Home > Lifestyle > 6 Tips Main Online Dating Apps Agar Terhindar dari Kekerasan Gender Berbasis Online

6 Tips Main Online Dating Apps Agar Terhindar dari Kekerasan Gender Berbasis Online

6 Tips Main Online Dating Apps Agar Terhindar dari Kekerasan Gender Berbasis Online

Menggunakan dating apps untuk mencari pasangan kini sudah bukan hal yang tabu lagi. Bahkan, sudah banyak pasangan yang meraih tujuannya lewat online dating apps. Mencari pasangan lewat aplikasi sejenis Tinder, Bumble, atau OKCupid menjadi solusi mencari pasangan bagi masyarakat urban yang punya sedikit waktu untuk bersosialisasi.

Tapi, banyak kasus yang menyalahgunakan dating apps menjadi menjadi kejahatan siber. Dilansir dari SAFEnet, KGBO atau Kekerasan Gender Berbasis Online yang difasilitasi teknologi, sama seperti kekerasan berbasis gender di dunia nyata, tindak kekerasan tersebut memiliki niatan atau maksud melecehkan korban berdasarkan gender atau seksual.

Pihak yang paling sering dijadikan sasaran ialah perempuan. Bahkan sejak 2015, Komnas Perempuan telah memberikan catatan tentang kekerasan terhadap perempuan terkait dunia online, dan menggarisbawahi bahwa kekerasan dan kejahatan siber memiliki pola kasus yang semakin rumit dengan berbagai modus dan tipe yang beragam. Sebut saja, cyber grooming, cyber harassment, hacking, illegal content, infringement of privacy, ancaman foto/video pribadi, pencemaran nama baik, dan rekrutmen online. Sementara itu, dalam Internet Governance Forum dipaparkan bahwa kekerasan berbasis gender online mencakup spektrum perilaku, termasuk penguntitan, pengintimidasian, pelecehan seksual, pencemaran nama baik, ujaran kebencian, dan eksploitasi.

6 Tips Main Online Dating Apps Agar Terhindar dari Kekerasan Gender Berbasis Online

Duh, serem ya kejahatan gender berbasis online, di beberapa kasus membuat sang korban merasa trauma dalam menjalin hubungan. Agar hal itu tak terjadi, yuk simak tips main online dating apps supaya terhindar dari KGBO.

1. Jangan mau kencan pertama sebelum kenal lebih jauh

Chatting atau video call lebih dulu sebelum ketemu orangnya langsung akan lebih logis daripada ketemu langsung padahal baru berkomunikasi online dalam waktu singkat. Telponan atau video call juga menjadi kesempatanmu untuk membuat percakapan langsung, bukan lewat chat. Ketahui apa tujuan dia main online dating apps, apakah hanya bermain-main atau ingin menemukan pasangan. Ketahui juga kesamaan latar belakang, hobi, dan karakter sebelum bertemu langsung. Dengan begitu kamu jadi saling mengetahui kepribadian masing-masing.

2. Tolak tawaran jemput saat pertama kali bertemu

Sebaiknya kamu membawa alat transportasi sendiri atau naik transportasi umum saat pertama kali ketemu. Kalau dijemput, pasanganmu akan tahu di mana kamu tinggal dan jadi punya kendali untuk pergi ke mana pun kalian pergi. Bawa transportasi sendiri akan mengurangi risiko yang membahayakan diri kamu karena kamu punya kendali ke mana pun kamu akan pergi. Selalu waspada dan cari aman, bukan berarti curiga, ya! Daripada hal-hal tidak diinginkan terjadi begitu saja.

3. Ketemu di tempat umum

Untuk pertemuan-pertemuan pertama, sebaiknya ajak ketemu di tempat umum. Tolak ajakan untuk ke rumah, apartemen, atau kost dia. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang berbahaya, aka nada orang lain yang dimintai pertolongan.

BACA JUGA: Ciri Toxic Relationship, Segera Putus Daripada Semakin Terjebak

4. Kasih tau temanmu

Ketika kencan pertama sudah diagendakan, kasih tau teman atau saudara dekatmu bahwa kamu akan bertemu dengan salah satu pasangan dari online dating apps. Kasih tau kontak, dan kalau bisa live location. Jika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, setidaknya teman atau saudaramu itu tahu pelaku, nomor kontak, dan lokasi terakhir kamu.

5. Bawa pepper spray untuk keamanan

Lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal kemudian hari. Membawa alat keamanan, seperti pepper spray akan sangat membantu dalam kondisi tidak menguntungkan. Pepper spray tidak akan melukai pelaku, tapi setidaknya bisa menghambat pergerakannya sehingga kamu punya waktu untuk membebaskan diri dan meminta pertolongan.

6. Tolak ajakan minum alkohol

Salah satu kesalahan besar pada saat kencan pertama adalah mengikuti ajakan pasangan untuk minum alkohol. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, tetaplah sadar dan tolak ajakan minum dengan orang yang kamu tak begitu mengenalnya.

Artikel Rekomendasi kami