Home > Lifestyle > Work From Kost? Begini Cara Agar Tetap Produktif Meski Puasa

Work From Kost? Begini Cara Agar Tetap Produktif Meski Puasa

Work From Kost? Begini Cara Agar Tetap Produktif Meski Puasa

Duh, work from kost saat puasa memang banyak godaannya. Mulai dari tidur lagi sehabis sahur, bangun-bangun sudah azan Dzuhur, kerja sebentar pengennya lanjut tidur, padahal kerjaan kantor numpuk menunggu agar segera rampung. Belum lagi godaan untuk rebahan karena lemas berpuasa, tiba-tiba jam azan Ashar melantun tanda saatnya mempersiapkan bukaan. Sehabis buka, perut kekenyangan dan maunya kembali tidur. Terus ngerjain kerjaannya kapan dong? Jangan sampai puasa dijadikan alasan untuk leha-leha yang meninggalkan pekerjaan kantor, ya. Berikut ini adalah cara agar tetap produktif meski puasa saat work from kost. Simak, ya!

1. Jangan tidur lagi setelah sahur

Setelah bangun dan makan sahur, usahakan jangan tidur lagi. Kamu bisa menunggu datangnya azan Subuh kemudian lakukan kegiatan yang kamu suka. Misalnya baca buku, olahraga peregangan ringan, atau nonton berita pagi. Selain itu, tidur setelah makan sahur akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bersemangat seharian. Alasannya waktu sesudah subuh merupakan waktu di mana tubuh mulai melakukan metabolisme dan pemanasan. Jadi, jika kamu kembali tidur akan mengganggu metabolisme tersebut.

2. Dress up dan make up supaya mood kerja tetap up

Meskipun gak ke mana-mana, berdandan dan dress up seperti mau ke kantor tak ada salahnya lho, RoomMies. Kamu bisa memanipulasi otak kamu bahwa kamu akan bekerja, seperti biasanya. Pakai baju kantor dan memakai riasan akan membuat kamu lebih semangat untuk kerja. Ketika melihat ke cermin, kamu akan melihat dirimu lebih percaya diri dan akhirnya mood kamu pun semakin baik untuk tetap produktif.

BACA JUGA: Tips Fokus Kerja Saat Work From Kost

3. Siapkan to-do-list selama seminggu

“Udah ah, besok aja”. Kalau kalimat itu yang sering kamu ucapkan, coba buat daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan besok. Numpuk, kan? Nah, mending kamu kerjakan perlahan kemudian buat daftar yang belum kamu kerjakan untuk bisa dikerjakan selama seminggu. Jadi kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan saat esok hari tiba. Work from kost memang banyak sekali gangguan yang membuatmu tidak fokus kepada pekerjaan, untuk itu sangatlah penting untukmu membuat daftar harian yang harus kamu kerjakan.

4. Buat ruangan kerja sendiri

Jika ruangan kostmu punya gaya gravitasi yang kuat untuk rebahan terus, saatnya kamu buat ruangan kerja sendiri. Kalau tidak ada, buatlah suatu sudut yang bisa meningkatkan produktivitasmu. Misalnya pakai meja, kursi, dan suasana yang mendukung, seperti foto keluarga, penerangan yang cukup, poster kesukaanmu, atau speaker yang melantunkan lagu kesukaanmu.

 

Nah, itu tadi adalah cara agar tetap produktif meski puasa. Setelah kamu bekerja di kost seharian, saatnya produktif membuat sesuatu yang bisa memanjakan lidahmu. Kamu bisa membuat masakan yang praktis dan mudah dibuat seperti Nasi Jahe Ayam yang dibuat hanya bermodalkan rice cooker. Mau tahu cara membuatnya? Ikuti terus Instagram @RoomMe.id karena RoomMe sedang mengadakan rangkaian acara #SeribuUntukBangkit salah satunya #RoomMeCookingClinic yang menampilkan beragam resep yang bisa dibuat sendiri olehmu. Acara ini hadir setiap hari mulai tanggal 11-15 Mei 2020 di Instagram RoomMe. Selain menu barusan, kamu juga bisa menikmati menu lainnya yang kalah lezat. Selamat memasak #DiKostAja!

Artikel Rekomendasi kami