Home > Lifestyle > Yuk, Kenali Macam-Macam Puasa, dari yang Wajib hingga Sunah!

Yuk, Kenali Macam-Macam Puasa, dari yang Wajib hingga Sunah!

Yuk, Kenali Macam-Macam Puasa, dari yang Wajib hingga Sunah!

Sebagai seorang Muslim, sudah sepantasnya kita mengetahui macam-macam puasa dalam Islam, mulai dari puasa wajib hingga puasa sunah. Dengan mengetahui berbagai macam puasa, kita pun bisa mengerjakan dan mendapatkan manfaatnya dari menjalankan ibadah tersebut.

Lalu, apa saja macam-macam puasa dalam Islam? Daripada penasaran yuk simak penjelasannya berikut.

Macam-macam Puasa Wajib

Seperti namanya, puasa wajib merupakan puasa yang harus dikerjakan oleh seorang Muslim yang sudah baligh. Karena hukumnya adalah wajib, maka jika tidak dikerjakan akan mendapatkan dosa.

Puasa wajib sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu puasa Ramadhan, puasa nazar, dan puasa kifarat (denda). Berikut penjelasan dari masing-masing puasa tersebut.

1. Puasa Ramadhan

Seperti yang kita tahu, puasa Ramadhan adalah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan yang mana hukumnya wajib bagi setiap umat Muslim. Perintah menjalankan puasa di bulan ini sendiri sudah diterangkan melalui firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

2. Puasa Nazar

Ini adalah jenis puasa yang dilakukan karena adanya sebuah nazar (janji). Sehingga puasa yang dinazarkan hukumnya wajib dikerjakan bagi orang yang sudah bernazar.

3. Puasa Kifarat (denda)

Puasa kifarat adalah puasa yang dilakukan untuk menggantikan puasa atau denda atas pelanggaran yang hukumnya wajib. Bertujuan untuk menghapus dosa yang telah dilakukan.

Beberapa hal yang membuat seseorang wajib menjalankan puasa kifarat antara lain, melanggar sumpah atas nama Allah SWT,  sebagai pengganti puasa Ramadhan, dan membunuh binatang saat sedang ihram.

BACA JUGA: 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Selama Berpuasa

Macam-macam Puasa Sunah

Puasa sunah adalah puasa yang hukumnya sunah atau tidak wajib. Itu artinya, orang yang menjalaninya akan mendapat pahala, sedangkan yang tidak menjalankannya tidak akan berdosa.

Berikut adalah macam-macam puasa sunah, seperti:

1. Puasa Senin-Kamis

Seperti namanya, puasa sunah satu ini dijalankan khusus pada hari Senin dan Kamis saja. Puasa Senin-Kamis berawal ketika Nabi Muhammad SAW memerintah umatnya untuk senatiasa bepuasa di dua hari tersebut.

Sebab, Senin adalah hari kelahiran Rasulullah sedangkan Kamis adalah hari pertama Al Quran diturunkan. Dan di dua hari itu juga, amal perbuatan manusia diperiksa, sehingga beliau menginginkan ketika sedang diperiksa beliau dalam keadaan berpuasa.

2. Puasa Arafah

Ini adalah jenis puasa sunah yang dikerjakan bagi umat Muslim yang tidak menjalankan ibadah haji. Puasa Arafah dikerjakan pada hari kesembilan bulan Dzulhijjah.

3. Puasa Syawal

Puasa Syawal adalah puasa enam hari yang dikerjakan di bulan Syawal atau setelah bulan Ramadhan. Kamu bisa melakukannya secara berurutan dimulai dari hari kedua bulan Syawal ataupun bisa secara tidak berurutan.

4. Puasa Tasu’a dan Asyura

Ini adalah jenis puasa sunah yang dikerjakan setiap tanggal sembilan Muharram. Puasa ini dikerjakan untuk mengiringi puasa yang dilakukan pada keesokan harinya, yaitu di tanggal sepuluh Muharram (puasa Asyura).

5. Puasa Daud

Puasa Daud adalah jenis puasa sunah yang dilakukan secara selang-seling (sehari puasa, sehari tidak).
Biasanya, puasa ini dikerjakan untuk meneladani puasanya nabi Daud As.

6. Puasa Sya’ban

Puasa sunah yang terakhir adalah puasa di bulan Sya’ban. Bulan Sya’ban juga memiliki keistimewaan seperti bulan Ramadhan. Tidak heran, jika umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah sebanyak-banyak, salah satunya dengan melakukan puasa Sya’ban.

Mengerjakan ibadah puasa wajib dan sunah sebaiknya diikuti dengan berbagai amalan kebaikan lain, salah satunya dengan bersedekah. Sayangnya di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan sedekah tidak bisa dilakukan secara langsung.

Tapi tenang, kamu masih bisa kok melakukan amalan baik tadi secara online. Caranya gimana? Kamu bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donasi #SeribuUntukBangkit yang digagas oleh RoomMe dan Pedulisehat.id.

Nominal donasinya mulai dari Rp.1000 yang bisa kamu salurkan melalui dompet digital, seperti OVO, GOPAY, dan DANA.

Donasi yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti pedagang asongan, pedagang kecil (mikro), pekerja warung, panti asuhan, panti jompo, pengendara ojek online (ojol) dan buruh pabrik.

Setelah berdonasi, kamu pun akan mendapatkan layanan streaming film gratis di aplikasi genflix selama satu bulan penuh. Jadi, yuk jalani puasa wajib dan sunah sambil ikut berpartisipasi dalam kegiatan #SeribuUntukBangkit.

Artikel Rekomendasi kami