Home > Lifestyle > Keajaiban Sedekah yang Bikin Semangat Beramal di Bulan Ramadan

Keajaiban Sedekah yang Bikin Semangat Beramal di Bulan Ramadan

Keajaiban Sedekah yang Bikin Semangat Beramal di Bulan Ramadan

Sedekah di bulan puasa bukan hanya menambah pahala. Ada beberapa keajaiban sedekah lainnya yang dapat dirasakan bagi mereka yang dengan tulus berbagi kepada sesamanya.

Seperti riwayat Nabi Muhammad SAW, ketika ditanya mengenai bentuh sedekah yang paling utama, beliau  menjawab, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (H.R Al-Baihaqi).

Karena itu, disamping diwajibkan berpuasa sebulan penuh, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Tidak hanya pahala berlipat ganda akan diperoleh bagi mereka yang rajin bersedekah selama puasa Ramadan.

Sedekah tidak selalu berbentuk uang atau barang. Bisa juga memberikan bantuan pikiran dan tenaga untuk kebaikan orang lain.

Berikut beberapa keajaiban sedekah yang akan diterima bagi mereka yang tidak mengharap imbalan apa pun selain ingin membantu sesama yang membutuhkan.

1. Harta Makin Bertambah

Ketika bersedekah, terutama dalam bentuk uang dan barang, seakan-akan harta milik kita tersebut berkurang. Padahal, Allah SWT akan menambahkan harta yang dimiliki tadi.

Hal ini tercermin dari firman Allah dalam Surat Saba ayat 39, yang bermakna:

“Barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya, dan Dialah Pemberi rezeki sebaik-baiknya.”

Serta, seperti sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian Allah mengembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bahkan, Nabi Muhammad meyakini sedekah tidak mengurangi harta:

“Ada tiga perkara yang aku bersumpah di atasnya dan aku sampaikan pada kalian agar mengingatnya baik-baik. Pertama, tidak akan berkurang harta karena sedekah. Kedua, seseorang yang dianiaya kemudian bersabar,  akan dibalas dengan kemuliaan. Ketiga, seseorang yang meminta-minta, maka Allah akan membukakan pintu kefakiran (kemiskinan).” (HR. Turmudzi)

Oleh karena itu, jangan ragu bersedekah. Nabi Muhammad pernah bersabda bagi yang bersedekah akan didoakan memperoleh penggantinya:

“Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak. ‘Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.”” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memberikan Kemudahan

Dalam Surat At-Thalaq ayat 7, Allah berfirman bahwa meskipun seseorang mengalami kesulitan ekonomi, jangan ragu untuk bersedekah. Untuk dia, Allah menjanjikan keajaiban sedekah berupa kemudahan setelah kesulitan.

“Dan, orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak akan memikulkan beban kepada seseorang melainkan apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.”

Dalam hadist Qudsi, disebutkan juga Allah berjanji akan memberikan balasan bagi yang bersedekah:

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

Urusan bagi mereka yang bersedekah akan dipermudah Allah dengan cara cepat dikabulkan doa-doanya. Kemudahan dari seseorang pada orang lain dengan bersedekah, kelak akan dibalas juga dengan kemudahan. Sesuai hukum alam, kebaikan akan dibalas pula dengan kebaikan.

3. Memperpanjang umur

Keajaiban sedekah berupa pemberian umur panjang tercermin juga dalam sebuah kisah Nabi Ibrahim. Suatu ketika, seorang pemuda menemui Nabi Ibrahim untuk menyampaikan bahwa dia akan menikah besok pagi.

Tidak lama setelah pemuda tersebut pulang Malaikat Izrail mendatangi Nabi Ibrahim dan memberi tahu beliau bahwa umur pemuda tadi tidak akan sampai besok pagi.

Nabi Ibrahim kemudian tergerak memberitahu pemuda tadi untuk mempercepat pernikahannya malam itu juga. Tapi, Nabi Ibrahim urung karena yakin kematian adalah rahasia Allah.

Esok harinya, Nabi Ibrahim ternyata tetap bisa menyaksikan pemuda tersebut melangsungkan pernikahannya. Bahkan, pemuda tadi dapat menjalani hidupnya hingga berusia 70 tahun.

Nabi Ibrahim lalu bertanya lagi pada Malaikan Izrail apakah dia berbohong ketika menyampaikan pemuda tadi usianya tidak akan sampai esok harinya. Malaikat Izrail menjawab bahwa dia memang akan mencabut nyawa pemuda tadi, tapi Allah SWT menahannya.

“Wahai Ibrahim, pada malam menjelang pernikahannya, pemuda tersebut menyedekahkan separuh kekayaannya. Ini yang membuat Allah memutuskan memanjangkan umurnya, sehingga engkau bisa melihatnya hidup lebih lama.”

Hidup dan mati memang rahasia Sang Pencipta. Tapi, berbuat kebaikan, salah satunya bersedekah harus selalu dilakukan sepanjang hidup kita, kapan pun, di mana pun, dan pada siapa pun.

BACA JUGA:

Sudahkah RoomMies bersedekah hari ini? Mungkin terpikirkan oleh RoomMies bagaimana bersedekah di bulan puasa tahun ini karena tengah menjalani physical distancing untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Untungnya, kemajuan teknologi telah memungkinkan sedekah dilakukan secara online. Yup, hanya #dikostaja RoomMies sudah dapat berdonasi melalui platform-platform online. Termasuk melalui RoomMe yang akan mengakomodasi keinginan RoomMies bersedekah tanpa perlu beranjak dari kamar kos. Tunggu, ya.

Artikel Rekomendasi kami