Home > Lifestyle > Bangun Sahur Susah? Ini Tips Yang Bisa Kamu Coba

Bangun Sahur Susah? Ini Tips Yang Bisa Kamu Coba

Bangun Sahur Susah? Ini Tips Yang Bisa Kamu Coba

Untuk sebagian orang terutama anak kost, bangun sahur adalah suatu hal yang sangat sulit dan memberatkan. Tinggal sendiri ditambah kebiasaan tidur larut malam, membuat anak kost kerap kali sahur dengan waktu yang berdekatan dengan imsak atau bahkan sama sekali tidak dapat bangun saat sahur.

Melewatkan sahur tentu bukanlah hal yang baik, karena dengan melewatkan sahur maka kamu tidak akan memiliki energi yang cukup untuk berpuasa seharian. Selain itu, melewatkan sahur juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan seperti dehidrasi, menurunnya keseimbangan tubuh, naiknya asam lambung hingga membuatmu kekurangan gizi.

Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk coba tips berikut agar kamu bisa bangun sahur tepat waktu.

1. Set Alarm

Untuk kamu yang sulit bangun sahur, ada baiknya kamu mengatur lebih dari satu alarm mulai dari pukul 03.00, 03.15, 03.30 hingga 03.40 dan gunakan nada dering yang keras. Selain itu tempatkan alarm di tempat yang sulit terjangkau dan jauh dari tempat tidur. Karena dengan begitu, mau tidak mau kamu akan bergerak untuk mematikan alarm dan bisa dipastikan kamu akan tidak akan tidur kembali.

Kamu juga bisa memasukkan alarm ke dalam gelas agar suara yang dihasilkan lebih nyaring.

2. Tidur Lebih Cepat

Kebiasaan tidur larut malam merupakan penyebab utama kenapa kamu bisa sulit bangun saat sahur. Karena itu, selama puasa usahakan untuk tidur lebih cepat daripada biasanya. Tunda semua kegiatan dan pekerjaan jika memungkinkan dan lanjutkan esok hari atau pada saat sahur.

Setidaknya tidurlah paling telat pukul 10 malam dan pasanglah alarm pengingat agar kamu segera tidur. Dengan tidur lebih cepat maka tubuh kamu akan memiliki waktu istirahat yang cukup. Dan jangan bermain smartphone sebelum tidur, karena dengan cahaya dari smartphone dapat mencegah tubuh memproduksi hormon melatonin sehingga kamu tidak akan mengantuk dan kualitas tidur kamu berkurang.

3. Minta Bantuan Orang Lain

Kamu bisa meminta bantuan teman kostmu untuk membangunkan kamu saat sahur. Atau kamu juga bisa meminta keluarga atau teman lain untuk membangunkan sahur via telepon. Dan minta mereka jangan berhenti menelpon sampai kamu bangun. Namun kamu jangan lupa untuk mengaktifkan nada dering di smartphone kamu ya.

4. Jangan Mengkonsumsi Kafein

Mengkonsumsi kafein bisa membuat otak tetap terjaga sehingga menghilangkan rasa kantuk. Karena itu, hindarilah mengkonsumsi kafein saat berbuka puasa. Kafein sendiri terdapat dalam kopi, teh dan coklat. Jadi hindari mengkonsumsi ketiga makanan tersebut saat berbuka puasa ya.

BACA JUGA:

5. Siapkan Makanan Sebelum Sahur

Masalah lainnya yang sering membuat anak kost melewatkan sahur adalah kesulitan bangun hingga membuat waktu untuk memasak tidak cukup. Solusinya, kamu bisa memasak dan menyiapkan makanan pada malam sebelumnya. Siapkan makanan kesukaanmu agar bangun sahur lebih semangat.

6. Mantapkan Niat

Sebelum tidur, kamu harus memantapkan niat untuk dapat bangun sahur esok hari. Yakinkan diri kamu jika kamu bisa bangun tepat waktu. Jika kamu niat bangun sahur dengan bersungguh-sungguh, maka Insya Allah kamu akan dapat bangun sahur tepat waktu.

Diatas merupakan tips yang bisa kamu gunakan agar dapat bangun sahur tepat waktu. Selamat berpuasa RoomMies.

Artikel Rekomendasi kami