Home > Lifestyle > 5 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Bisa Tampil Percaya Diri

5 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Bisa Tampil Percaya Diri

5 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Bisa Tampil Percaya Diri

RoomMies jangan biarkan rambut rusak menganggu rasa percaya dirimu ya. Karena ternyata ada cara merawat rambut rusak yang bisa dengan mudah kamu lakukan di kost. Penasaran? Simak tipsnya di bawah ini ya.

Rambut rusak atau damaged hair biasanya disebabkan oleh terpaparnya rambut dengan sinar matahari langsung, kebiasaan mewarnai rambut, pengaruh bahan kimia, dan paparan alat elektronik (seperti hair dryer, atau smoothing). Rambut rusak biasanya bisa dikenali dengan beberapa tanda RoomMies, seperti rambut kering, bercabang, dan mudah patah.

Pilihan Cara Merawat Rambut Rusak

Pada dasarnya rambut rusak bisa diatasi dengan beberapa cara mudah di bawah ini:

1. Hindari mencuci rambut setiap hari

Hindari mencuci rambut setiap hari

Sumber:Freepik

Jika selama ini RoomMies cuci rambut setiap hari, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan ini ya. Karena melansir dari healthline, sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak yang ada di rambut, tapi juga sebum. Sebum merupakan minyak alami yang membuat rambut Anda lebih mudah dirawat.

Jumlah sebum yang terlalu banyak bisa menyebabkan rambut menjadi mudah berminyak. Sebaliknya kekurangan sebum justru bisa menyebabkan rambut rusak.

Jadi, alangkah baiknya jika anak kost cuci rambut setiap 2 kali sehari saja. Namun, jika ingin tetap mencuci rambut setiap hari, RoomMies disarankan untuk menggunakan sampo bayi atau sampo yang benar-benar aman digunakan rambut rusak.

2. Oleskan minyak kelapa

Cara merawat rambut rusak-minyak kelapa

Sumber:Freepik

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi rambut rusak. Karena minyak kelapa bisa berkhasiat untuk merawat kulit kepala dan rambut dari dalam.

Cara menggunakannya juga mudah kok, setelah keramas RoomMies hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke seluruh batang rambut dari kulit kepala, setelah itu diamkan selama 20 menit dan bilas rambut dengan air.

Jika RoomMies kurang suka menggunakan minyak kelapa, RoomMies juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai gantinya.

3. Batasi penggunaan pengering rambut atau hair dryer

Batasi penggunaan hair dryer

Sumber:Freepik

Hair dryer memang sangat membantu karena bisa membuat rambut menjadi lebih cepat kering, terlebih jika anak kost sedang buru-buru. Namun, mulai sekarang sebaiknya batasi penggunaan hair dryer ya RoomMies. Karena panas yang dikeluarkan hair dryer bisa membuat rambut menjadi rusak. Oleh karena itu anak kost disarankan menggunakan handuk kecil untuk mengeringkan rambut.

BACA JUGA: 4 Produk Hair Care untuk Merawat Rambut Anak Kost

4. Gunakan produk perawatan khusus untuk rambut rusak

Gunakan produk perawatan rambut

Sumber:Freepik

Cara lain yang telah terbukti ampuh mengatasi rambut rusak adalah menggunakan produk perawatan khusus rambut rusak yang dijual bebas di pasar. Misalnya masker rambut, sampo, dan kondisioner.

Meskipun mengandung bahan kimia, RoomMies gak perlu ragu atau takut menggunakan perawatan rambut khusus. Karena produk perawatan rambut tersebut biasanya sudah teruji secara klinis.

5. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan bergizi

Sumber:Freepik

Meskipun terlihat sederhana, faktanya mengonsumsi makanan bergizi bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk merawat rambut rusak. Karena dengan mengonsumsi makanan bergizi, maka kamu  membantu merawat rambut rusak dari dalam.

Beberapa makanan bergizi yang bisa bermanfaat untuk merawat rambut rusak adalah makanan yang mengandung protein dan omega 3. Seperti ikan kenari, kacang merah, stroberi, brokoli, dan tomat. Ssst, mengonsumsi rambut dari dalam juga bermanfaat untuk membuat rambut tampak lebih berkilau.

Mengatasi rambut rusak memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jangan lupa untuk telaten dan melakukan beberapa cara merawat rambut rusak di atas ya RoomMies.

BACA JUGA: Tidur dengan Rambut Basah Bisa Picu Gangguan Kesehatan Ini

Artikel Rekomendasi kami