Home > Lifestyle > Yuk, Coba Hitung Umur Korea Kamu!

Yuk, Coba Hitung Umur Korea Kamu!

Yuk, Coba Hitung Umur Korea Kamu!

Kalau kamu mengikuti variety show Korea Hyori’s Bed and Breakfast Season 2, ada fakta unik dari Yoona yang di sana menjalani keseharian sebagai seorang karyawan penginapan. Idol KPop dari grup vokal SNSD itu beberapa kali menyebutkan usianya sesuai dengan cara menghitung umur korea, baik ketika ditanya oleh Lee Hyori si pemilik penginapan maupun ketika ditanya oleh para tamu yang menginap.

Yoona dengan mantap menyebut angka 29 untuk menjawab pertanyaan tersebut. Padahal, ia termasuk cewek kelahiran tahun ’90, loh, tepatnya tanggal 30 Mei 1990. Artinya, ia yang dalam perhitungan biasa harusnya berumur 27 tahun namun kini telah bertambah 2 tahun.

Nah, ternyata di Korea sana perhitungan umurnya memang beda dari perhitungan internasional yang selama ini kita kenal. Simak faktanya berikut ini, yuk!

1. Umur sudah dihitung sejak dalam kandungan

Berbeda dari kita yang selama ini menghitung usia mulai dari tanggal, bulan, dan tahun kelahiran, orang Korea menghitungnya sejak bayi dalam kandungan. Jadi, setelah melalui masa kandungan yang selama sembilan bulan dalam perut ibu itu, mereka telah terhitung berusia satu tahun saat lahir.

Kita ambil contoh dari Yoona, usianya yang secara internasional sekarang adalah 27 tahun mendapat tambahan satu tahun kandungan sehingga usianya menjadi 28 tahun.

2. Pertambahan usia di tahun baru

Pada saat tahun baru, orang Korea juga sekaligus merayakan hari ulang tahun. Baik mereka yang lahir di bulan Januari atau bulan Desember sekali pun, semuanya dianggap bertambah usia satu tahun pada tanggal 1 Januari.

Dengan demikian, Yoona juga bertambah satu tahun lagi pada tanggal 1 Januari 2018 kemarin sehingga kini menjadi 29 tahun.

3. Gampangnya, begini cara menghitung umur orang Korea

Ternyata cara menghitung umur versi korea tidaklah sulit, kamu bisa mencoba rumus ini untuk mengetahui umur kamu atau idola mu

1 + Tahun saat ini – Tahun kelahiran = Umur Korea

Jadi, umur Yoona: 1 + 2018 – 1990 = 29

Gampang, kan?

Nah, coba deh sekarang kamu hitung sendiri umur Korea idola kesayanganmu. Kalau kamu lagi di Korea dan ditanya tentang umur, kamu bisa menyiapkan dua jawaban. Satu umur internasional dan satu lagi umur Korea.

Artikel Rekomendasi kami