Home > Lifestyle > Jangan Dijual! Ini 5 Cara Memanfaatkan HP Bekas Kamu!

Jangan Dijual! Ini 5 Cara Memanfaatkan HP Bekas Kamu!

Jangan Dijual! Ini 5 Cara Memanfaatkan HP Bekas Kamu!

Smartphone merupakan salah satu benda yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Fungsinya yang beragam, membuatnya jadi salah satu kebutuhan wajib saat ini. Banyaknya tipe keluaran baru dengan beragam kecanggihannya seringkali membuat kamu tergiur untuk membelinya. Lalu bagaimana nasib HP bekas mu? Jangan jual dulu, kamu bisa memanfaatkan HP bekas khususnya smartphone menjadi sesuatu yang berguna.

5 Cara Memanfaatkan HP Bekas Tanpa Harus Dijual

Inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Yap, harganya akan cepat sekali jatuh begitu model yang baru keluar. Nah, daripada dijual sayang, kenapa nggak dimanfaatkan saja smartphone lama itu.

Masih banyak hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan dengan HP bekas tersebut, lho. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak!

1. CCTV

Ini Cara Mengubah Smartphone Bekas Jadi Security-Cam

Daripada dijual apalagi dibuang, lebih baik sulap saja smartphone lama yang sudah tidak lagi kamu gunakan menjadi kamera CCTV alias kamera keamanan di dalam rumah. Selain bermanfaat, nih, trik ini jauh lebih ekonomis dibanding harus memasang perangkat CCTV sendiri, lho.

Caranya mudah, kok, pertama kamu cukup unduh aplikasi kamera keamanan yaitu Alfred Camera di Google Play Store atau Apps Store pada smartphone lama dan baru kamu. kemudian letakan ponsel lama di tempat yang kamu inginkan.

Agar dapat merekam dan tersimpan dengan baik, kamu bisa meletakkan smartphone bekasmu di atas dudukan tambahan. Seperti yang biasanya digunakan ojol untuk motor atau mobil.

Setelah selesai mengatur peletakannya, nih, kamu tinggal pastikan saja perangkat memiliki akses ke sumber daya agar dapat selalu menyala. Terakhir kamu tinggal memakai smartphone baru kamu untuk mengontrol dan cek rekamannya.

2. Wireless Webcam

Masa-masa harus work from home seperti sekarang, ini, pastinya membuat kamu harus sering berkomunikasi dan meeting lewat layanan video conference di laptop kamu.

Pastinya hal ini cukup merepotkan, ya, khususnya bagi kamu yang menggunakan PC di rumah atau laptop dengan kamera webcam berkualitas rendah.

Nah, jika kamu nggak punya webcam eksternal untuk PC atau laptop kamu, manfaatkan saja smartphone lama kamu sebagai webcam eksternal dengan aplikasi seperti DroidCam dan EpocCam.

Dijamin, deh, kualitas videonya akan jauh lebih baik dibanding webcam bawaan laptop atau bahkan webcam eksternal yang biasanya dijual di pasaran.

3. Remote TV

Apakah kamu salah satu orang yang di kamar kostnya kini sudah beralih ke Smart TV atau menambahkan perangkat dekoder pintar pada TV?

Kalau iya, untuk memaksimalkan agar pengaturan TV pintar kamu, khususnya untuk mengakses layanan streaming seperti Netflix atau YouTube, yuk, ganti remote bawaan TV kamu dengan smartphone lama yang kamu miliki.

Di Google PlayStore maupun Apps Store kini tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa mengubah ponsel pintar kamu menjadi remote untuk TV maupun perangkat dekoder pintar seperti Android, Apple TV, Fire TV Stick, atau Roku.

Bahkan untuk beberapa merek, sudah ada aplikasi bawaannya, lho. Jadi kamu nggak usah repot-repot cari aplikasinya di Google PlayStore atau Apps Store

4. Pemutar Musik/MP3 Player

Mendengarkan musik bisa dibilang merupakan sebuah kebutuhan wajib saat ini. Nah, smartphone dengan layanan streaming seperti Spotify sendiri kini menjadi media utama yang biasa digunakan untuk memutarnya.

Namun, masih ada, lho, sebagian orang yang memilih untuk mengunduh lagu dan menyimpannya dalam memori karena kualitas audio yang jauh lebih baik daripada streaming.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Podcast yang Seru Didenger Di Kost

Nah, buat kamu yang masih suka download lagu, daripada bikin penuh memori smartphone. Lebih baik manfaatkan saja smartphone lama kamu sebagai alat pemutar musik sekaligus tempat menyimpan file lagunya.

Dengan menggunakan smartphone lain sebagai pemutar musik, bukan cuma memori smartphone baru kamu jadi lebih irit, kan, baterai smartphone baru kamu juga tahan lama.

5. Telepon darurat

Ponsel pintar lama bahkan yang jadul hanya untuk telepon pun bisa tetap kamu gunakan dan aktifkan sebagai telepon untuk menelepon nomor-nomor darurat.

Meski bisa juga menelepon dari ponsel yang kamu gunakan saat ini, namun ada kemungkinan, lho, ponsel kamu kehabisan daya baterai di saat-saat darurat.

Dengan memiliki handphone cadangan yang berada dalam kondisi standby, nih, setidaknya bisa jadi langkah meningkatkan keamananmu. Tenang saja, kamu nggak perlu mengisi handphone jadul kamu dengan pulsa, kok.

Karena nomor-nomor darurat seperti call center polisi, pemadam kebakaran, atau ambulans sendiri dapat ditelepon meski dengan handphone tanpa pulsa. Namun, akan lebih baik kalau kamu mengisinya untuk berjaga-jaga.

Memang, sih, nggak semua orang mengganti smartphone-nya hanya karena ingin mengikuti tren. Banyak juga orang yang mengganti smartphone karena memang sudah waktunya.

Tetapi kalau barang yang lama masih bagus, kan, nggak ada salahnya untuk dimanfaatkan daripada langsung dijual.

Artikel Rekomendasi kami