Home > Lifestyle > Penyebab Kulit Rusak yang Sering Diabaikan

Penyebab Kulit Rusak yang Sering Diabaikan

Penyebab Kulit Rusak yang Sering Diabaikan

Apapun yang tampak di kulit wajah kamu merupakan cerminan dari bagaimana kamu merawatnya. Penggunaan skincare harian jadi salah satu pilar penting. Sayangnya, ada faktor tak terduga yang menjadi penyebab kulit rusak yang sering luput dari perhatian.

Salah satu hal yang paling ditakuti banyak wanita adalah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini terjadi karena kulit yang rusak. Sehingga tidak jarang banyak orang melakukan perawatan mahal untuk mendapatkan kesehatan kulit yang optimal. Sayangnya, perawatan kulit yang mahal sekalipun, belum tentu memberikan hasil yang signifikan. Karena untuk merawat kesehatan kulit, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah mencegah terjadinya kerusakan kulit.

Dengan mengetahui penyebab kerusakan kulit, kamu dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, seperti timbulnya garis-garis halus atau keriput pada kulit.

Penyebab utama yang membuat kulit rusak

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kamu. Coba untuk dihindari yah, agar kulit kamu tetap sehat hingga tua nanti.

1. Paparan sinar matahari

Kulit menggunakan sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D dalam tubuh, yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, paparan sinar UV yang berlebih justru dapat merusak kesehatan kulit kamu. Meskipun lapisan kulit luar kamu mengandung pigmen melanin yang dapat melindungi kulit dari sinar UV, namun pigmen melanin yang berlebih akibat paparan sinar UV justru dapat membuat kulit kamu menjadi lebih gelap.

Sinar UV juga dapat menembus lapisan kulit luar dan masuk ke lapisan yang lebih dalam sehingga sinar UV tersebut dapat merusak atau membunuh sel kulit kamu. Bahkan, paparan sinar UV yang berkepanjangan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit.

Oleh karena itu, untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV, batasi paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang, atau gunakanlah sunblock saat kamu beraktivitas di jam-jam tersebut.

2. Radikal bebas

Radikal bebas adalah substansi yang terus-menerus menerpa dinding sel kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif karena adanya proses oksidasi. Selain itu juga dapat menembus DNA dan menyebabkan kanker kulit. Bahkan, meskipun radikal bebas tidak dapat menembus DNA, radikal bebas dapat merusak kulit kamu karena menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam.

Oleh karena itu, untuk mencegah radikal bebas, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti berry, brokoli, wortel, bayam, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu tubuh dalam membersihkan radikal bebas, sehingga dapat memperlambat proses kerusakan dan penuaan pada kulit kamu.

3. Kurang konsumsi cairan

Air dapat membantu tubuh kamu untuk meregenerasi sel dan menghasilkan kolagen yang dapat mempertahankan elastisitas kulit kamu. Sehingga, jika tubuh kamu kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi, maka kulit yang terhidrasi tersebut dapat mengalami penuaan dini dan rentan terhadap jerawat, infeksi, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi kulit, maka kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan setidaknya 8 gelas per hari.

BACA JUGA: 2-4-2, Rumus Penuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

4. Kurang tidur

Padatnya aktivitas tidak jarang membuat waktu tidur kamu menjadi berkurang.  Padahal, kurang tidur adalah salah satu penyebab dari kerusakan kulit, karena kurang tidur dapat memicu timbulnya lingkaran hitam di bawah mata dan membuat kamu tampak selalu lelah. Oleh karena itu, sepadat apapun aktivitasnya, kamu dianjurkan untuk tidur cukup sesuai dengan kebutuhan kamu, karena tidur merupakan salah satu proses penting untuk regenerasi kulit kamu.

BACA JUGA: Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur untuk Kesehatan

5. Merokok

Merokok menyebabkan pembuluh darah kamu menjadi lebih sempit, sehingga menurunkan jumlah nutrisi dan oksigen yang masuk ke dalam kulit kamu. Akibatnya, hal tersebut dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi lebih sulit sembuh saat mengalami luka.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kadar hormon estrogen pada wanita lebih rendah, yang menyebabkan kulit kamu menjadi kering sehingga rentan terhadap stretch mark dan keriput, membuat kulit kamu tampak lebih kusam. Bahkan dalam kaitannya dengan kesehatan mulut, merokok dapat membuat gigi kamu menguning dan kulit bibir menghitam.

Pada akhirnya, yang harus kamu ingat adalah bahwa kulit kamu merupakan cerminan dari kesehatan tubuh kamu secara menyeluruh. Oleh karena itu, kamu perlu melindungi diri kamu dari berbagai sumber penyebab kerusakan kulit tersebut, di antaranya dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan hindari stres.

Artikel Rekomendasi kami