Home > Lifestyle > Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Kepincut Diskon Lebaran

Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Kepincut Diskon Lebaran

Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Kepincut Diskon Lebaran

Potongan harga, promo, diskon, cashback, dan kata-kata promosi ini memang sangat menggiurkan. Apalagi di bulan Ramadan menuju lebaran seperti sekarang ini banyak penjual yang memberikan banyak potongan harga dan kadang membuatmu kalap. Akhirnya, kamu jadi beli berbagai barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hayo, ingat di masa-masa musim covid-19 ini, banyak orang yang mengalami penghasilan tak menentu sebagai dampak ekonomi. Jika kamu bukan salah satu pihak yang terdampak, ada baiknya bijak menggunakan uang dan menyisihkan uang ke dana darurat. Selain sangat membantu, menyimpan uang untuk kebutuhan di masa depan juga mencegahmu menghamburkan uang karena beli barang diskon lebaran. Bagaimana sih caranya supaya tidak kepincut masukkin barang ke keranjang setelah melihat berbagai promo diskon lebaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pahami kenapa penjual melakukan diskon

Penting untuk kamu ketahui kenapa si penjual melakukan diskon. Misalnya, barang dijual karena tidak laku, barang mengalami cacat, atau penjual ingin cuci gudang karena akan mengeluarkan produk terbaru. Atau mungkin si penjual ingin mendapatkan target pasar baru dan kamu adalah termasuk di dalamnya. Sebelum kamu memutuskan membeli barang, kenali terlebih dahulu motif si penjual ya. Lalu juga tanyakan pada dirimu sendiri urgensi barang tersebut. Apakah kamu benar-benar membutuhkan barang itu? Apakah harus sekarang membelinya? Apa yang terjadi jika kamu tidak membelinya sekarang? Nah, setelah semua pertanyaan terjawab barulah putuskan beli atau tidak.

2. Melek brand

Brandbrand yang sudah memiliki nama memang punya kualitas barang yang tidak diragukan. Mulai dari bahan, jahitan, dan ketahanan produk yang cukup awet. Oleh karena itu, pilihlah diskon lebaran pada brandbrand yang sudah dikenal agar kamu tidak kecewa saat membeli suatu barang. Jika kamu baru mengetahui brand tersebut, pastikan kualitas dengan melihat review orang-orang terdahulu yang sudah membelinya.

BACA JUGA:

3. Ingat harga sebelum diskon

Ingat, penjual punya trik tersendiri dalam strategi harga. Hanya karena banner dituliskan diskon 50% bukan berarti kamu bayar 50% dari harga normal. Hal ini karena penjual sudah menaikkan harganya terlebih dahulu. Misalnya harga normal Rp. 200 ribu. Lalu penjual sudah menaikkan harga menjadi Rp.300 ribu. Lalu diskon 50% dan kamu harus membayar Rp. 150 ribu. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan diskon lebaran, ya.

4. Hati-hati barang defect

Beberapa brand akan mencantumkan bahwa barang tersebut diskon karena defect atau ada cacat barang, tapi ada juga yang tidak mencantumkan. Salah jahit, bolong, atau sedikit cacat juga masih dikatakan cacat. Jika kamu membeli barang secara online, sebaiknya cek terlebih dahulu kualitas barang.

5. Jangan kalap, diskon tak akan ke mana

RoomMies, penjual tidak hanya akan mengeluarkan diskon lebaran saja, lho. Ada banyak momen yang membuat penjual melakukan berbagai promosi. Misalnya natal, tahun baru, harbolnas, valentine, hari kartini, dan masih banyak lagi. Jadi, kamu tak perlu kalap membeli berbagai macam barang karena diskon tak akan ke mana.

Selamat berbelanja dengan diskon lebaran!

Artikel Rekomendasi kami