Home > Lifestyle > Makin Cantik Setelah Puasa, Berikut Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Makin Cantik Setelah Puasa, Berikut Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Makin Cantik Setelah Puasa, Berikut Manfaat Puasa untuk Kecantikan

Tak heran jika setelah ramadhan kita terlihat seperti terlahir kembali, karena banyaknya manfaat yang didapatkan selama berpuasa di bulan Ramadhan, mulai dari meningkatnya keimanan, menyehatkan tubuh, hingga kecantikan. Terutama manfaat puasa untuk kecantikan, akan banyak sekali manfaat yang akan kamu rasakan. 

Mengapa puasa bermanfaat untuk kecantikan?

Dokter spesialis kulit RSCM Jakarta, dr Dewi Inong menjelaskan, puasa secara fisik merupakan detoksifikasi untuk mengurangi racun dalam tubuh. Hal itu karena racun yang berasal dari makanan yang kamu makan dapat ditahan dan dikontrol pada saat kita berpuasa.

Jika sedang puasa, dalam organ tubuh kamu terjadi proses stres oksidatif, begitu juga dengan kulit. Sedangkan, pada saat kamu makan, terjadi proses pembakaran makanan sehingga menghasilkan racun.

Tubuh akan membentuk oksidan alami untuk mengatasi racun dan kulit akan membentuk antioksidan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit. Antioksidan yang diproduksi oleh tubuh akan meningkat lima kali lipat pada saat berpuasa. 

Manfaat Puasa Untuk Kecantikan

Oleh karena itulah, beberapa masalah kulit bisa diselesaikan dengan puasa. Berikut beberapa manfaat kecantikan yang bisa kamu rasakan karena puasa. 

1. Puasa mempermudah kulit dalam detoksifikasi

Hal pertama yang bisa kamu rasakan dari manfaat berpuasa adalah detoksifikasi atau cara tubuh dalam membersihkan racun. Racun yang pelan-pelan dibersihkan pada sel atau organ tubuh ini juga berpengaruh pada kulit wajah. Biasanya, kulit menjadi lebih cerah dan menghilangkan kusam.

Maka dari itu, saat berbuka puasa dan sahur jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Kalau kamu ingin memaksimalkan detoksifikasi, kamu bisa mengaplikasikan skincare seperti serum atau masker yang mengandung green tea atau anti-pollutant.

BACA JUGA:

2. Dapat mencegah datangnya penuaan dini

Selain proses detoksifikasi yang lebih efektif, puasa juga diklaim dapat mencegah datangnya penuaan dini pada wajah. Saat kulit terasa lebih kering, yang harus kamu lakukan adalah menambah asupan makanan atau minuman berkadar air tinggi saat berbuka maupun sahur.

Lalu, puasa juga diklaim dapat mempercepat regenerasi sel kulit sehingga dapat melawan kerutan dan kulit yang kusam. Jangan lupa untuk mengaplikasikan produk anti-aging andalanmu agar hasil menjadi lebih maksimal.

3. Mencegah dan mengatasi datangnya jerawat

Masih berhubungan dengan manfaat utama puasa mendetoksifikasi tubuh, hal ini juga berhubungan dengan masalah kulit seperti jerawat. Racun yang dibersihkan pada tubuh juga membuat kulit jadi terhindar dari datangnya jerawat.

Selain itu, hormon di dalam tubuh juga lebih seimbang dibandingkan biasanya. Agar pembersihan jerawat semakin maksimal, aplikasikan produk eksfoliasi atau spot gel pada kulit wajahmu dengan rutin.

4. Dapat mengatasi gatal dan alergi seperti eksim

Tidak hanya masalah jerawat, puasa diklaim dapat mengatasi rasa gatal sekaligus alergi yang biasanya kamu rasakan seperti eksim. Kemampuan tubuh saat mendetoksifikasi juga membuat tubuh jadi lebih kebal terhadap rasa gatal. Regenerasi sel kulit yang terjadi saat puasa bermanfaat untuk menghilangkan kemerahan serta ruam akibat eksim.

5. Mencegah terjadinya iritasi

Saat terjadi iritasi, kulit bisa timbul kemerahan atau bintik-bintik yang disebabkan oleh zat tertentu yang tidak cocok. Misalnya seperti sabun, kosmetik, atau bahkan perhiasan. Untuk mengatasinya, kamu juga bisa melakukan puasa selama 48 jam.

6. Kulit menjadi lebih cerah dan terasa kenyal

Walaupun puasa bisa mempercepat regenerasi sel kulit, jangan lupa untuk melakukan hal lain agar kulit tampak menjadi lebih cerah. Yaitu dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi buah-buahan. Selain itu, aplikasikan pula facial mist dan produk perawatan kulit yang mempunyai kandungan vitamin C secara rutin.

7. Rambut jadi lebih berkilau dan kuku tidak mudah patah

Sama seperti kulit tubuh dan wajah, rambut juga bisa menjadi lebih rentan menjadi kering saat puasa. Namun, dengan terbuangnya racun dari dalam tubuh kondisi rambutmu bisa lebih membaik. Salah satunya menjadi lebih halus dan lebih bervolume.

Namun, sebaiknya kurangi penggunaan alat penata rambut. Aplikasikan kondisioner dan juga masker secara rutin untuk menjaga kelembutan rambut. Sama halnya dengan kuku yang tidak lagi terlihat kering dan tidak mudah patah. 

 

Artikel Rekomendasi kami