Home > Health , Lifestyle > Ini Trik Kuat Jalani Puasa Tanpa Sahur

Ini Trik Kuat Jalani Puasa Tanpa Sahur

Ini Trik Kuat Jalani Puasa Tanpa Sahur

Ibadah puasa makin lengkap bila diawali dengan makan sahur. Sahur bukan hanya sunah tapi bermanfaat juga mencegah lemas ketika puasa. Hanya saja, karena waktu sahur pada dini hari menjelang Subuh, ada yang sering kesulitan untuk bangun.

Atau, karena terlalu lelah hari sebelumnya, tidur malam itu jadi begitu pulas. Akhirnya terlambat bangun sahur, waktunya mepet, bahkan terlewat. Akibatnya, terpaksa puasa tanpa sahur.

Sunah Tapi Bukan Syarat Sah

Mungkin, sempat terpikirkan bahwa tidak makan sahur berarti tidak bisa berpuasa hari itu. Sahur memang ibadah sunah yang sifatnya dianjurkan. Rasulullah SAW menyebutkan sahur itu penuh keberkahan, seperti dalam hadis dari Abu Sa’id Al-Khudri RA berikut:

“Rasulullah berkata, “Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur.’” (HR Ahmad)

Sangat dianjurkannya sahur, Nabi sampai berkata sahur perlu dilakukan meski hanya dengan seteguk air.

BACA JUGA: 

Meski sangat dianjurkan, tidak ada hadis atau dalil yang mewajibakan seseorang untuk makan sahur. Nabi Muhammad SAW juga tidak pernah menyebutkan bahwa syarat sah puasa adalah makan sahur.

Hal tersebut diberikan gambaran dari hadis Aisyah RA yang menyebutkan:

“Suatu hari Nabi menemui kami dan bertanya, “Apakah kalian punya makanan?” Kami menjawab, “Tidak”. Kemudian beliau berkata, “Kalau begitu, saya akan puasa.” (HR. Muslim, Nasai, Turmudzi)

Dari hadis tersebut, diketahui bahwa Nabi Muhammad SAW memutuskan berpuasa meski tidak makan (sahur) dulu sebelumnya. Puasa tanpa makan sahur tetap sah karena sahur bukan syarat wajib puasa.

Kiat Kuat Puasa

Sahur dianjurkan karena memberikan kekuatan fisik menjalani ibadah puasa seharian. Karena itu, bila tidak sahur, kamu mungkin merasa sedikit lemas. Tapi, jangan jadi halangan untuk menyelesaikan puasa sampai adzan Magrib nanti.

Coba untuk menjalani beberapa tip kuat puasa tanpa sahur seperti berikut ini:

1. Selalu ingat manfaat puasa

Suatu hal diperintahkan untuk dijalankan bukannya tanpa manfaat. Tidak terkecuali ibadah puasa yang memiliki manfaat jasmani maupun rohani. Ada banyak manfaat puasa, seperti bisa menjadi cara detoksifikasi tubuh sebagai manfaat kesehatan. Atau, meningkatkan sifat amal dalam diri. Dengan tahu manfaat puasa, kamu akan tetap semangat menjalani puasa hingga tuntas.

2. Niat yang kuat

Setiap akan mulai beribadah, pasti kamu diminta untuk mengucapkan niat dulu. Niat yang kuat artinya sudah menanamkan keyakinan bahwa diri ini bisa menjalankan puasa dengan baik. Dengan begitu, harapannya puasa dapat tetap berjalan lancar.

Niat juga membuat kamu akan selalu mengingat bahwa puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi muslim yang telah dewasa. Bila tidak menjalankannya artinya akan berdosa.

3. Perbanyak ibadah

Ibadah tidak hanya puasa sehari penuh dan menjalankan salat lima waktu. Sambil menunggu waktu berbuka, kamu bisa menjalani, misal, ibadah salat sunat, membaca Al-Quran, mendengarkan kajian agama, dan lainnya.

Dengan cara demikian, waktu akan berlalu begitu cepat dan tidak terasa sudah akan mendekati Magrib, sementara kamu masih kuat puasa meski tanpa makan sahur.

4. Cari kesibukan

Lakukan aktivitas yang bisa mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan haus. Misalnya, bila yakin kuat bisa membereskan kamar kost. Bisa juga membaca buku-buku yang belum sempat dibaca. Lumayan, dalam beberapa jam kamu pasti sudah bisa menuntaskan banyak bacaan dari biasanya.

Atau, menonton film yang belum sempat ditonton. Bahkan, bisa juga merapikan file-file di laptop sekaligus menghapus file yang sudah tidak terpakai supaya laptop kamu bisa bekerja lebih lancar lagi. Bisa juga mengikuti event-event online, webinar, atau kursus online sehingga meski #dikostaja tetap punya kesibukan.

Semakin sibuk, semakin sedikit waktu luang yang dimiliki. Semakin sedikit waktu luang, waktu akan terasa berjalan lebih cepat dan tidak terasa sudah mau buka puasa lagi.

5. Tidur yang cukup

Rasa takut lelah, lapar, dan haus biasanya ingin dihilangkan dengan tidur saja. Tidak masalah. Coba untuk tidur siang. Tapi, ingat, jangan berlebihan. Tidur secukupnya saja. Bila porsi tidurnya pas, akan bermanfaat untuk menyegarkan otak.

Tapi, jika tidur sepanjang hari atau berlebihan, malah akan membuat badan makin lemas. Hal ini sangat tidak disarankan dalam agama juga karena hanya mendatangkan hal yang tidak baik bagi diri sendiri.

Selamat berpuasa tanpa sahur!

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami