Home > Lifestyle , RoomMe's Event > Lagu Ramadan Sepanjang Masa yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Lagu Ramadan Sepanjang Masa yang Tak Lekang Dimakan Zaman

Lagu Ramadan Sepanjang Masa yang Tak Lekang Dimakan Zaman

RoomMies, sekarang kita sudah masuk Bulan Suci Ramadan. Namun ada yang berbeda di Bulan Puasa tahun ini, yaitu adanya pandemi Covid-19 yang membuatmu harus #DiKostAja. Tidak boleh keluar rumah jika tidak penting, tidak boleh ngabuburit sambil menikmati sore menunggu azan magrib, tidak boleh buka bareng teman, sampai tidak boleh mudik ke kampung halaman. Meskipun kegiatan yang biasa kita lakukan di bulan Ramadan tidak bisa dilakukan, tapi semua ini untuk kebaikan bersama sehingga pandemi ini bisa segera berakhir. Nah, supaya suasana Ramadan semakin terasa, kamu bisa mendengarkan lagu Ramadan sepanjang masa berikut ini. Simak ulasannya, ya!

1. Ramadan Tiba – Opik

Ramadan tiba, Ramadan tiba…

Marhaban Yaa Ramadan Marhaban Yaa Ramadan

Intro lagu yang dinyanyikan oleh Opik ini selalu menjadi penanda bahwa kita memasuki Bulan Ramadan. Stasiun TV, radio, bahkan toko swalayan selalu mengumandangkan lagu ini pertanda umat muslim harus melakukan ibadah Puasa. Ditambah lagi dengan iklan sirup di tv dan pajangan kue kaleng di minimarket menambah atmosfer Ramadan semakin pekat.

2. Marhaban Ya Ramadhan – Haddad Alwi ft. Anti

Setiap bulan Ramadan, nampaknya penyanyi religi semakin banyak mengeluarkan karyanya. Salah satunya adalah penyanyi senior Haddad Alwi. Di Bulan Puasa tahun 2013 lalu, ia mengeluarkan sebuah single yang berjudul Marhaban Ya Ramadhan bersama artis cilik, Anti. Sama seperti karya-karya sebelumnya, lagu Haddah Alwi selalu mudah diingat dan musiknya easy listening. Tak heran lagu ini selalu menjadi soundtrack di beberapa tempat untuk menyemarakkan datangnya bulan Ramadan.

 

3. Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya- Bimbo

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci

Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi

Adalah Anak Bertanya Pada Bapaknya salah satu dari lagu Bimbo yang momentum bulan puasa Ramadan. Lagu ini rilis pada tahun 2007 dan masih menjadi lagu Ramadan sepanjang masa yang sering dinyanyikan. Percaya atau tidak, melalui karya musik ini membuat keimananmu bertambah di bulan suci Ramadan ini. Kamu jadi tahu apa makna setiap perbuatan yang kita lakukan di bulan puasa. Apalagi, banyak hari-hari spesial terjadi di bulan Ramadan seperti Nuzullul Quran dan malam Laillatul Qadar. Lagu ini juga menjadi representasi keingintahuan anak Indonesia akan sebuah tradisi yang sudah kita lakukan sejak dulu.

Hayo, siapa yang waktu kecil mengajukan pertanyaan yang sama pada Ayahmu?

 

4. Para Pencari Tuhan- Ungu

Akulah para pencari-Mu ya Allah

Akulah yang merindukan-Mu ya Rabbi

 

Di tahun 2007 lalu, ada sebuah sinetron yang selalu ditayangkan di jam sahur dengan rating yang cuku tinggi. Sinetron berjudul “Para Pencari Tuhan” dengan dibintangi oleh Deddy Mizwar, Melky, Adel, dan Isa sebagai tokoh utama. Nah, sinetron ini menggunakan soundtrack dari band yang sedang naik daun saat itu yaitu Ungu yang membuat album religi dengan judul yang sama. Jadilah sekarang lagu tersebut menjadi penanda bahwa kita telah masuknya bulan Ramadan.

 

BACA JUGA:

Musik memang selalu menjadi sebuah alat untuk menjadi mengenang segala kenangan dan momentum. Jika kamu punya artis favorit dan ingin menyaksikan mereka tapi belum bisa nonton konsernya, kamu bisa nonton di #RoomMeMusic pada Sabtu, 8 Mei 2020. Ada 20 artis yang menyemarakkan #RoomMeMusic kali ini. Jadi, stay tune terus di Instagram @RoomMe.id ya!

 

Artikel Rekomendasi kami