Home > Lifestyle > Rentan Galau, Begini 5 Tips Jalani LDR bagi Anak Rantau

Rentan Galau, Begini 5 Tips Jalani LDR bagi Anak Rantau

Rentan Galau, Begini 5 Tips Jalani LDR bagi Anak Rantau

Menjalani hubungan jarak jauh alias long distance relationship (LDR) memang cukup banyak tantangannya. Tak bertatap muka secara langsung dan hanya bisa mengandalkan teknologi membuat pasangan yang menjalaninya rentan mengalami putus cinta.

Biasanya, perselisihan pasangan akan cepat menemukan jalan keluar kalau bertemu, bicara, dan saling membaca bahasa tubuh. Tapi, ketika menjalani LDR, video call adalah satu-satunya cara agar masalah segera rampung.

Menurut sebuah penelitian dari Journal of Sex and Marital Therapy, 56,6% orang menganggap hubungan jarak jauh atau LDR kurang bahagia dan memuaskan daripada hubungan dekat secara geografis. Hubungan jarak jauh juga kecil kemungkinannya untuk bertahan dari waktu ke waktu.

Tips Jalani LDR bagi Anak Rantau

Meski begitu, penelitian lain yang dikeluarkan oleh Queen’s University ternyata mengatakan sebaliknya. Hubungan jarak jauh justru akan menghasilkan quality time yang lebih berkualitas dan hubungan stabil yang tahan lama, jika hanya dalam kondisi tertentu.

Anak rantau yang harus pergi dari kampung halaman lalu kuliah atau kerja di kota lain kerap harus meninggalkan orang tersayang, salah satunya pasangan. Tidak heran anak rantau rentan galau karena LDR-an. Berikut RoomMe kasih lima tips menjalani LDR yang dikutip dari Psychology Today.

1. Komitmen kuat

Jika tidak ada cinta dan kepercayaan maka hubungan itu akan menjadi lebih baik atau lebih buruk. Oleh sebab itu, yakinkan pasanganmu bahwa kamu mencintainya dari waktu ke waktu.

2. Sesekali kasih kejutan

Kejutan sederhana bisa membuat hubungan dengan pasangan semakin kuat. Bahkan ,saat terpisah jarak, buatlah pasangan kagum dengan kejutan yang diberikan. Tak perlu barang mewah, kamu bisa berikan waktu dengan mengunjunginya. Kenali dulu love language pasanganmu agar pasanganmu semakin menghargainya.

3. Beri ruang dan hargai batasan

Berada di kota terpisah terkadang membuat pasangan LDR berpikir yang tidak-tidak. Keraguan pun muncul pada masing-masing hati satu sama lain. Mengatakan isi hati kamu sesungguhnya pada pasangan tak ada salahnya, lho. Malah, ketika kamu mengatakansedang merasa tidak aman, pasangan akan mengatakan hal yang sejujurnya juga.

Di balik keterbukaan itu, kamu juga harus menghargai ruang yang pasanganmu miliki. Utamakan kejujuran maka akan berbuah kepercayaan.

4. Utamakan kualitas komunikasi, bukan kuantitas

Tekankan bahwa betapa berharganya bisa menghubungi pasangan di tengah-tengah kesibukannya menggapai mimpi. Tapi, kamu enggak perlu menghubunginya setiap waktu hanya untuk mengetahui apa yang ia lakukan. Terlalu lengket dan posesif juga bukan cara yang tepat dalam hubungan yang sehat.

5. Jujur apa yang dirasakan satu sama lain

Bicarakan tentang perasaan takut, cemburu, apatis, atau apapun pada pasangan. Jangan coba menyembunyikan sesuatu dari pasanganmu. Bersikaplah terbuka dan biarkan pasanganmu membantumu mengatasi masalah itu. Lebih baik menjadikan itu masalah di tahap awal daripada terlambat, bukan?

 

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami