Home > Lifestyle , Money & Career > Jangan Boros! Terapkan Cara Belanja Online yang Bijak Ini

Jangan Boros! Terapkan Cara Belanja Online yang Bijak Ini

Jangan Boros! Terapkan Cara Belanja Online yang Bijak Ini

Belanja online nampaknya kini sudah menjadi hobi baru bagi Anak Kost. Proses yang mudah, cepat, dan dapat dilakukan dimana saja menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang menyukai belanja secara online. Belanja online yang bijak harus selalu anak kost terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemudahan yang ditawarkan saat berbelanja online, menjadikan anak kost lebih konsumtif dan memicu sifat boros. Keinginan untuk tidak boros saat belanja online, seringkali kalah dengan banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan.

Jika tidak dikelola dengan baik, kebiasaan berbelanja online ini akan memberikan dampak buruk, karena banyak orang yang berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, melainkan untuk memanfaatkan momen diskon tersebut.

Cara Belanja Online yang Bijak

Nah, untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa cara belanja online yang bijak yang perlu anak kost lakukan, agar tidak lagi boros saat berbelanja online.

1. Manfaatkan Cashback

cashback online

Cashback merupakan jenis promo berupa potongan harga yang biasanya akan diberikan melalui virtual account atau e-payment dari masing-masing e-commerce. Cashback ini dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Untuk mendapatkan cashback, biasanya RoomMies harus melakukan pembelian dengan nominal tertentu tergantung ketentuan masing-masing e-commerce.

Pemberian promo cashback yang biasanya dilakukan brand tertentu memang terlihat kecil, hanya 2-7% dari total uang yang kamu belanjakan. Namun, jika dilakukan terus menerus, promo cashback yang terkumpul bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.  

Memanfaatkan cashback sama dengan menabung poin untuk kamu belanjakan di kemudian hari, agar nantinya kamu bisa berbelanja online dengan lebih hemat.  

2. Gunakan Kode Promo

promo code belanja online yang bijak

Memanfaatkan kode promo yang ditawarkan merchant menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan. Cobalah untuk rajin membuka notifikasi pemberitahuan pada aplikasi atau situs, dan temukan kode promo yang bisa digunakan.  

Menggunakan kode promo bisa menghemat uang belanja kamu 10-25%. Untuk itu, pastikan kamu tidak melewatkan kode promo apapun. 

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Di Bulan Ramadhan Untuk Anak Kost, Dijamin Untung!

3. Hindari Biaya Ongkos Kirim

free ongkir belanja online yang bijak

Ini dia jenis promo yang sedang gencar diterapkan oleh beberapa marketplace di Indonesia. Promo gratis ongkos kirim alias gratis ongkir memang memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, karena kamu sudah tidak lagi dibebankan biaya pengiriman hingga barang sampai ke alamat tujuan.

Namun, biasanya konsumen harus memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh beberapa marketplace. Syarat dan ketentuan itu biasanya berupa minimal pembelian.

Kamu bisa menyiasati hal ini dengan mengakumulasikan kebutuhan dan membelanjakannya pada satu waktu bersamaan. Seperti saat belanja bulanan atau mingguan, di mana ketika belanja kamu tidak hanya membeli satu atau dua barang. 

4. Membandingkan Harga

best price belanja online yang bijak

Salah satu kelebihan belanja online adalah bisa dengan mudah melihat dan membandingkan harga produk antar penjual di tiap lapak. Dengan sering melakukan observasi harga, belanja produk tertentu bisa lebih hemat karena kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang termurah. 

5. Belanja Ketika Diskon

big sale belanja online yang bijak

Berbagai situs e-commerce maupun marketplace kerap memberikan potongan harga hingga menjualnya dengan harga murah untuk menarik perhatian konsumen. kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membeli barang yang sedang dibutuhkan. 

Biasanya, hari-hari besar tertentu menjadi hari di mana berbagai brand memberikan potongan harga besar-besaran. Pastikan kamu tidak melewatkannya.

Artikel Rekomendasi kami