Home > Lifestyle > Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

RoomMies jangan biarkan bau mulut saat puasa menganggu kenyamanan dan rasa percaya dirimu. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips di bawah ini agar RoomMies terhindar dari bau mulut saat puasa.

Bau mulut saat puasa disebabkan oleh berkurangnya produksi air liur, karena saat puasa seseorang tidak bisa mengonsumsi air putih selama kurang lebih 12-13 jam dalam sehari. Air liur pada dasarnya bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab bau mulut. 

Ragam Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Untuk mencegah bau mulut saat puasa dan membuat napas tetap segar, ada beberapa tips yang bisa RoomMies lakukan, yaitu:  

1. Sikat gigi dan gunakan benang gigi secara rutin

Cara pertama yang bisa RoomMies lakukan untuk mencegah bau mulut adalah dengan rutin menyikat gigi dan benang gigi (dental floss). Hal ini bermanfaat untuk mencegah penumpukan plak tempat tumbuhnya bakteri yang yang bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Namun, hindari menyikat gigi dan menggunakan benang gigi terlalu keras ya. Karena hal ini justru bisa meningkatkan risiko gigi dan gusi menjadi luka. Saat puasa, RoomMies bisa rutin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi dua kali dalam sehari, yaitu setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. 

2. Gunakan  obat kumur atau mouthwash

Bila perlu untuk perlindungan ekstra RoomMies juga bisa menggunakan obat kumur untuk membuat napas lebih segar dan membunuh kuman penyebab bau mulut. RoomMies bisa menggunakan mouthwash setiap selesai menyikat gigi dan menggunakan benang gigi.

Pastikan juga obat kumur yang RoomMies pilih benar-benar bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab bau mulut ya, bukan hanya sekedar menutupi bau mulut. 

3. Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tidak hanya bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dan sembelit loh, tapi juga bau mulut. Hal ini karena saat kebutuhan cairan tercukupi, maka produksi air liur pun akan semakin banyak. Air liur bermanfaat untuk membuat mulut selalu basah dan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau mulut. 

4. Konsumsi buah-buahan

Selain menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh menjadi tidak mudah sakit, mengonsumsi buah-buahan juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Hal ini karena buah-buahan bisa bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab bau mulut dan memicu produksi air liur. 

Beberapa buah yang bisa RoomMies konsumsi untuk mencegah bau mulut adalah apel, melon, stroberi, pir, dan jeruk. 

Selain mengonsumsi buah-buahan, jangan lupa juga untuk tidak mengonsumsi makan-makanan yang bisa menyebabkan bau mulut ya, misalnya bawang putih dan bawang bombai. 

5. Hentikan kebiasaan merokok 

Untuk RoomMies yang mungkin memiliki kebiasaan merokok. Sebaiknya di bulan puasa ini, hentikan dulu kebiasaan ini ya. Karena berhenti merokok merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah bau mulut saat puasa. 

Hal ini karena zat-zat yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan bau mulut, menodai gigi, dan merusak gusi. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa RoomMies lakukan untuk mencegah bau mulut. Setelah melakukan beberapa hal di atas, ucapkan selamat tinggal pada bau mulut, meskipun #DiKostAja.

Artikel Rekomendasi kami