi untuk buruh, sehingga bisa hidup dengan lebih sejahtera. 

Nah itu dia beberapa tokoh buruh Indonesia yang menginspirasi karena telah berani dan lantang memperjuangkan hak-hak buruh di Indonesia agar bisa menjadi lebih baik. Saat ini kamu juga bisa loh RoomMies turut membantu kesejahteraan buruh dengan menyisihkan sedikit uangmu untuk buruh pabrik. Gimana caranya? Kamu bisa ikut program #SeribuUntukBangkit yang digagas RoomMies.  

RoomMmies cukup buka website www.pedulisehat.id . Terus pilih menu donasi, dan klik kampanye #SeribuUntukBangkit. Setelah itu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan, seperti ovo, gopay, dana, transfer bank, hingga virtual account. Gampang banget kan RoomMies, jadi kamu bisa tetap #DiKostAja sambil berbagi sedikit rezeki. 🙂

Artikel Rekomendasi kami