Home > Lifestyle > Yuk, Mulai Terapkan Gaya Hidup Minimalis!

Yuk, Mulai Terapkan Gaya Hidup Minimalis!

Yuk, Mulai Terapkan Gaya Hidup Minimalis!

Saat ini gaya hidup minimalis sudah mulai dilirik banyak orang loh RoomMies. Karena gaya hidup minimalis relatif mudah dilakukan dan tentunya bisa membawa keuntungan. RoomMies ingin tahu lebih banyak tentang gaya hidup minimalis? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Gaya hidup minimalis atau hidup sederhana merupakan gaya hidup yang dilakukan dengan cara memakai barang-barang yang memang hanya diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, hidup sederhana juga berarti melakukan kegiatan penting yang benar-benar hanya dibutuhkan setiap harinya.

Misalnya di kost RoomMies hanya menggunakan rice cooker berukuran kecil yang memang benar-benar sesuai kebutuhan saja dan ketika RoomMies hanya masak atau membeli makanan yang memang benar-benar sesuai kebutuhan saja.

Pada dasarnya gaya hidup bermanfaat untuk menghemat biaya pengeluaran dan mengurangi sampah limbah.

Cara Mudah Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Untuk RoomMies yang mulai ingin menerapkan gaya hidup minimalis, beberapa cara mudah yang bisa dilakukan adalah:

1. Memakai barang-barang yang multifungsi

Langkah pertama yang bisa RoomMies lakukan untuk menerapkan hidup sederhana adalah dengan membeli atau menggunakan barang yang multifungsi. Misalnya membeli rice cooker dengan ukuran kecil atau sedang yang bisa digunakan untuk memasak nasi, membuat lauk, sekaligus membuat kue.

Atau membeli lampu kecil yang bisa digunakan sebagai lampu saat belajar dan juga saat tidur.

2. Seleksi pakaian di lemari setiap 3 bulan sekali

Ayo coba cek lagi koleksi pakaianmu di lemari. Jangan-jangan masih ada pakaian yang sebenarnya jarang RoomMies pakai namun masih tersimpan rapih di lemari. Nah, daripada cuma menuh-menuhin lemari.

Ada baiknya keluarkan baju yang tidak digunakan, lalu sumbangkan ke orang yang membutuhkan atau RoomMies juga bisa menjual pakaian yang masih bagus namun sudah tidak muat digunakan. Selain membuat lemarimu tampak lebih luas, RoomMies juga bisa dapat pahala atau uang tambahan kan.

Eits, tapi ingat hal ini tidak hanya berlaku untuk barang-barang yang ada di lemarimu ya, tapi juga untuk semua barang yang ada di kost.

BACA JUGA:

3. Rajin menabung

Di lansir dari Bemorewithless, rajin menabung setiap bulannya juga bisa menjadi salah satu cara untuk menerapkan hidup sederhana loh. Gak perlu jumlah yang besar kok untuk menabung. Menyisihkan 5-10% dari penghasilan setiap bulanmu sudah cukup.

Nah, tabungan ini nantinya bisa RoomMies gunakan untuk membeli barang yang sedang diimpikan atau disimpan sebagai dana darurat.

4. Lakukan perjalanan dengan bijak

Kadang, tanpa disadari melakukan perjalanan ke suatu tempat dapat mengajarkan diri sendiri untuk bisa hidup sederhana loh. Contoh sederhananya, ketika melakukan perjalanan kamu benar-benar harus menyeleksi barang apa saja yang penting dibawa agar tas tidak berat.

Selain itu, di tempat tujuan kamu juga harus benar-benar berpikir bagaimana caranya menghemat uang agar tidak kekurangan uang sampai tibanya waktu pulang.

Gaya hidup minimalis memang bisa membawa beberapa dampak positif untuk hidupmu. Namun, jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing ya.

Artikel Rekomendasi kami