Home > Lifestyle > Yuk, Praktikkan Body Positivity Agar Hidup Lebih Bahagia!

Yuk, Praktikkan Body Positivity Agar Hidup Lebih Bahagia!

Yuk, Praktikkan Body Positivity Agar Hidup Lebih Bahagia!

RoomMies sering merasa percaya diri dengan penampilan atau bentuk tubuh? Kalau iya, mungkin ini saatnya RoomMies mulai menerapkan body positivity. Apa itu body positivity dan bagaimana cara menerapkannya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Body positivity merupakan kebiasaan menerima dan mencintai diri apa adanya, tanpa merasa kurang percaya diri, malu, atau terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Body positivity mencakup proses menerima diri sendiri dalam hal bentuk tubuh, kebiasaan, dan sifat diri sendiri.

Dalam kehidupan sosial kebiasaan menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya sangat penting untuk dilakukan. Karena tidak dapat dipungkiri, kadang ada saja orang yang menilai jelek penampilan atau perilakumu saat dirimu sendiri sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik menurut dirimu sendiri.

Ragam Manfaat Melakukan Body Positivity

Meskipun mungkin tampak sulit dilakukan, pada dasarnya jika RoomMies mengetahui cara yang tepat mengaplikasikan kebiasaan menerima dan mencintai diri apa adanya, hal ini relatif mudah untuk dilakukan kok.

Menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya, ternyata punya beberapa manfaat untuk kesehatan RoomMies, beberapa di antaranya adalah mencegah stres, depresi, dan gangguan makan.

Selain itu menerapkan kebiasaan menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membuat dirimu menjadi lebih bahagia.

Yuk, Praktekkan Body Positivity

Untuk RoomMies yang ingin mulai mempraktekkan kebiasaan menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya, ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan loh, yaitu:

1. Ubah cara pikir

Hal pertama yang perlu RoomMies lakukan mengubah cara pikir mengenai standar yang secara tidak langsung telah ditetapkan di masyarakat. Misalnya untuk menjadi cantik kamu harus punya kulit yang putih, badan yang kurus, tinggi, wajah bebas dari bekas jerawat, dan memiliki sifat yang pendiam namun mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Jika RoomMies masih berpatokan dan sering berpengaruh dengan hal di atas, ubah cara berpikir, yuk! Terapkan di pikiranmu bahwa semua orang bisa tampil cantik dan menarik meskipun tidak masuk dalam kriteria yang secara tidak langsung berlaku di masyarakat tersebut.

2. Kelilingi diri dengan orang-orang yang selalu bertindak dan berpikir positif

Tidak bisa dipungkiri memang, lingkungan secara tidak langsung juga bisa memengaruhi dirimu dalam proses menerima dan mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan ragu untuk mengelilingi diri dengan orang-orang yang selalu bertindak dan berpikir positif, ya.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dilansir dari Healthline, berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan untuk dilakukan loh. Karena satu hal yang perlu RoomMies ingat, bagaimana pun juga setiap orang punya jalan hidup dan ceritanya masing-masing.

4. Banyak bersyukur

Bersyukur memang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Namun, gak ada salahnya kok jika secara perlahan kamu mulai banyak bersyukur dengan apa pun yang dimiliki, agar hidupmuĀ  pun lebih bahagia.

5. Manjakan diri sendiri

Di sela-sela padatnya aktivitas sehari-hari, jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri dengan melakukan self care ya ,RoomMies. Karena bagaimanapun juga diri sendiri perlu dimanjakan dan diperhatikan. Gak perlu cara yang ribet kok, menonton dua episode drama korea setiap hari sudah bisa menjadi salah satu bentuk memanjakan diri sendiri.

Hal yang paling penting adalah lakukan kegiatan yang bisa membuatmu bahagia di tengah padatnya aktivitas.

Nah, itu tadi RoomMies beberapa manfaat dan hal yang bisa dilakukan untuk melakukan body positivity. Sssst, sangking mudahnya RoomMies bisa mempraktekkannya saat di kost, lho. šŸ™‚

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami