Home > Lifestyle > Ingin Hidup Lebih Berarti? Coba Terapkan Konsep Hidup Slow Living

Ingin Hidup Lebih Berarti? Coba Terapkan Konsep Hidup Slow Living

Ingin Hidup Lebih Berarti? Coba Terapkan Konsep Hidup Slow Living

Akhir-akhir ini, konsep slow living atau seni hidup melambat semakin populer di kalangan masyarakat, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan. Konsep ini menawarkan cara pandang baru dalam menjalani hidup agar lebih bermakna. Adanya konsep hidup ini, membuat banyak masyarakat yang mulai memperbaiki lifestyle-nya dan beralih ke slow living.

Lantas, seperti apa seni hidup melambat itu? Biar nggak bingung, langsung simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Slow Living?

Secara umum, seni hidup melambat merupakan respon atas rutinitas yang cepat, serba teratur, dan dipenuhi dengan kesibukan yang tiada henti. Ketika konsep ini di terapakan, seseorang akan mengutamakan hidup dengan keseimbangan dan tidak berlebihan.

Orang yang menerapkan konsep ini memiliki pemahaman bahwa kesibukan dan gaya hidup yang serba cepat sebenarnya merenggut banyak hal dalam hidup. Mulai dari waktu, kesehatan, sosial, hingga kenikmatan dalam menjalani hidup.

Lebih jauh, konsep ini juga menentang konsumerisme berlebihan dan menepis pandangan bahwa kebahagiaan hanya bisa didapatkan dengan kekayaan. Tanpa sadar, konsumerisme dan materialisme yang berlebihan membuat orang terus berlomba-lomba untuk mencapai posisi tertinggi tanpa tahu kapan harus berhenti.

Manfaat Menerapkan Slow Living

Manfaat Slow living

Sumber: theswellelife.com

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, konsep slow living dipilih untuk mendapatkan hidup yang lebih bermakna. Namun, tak sekadar itu, konsep hidup ini juga memberikan banyak manfaat apabila kamu terapkan dalam kehidupan.

Beberapa manfaatnya, antara lain:

  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Lebih produktif dalam bekerja
  • Memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang-orang terkasih
  • Terhindar dari stres dan depresi

Cara Menerapkan Seni Hidup Melambat

1. Kurangi penggunaan gadget

Di era modern seperti sekarang, gadget sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Alhasil, hidup kita pun jadi sangat bergantung pada gadget. Nah, jika ingin menerapkan seni hidup melambat, kamu harus mulai mengontrol penggunaan gadget. Bila perlu, kurangi pemakainnya dan mulai jalani hidup tanpa kehadiran gadget.

2. Lakukan hal-hal sederhana

Melakukan hal-hal sederhana, seperti memasak, menikmati udara pagi, atau menanam tanaman di pot, merupakan kegiatan yang dilakukan dalam konsep hidup slow living. Dengan mengerjakan hal sederhana tadi, kamu akan merasakan kesenangan dan kebahagiaan dalam menjalani hidup.

3. Mengefisiensi waktu

Konsep slow living memengaruhi orang yang menerapkannya untuk jadi fokus pada tujuan hidupnya, sehingga efisiensi waktu adalah kunci. Maka dari itu, melakukan aktivitas dengan efisien dapat memengaruhi kualitas hidup kamu, apakah jadi lebih produktif atau justru sebaliknya.

4. Konsumsi buah dan sayur

Hal sederhana untuk bisa menikmati keindahan alam adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur. Menikmati hasil alam atau pertanian adalah poin penting dalam seni hidup melambat. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, membuat kamu jadi lebih sehat dan bahagia.

Itu dia seluk-beluk mengenai seni hidup melambat yang perlu kamu tahu. Jadi, apakah kamu tertarik untuk beralih ke konsep hidup ini?

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami