Home > Lifestyle > Deretan Game PS2 Yang Bikin Anak Kost Kangen Masa Kecil

Deretan Game PS2 Yang Bikin Anak Kost Kangen Masa Kecil

Deretan Game PS2 Yang Bikin Anak Kost Kangen Masa Kecil

Playstation kembali merilis konsol game terbarunya yakni Playstation 5 (PS5). Jauh sebelum PS5 rilis, PS2 telah terlebih dahulu menarik hati banyak gamer. Terbukti banyak rental Playstation yang bermunculan dan selalu ramai pengunjung. Para developer game pun beramai-ramai mengeluarkan game PS2 demi menarik minat gamer.

Sejarah Playstation 2

Setelah Playstation resmi meluncur di Jepang pada 3 Desember 1994, 5 tahun kemudian Sony kembali meluncurkan penerus konsol gamenya tersebut yaitu Playstation 2 pada 4 Maret 2000 di Jepang. Hanya dalam waktu satu hari, PS2 berhasil terjual hingga 980 unit di Jepang. Bahkan saat itu stock PS2 cukup sulit didapatkan. Selang 4 tahun kemudian, Sony kembali meluncurkan versi lain dari PS2 yaitu Playstation 2 slim. Dengan bentuk yang lebih ramping dan tipis dari seri terdahulunya.

dafta peringkat game ps2

Source: ign

Dilansir ign pada 2019 lalu, Playstation 2 masih berada di peringkat pertama dalam daftar ‘Best Selling Video Game of All Time by Unit Sold’ dengan terjual sebanyak 159 juta unit. Dukungan game yang berlimpah menjadi alasan tingkat penjualan PS2 semakin naik.

Game PS2 Terbaik

Terhitung terdapat lebih dari 10 ribu game PS2. Beberapa dari game tersebut, menjadi game terbaik yang sulit dilupakan oleh para gamer hingga kini. Penasaran apa saja? Berikut daftar game PS2 terbaik.

1. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

game ps2 gta san andreas

Source: Solopos

R1, R2, L1, X, kiri, bawah, kanan, atas, kiri, bawah, kanan, atas. Hayo siapa yang masih ingat dengan rangkaian cheat tersebut? Grand Theft Auto: San Andreas memang menjadi salah satu game PS2 yang cukup sukses karena memiliki alur cerita dan beragam fitur menarik. hampir setiap rental PS sudah pasti ada yang memainkannya. Bahkan para pemilik rental sampai menyediakan rangkaian cheat yang bisa kamu gunakan.

Saat memainkan game tersebut, kamu bebas ingin menjalankan misi atau sekedar berjalan-jalan atau ‘mencuri’ mobil pengendara yang lewat. Hal itulah yang membuat GTA memiliki banyak penggemar hingga kini.

2. Bully (2006)

game ps2 bully

Source: Youtube xTimelessGaming

Sama seperti GTA, Bully juga memiliki gameplay yang hampir sama namun yang membedakan hanyalah latar belakang karakter utama. Karakter utama dalam Bully adalah seorang siswa SMA, lewat game ini juga kamu melawan bullyan dan menundukkan para ketua geng.

Kamu juga bisa bebas bermain untuk mengikuti jalan cerita atau berjalan-jalan di sekolah untuk melawan para pembully. Selain misi, kamu juga harus mengikuti kelas. Lewat kelas-kelas yang ada kamu bisa mendapatkan kendaraan dan senjata seperti sepeda, bubuk gatal atau bom bau.

BACA JUGA:

3. Guitar Hero 2 (2006)

Guitar hero game ps2

Source: Gamedaim

Merupakan salah satu game dengan genre Rhythm game yang cukup sukses dipasaran. Menghadirkan banyak lagu-lagu terbaik seperti Red Hot Chili Peppers – ‘Higher Ground’, My Chemical Romance – ‘Dead! hingga yang paling terkenal yakni Guns N Roses – ‘Sweet Child o’Mine’.

Ada 3 mode game yang bisa kamu pilih mulai dari PracticeMultiplayer hingga Career. Pada awal permainan, tidak semua lagu terbuka. Karena itu, kamu harus memainkan mode karir untuk membuka lagu-lagu yang terkunci. Selain mode, kamu juga bisa memilih tingkat kesulitan. Semakin sulit tingkat permainan yang kamu pilih maka semakin banyak uang yang kamu peroleh. Nantinya uang tersebut bisa kamu gunakan untuk membeli beberapa item.

4. Tekken 5 (2005)

game ps2 tekken 5

Source: Youtube PCSX2

Merupakan game bergenre fighting dengan beberapa pengembangan dari versi sebelumnya seperti visual grafis, karakter dan fitur yang lebih baik dari Tekken 4. Salah satu fitur terbaru yaitu Customization, lewat fitur tersebut kamu bisa berkreasi terhadap karakter yang ingin kamu mainkan.

Pada awal permainan, tidak semua karakter terbuka. Kamu harus mengikut Story Mode terlebih dahulu agar dapat membuka karakter yang terkunci. Dan jika ingin mendapatkan uang untuk membeli item, kamu bisa bermain di Arcade Mode.

5. Resident Evil 4 (2005)

resident evil 4

Source: Youtube xTimelessGaming

Mengangkat tema yang sama dengan filmnya, Resident Evil 4 berhasil menarik minat para gamer PS2. Memiliki jalan cerita yang unik, dimana kamu harus bertarung melawan para zombie untuk dapat bertahan hidup. Zombie-zombie yang semakin kuat pun membuat game menjadi lebih menegangkan.

Berkat kesuksesannya, Capcom mengembangkan versi Remake dari Resident Evil 4 yang rencananya akan meluncur pada 2023 mendatang. Masih dengan jalan cerita yang sama yakni, kamu harus menyelamatkan putri presiden AS dan bertarung dengan para zombie.

6. Winning Eleven

winning eleven

Source: Gamedaim

Para pencinta bola sekaligus gamer tentu tidak akan melewatkan permainan satu ini. Sama seperti GTA, hampir di semua rental PS2 pasti ada beberapa orang yang memainkan Winning Eleven.

Saat memainkannya, kamu bisa bermain sendiri melawan komputer atau bermain bersama teman. Ada pilihan mode yang bisa kamu pilih seperti Cup, League, hingga Master League. Menariknya, kamu juga bisa bebas mengatur kemampuan player yang kamu inginkan.

Itulah beberapa game PS2 terbaik yang cukup banyak peminatnya. Selain beberapa game tersebut masih ada game lainnya seperti God of War 2, Dynasty Warriors 4, Final Fantasy X, Naruto Shippuden Ultimate Ninja Fight 5, Call of Duty 2: Big Red One hingga NFS Underground 2. Yang rasanya tidak cukup RoomMe bahas hanya dalam satu artikel.

Artikel Rekomendasi kami