Home > Lifestyle > Anak Kost, Yuk Pahami Apa Itu Crab Mentality?

Anak Kost, Yuk Pahami Apa Itu Crab Mentality?

Anak Kost, Yuk Pahami Apa Itu Crab Mentality?

Coba jujur, pernah nggak kamu merasa iri dengan keberhasilan orang-orang di sekitarmu? Nggak hanya iri, bahkan kamu sampai mengkritik, meremehkan, hingga memanipulasi orang itu. Kalau iya, itu artinya kamu memiliki crab mentality atau mentalitas kepiting. Lalu, apa sebenarnya crab mentality itu? Biar nggak bingung, yuk simak langsung ulasannya berikut ini.

Mengenal Crab Mentality

Mengenal apa itu crab mentality

Secara umum, istilah crab mentality berasal dari sikap solidaritas sekelompok kepiting yang ada di sebuah ember. Hewan krustasea itu tidak akan membiarkan teman-temannya pergi dari ember agar tidak dimakan oleh pemangsa. Sekilas, mentalitas seperti ini memiliki tujuan yang baik bagi para kepiting itu. Tapi, di kehidupan manusia, sikap saling menarik dan menjatuhkan seperti ini malah dianalogikan sebagai perilaku egois yang iri terhadap kesuksesan orang lain.

Mentalitas seperti ini sebaiknya kamu hindari, karena hanya akan membuat kamu sulit untuk menghargai pencapaian orang lain. Walhasil, kamu pun akan mencoba membuat orang tersebut berada di level yang sama denganmu, entah itu dengan cara mengkritik, meremehkan, hingga memanipulasinya.

Faktor Penyebab Mentalitas Kepiting

Faktor penyebab crab mentality

Pada dasarnya, manusia merupakan makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Karena itu, manusia bergabung ke dalam sebuah kelompok tertentu untuk memudahkan mereka mencapai tujuannya. Namun, dalam hidup berkelompok pun manusia dituntut untuk tetap bersaing, entah itu dalam hal makanan maupun pasangan.

Selain sifat kompetitif, ada faktor lain yang membuat seseorang bermental kepiting, mulai dari perasaan cemburu, dendam, malu, sampai harga diri yang rendah. Mentalitas seperti ini sangat merugikan diĀ  kelompok sosial karena tidak saling menguntungkan siapa pun.

Memang, pemilik crab mentality akan merasa lebih baik usai menjatuhkan orang lain yang sudah meraih sukses. Meski begitu, efek tersebut tidak akan berlangsung lama, mengingat akan selalu ada orang yang lebih kaya, pintar, dan beruntung dari orang lain.

Tips Mengatasi Crab Mentality Orang Lain

Perlu diketahui, mental kepiting bisa dialami oleh siapa saja, termasuk kamu. Nah, bila kamu merasa mengalami mentalitas seperti ini, satu-satunya jalan untuk mengatasinya adalah dengan menahan diri dan mulai berlapang dada dengan kesuksesan orang lain.

Sementara, bila kamu korban dari mentalitas kepiting orang lain, coba atasi dengan beberapa langkah sederhana berikut ini.

1. Tumbuhkan rasa percaya diri

Cara pertama mengatasi mentalitas kepiting orang lain adalah dengan berusaha menumbuhkan rasa percaya diri. Biasanya, orang yang tidak memiliki rasa percaya diri tinggi akan sangat mudah untuk ditarik ke bawah oleh mereka yang memiliki mentalitas itu.

Agar rasa percaya diri kamu dapat meningkat, cobalah untuk menambah dan mengembangkan nilai pada diri sendiri. Misalnya saja, melakukan hobi baru atau memperdalam kemampuan yang sudah kamu miliki.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Bagian dari sifat mentalitas kepiting yang perlu kamu tahu adalah tidak ingin melihat orang lain terlihat maju. Nah, bila hal itu terjadi pada kamu, cobalah tetap semangat saat melakukan apapun yang kamu sukai. Pasalnya, cara ini ternyata efektif untuk mengatasi crab mentality dari orang lain, lho.

Tidak hanya itu, kamu juga harus konsisten untuk mencapai impianmu itu. Jangan mudah mengubah tujuanmu meski terus dihantam kritikan pedas. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah untuk ditarik ke bawah lagi.

3. Segera evaluasi diri ketika merasa gagal

Akan selalu ada hambatan yang akan menghalangi kamu untuk menggapai mimpi. Meski begitu, jangan biarkan hambatan yang datang membuat kamu jatuh terpuruk dan tak mau bangkit lagi. Alih-alih tetap terpuruk, cobalah untuk mengevaluasi diri dari kegagalan yang kamu alami. Dengan begitu, rasa percaya diri kamu akan kembali dan meningkatkan harga diri kamu di mata orang bermental kepiting.

4. Terus berjuang

Agar kamu tidak terus-menerus merasa down menghadapi orang dengan mentalitas seperti ini, pastikan kamu memiliki mental kuat untuk tetap gigih dan berjuang. Saat orang lain dengan crab mentality mengkritik atau menilai tindakanmu salah, cuma dirimu sendiri yang tahu seperti apa kebenarannya.

Walau begitu, buka berarti kamu mengacuhkan semua kritik atau penilaian yang datang kepada kamu. Bila memang kritikan atau penilaian yang ditujukan ke kamu membangun, maka dengarkan. Namun, jika kritik atau penilaian yang masuk ke kamu justru sebaliknya, maka hiraukan dan teruslah berjuang.

Nah, itulah ulasan mengenai mentalitas kepiting yang perlu kamu tahu. Bila kamu memiliki mentalitas ini, sebaiknya segera hilangkan dari dalam diri agar tidak merugikan kamu dan orang lain ke depannya.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami