Home > Lifestyle , RoomMe's Event > 7 Hal Makruh Selama Berpuasa yang Perlu Kamu Hindari

7 Hal Makruh Selama Berpuasa yang Perlu Kamu Hindari

7 Hal Makruh Selama Berpuasa yang Perlu Kamu Hindari

Saat menjalani puasa Ramadhan, seringkali kita melakukan hal-hal makruh, baik disengaja atau tidak. Melakukan hal-hal makruh memang tidak membatalkan ibadah puasa, tapi bisa mengurangi pahala berpuasa kamu.

Makruh sendiri adalah sebuah status hukum Islam. Mengerjakan hal-hal yang berstatus hukum makrum memang tidak akan mendapatkan dosa, namun jika ditinggalkan atau dijauhkan justru akan mendapatkan pahala.

Dengan kata lain, meninggalkan hal-hal yang dimakruhkan saat puasa Ramadhan akan mendapatkan berkah pahala. Sebaliknya, jika melakukannya justru akan mengurangi berkah pahala yang semestinya didapatkan.

Meski tidak dilarang, hal-hal yang bersifat makruh sebaiknya ditinggalkan selama melakukan puasa Ramadhan. Lantas, hal-hal apa saja yang dimakruhkan selama berpuasa?

Hal-hal Makruh Selama Puasa Ramadhan
1. Berlebihan dalam berkumur

Berkumur atau ber-istinsyaq (memasukan air ke dalam rongga hidung) adalah salah satu gerakan wudhu yang disunahkan. Namun, melakukan hal ini secara berlebihan ketika puasa hukumnya adalah makruh. Aktivitas ini dimakruhkan karena dikhawatirkan air dapat masuk ke dalam tenggorokan, sehingga bisa membatalkan ibadah puasa. Oleh karena itu, ada baiknya kamu tidak berkumur secara berlebihan saat berwudhu agar air tak tertelan ke dalam tenggorokan.

2. Tidur berlebihan

Dalam sebuah hadist, tidurnya orang berpuasa itu adalah ibadah. Kendati menjadi sebuah ibadah, tapi tidak sepantasnya dilakukan secara berlebihan bahkan sampai meninggalkan aktivitas lain, seperti salat, bekerja, sekolah, dan lainnya.

Maka dari itu, aktivitas satu ini dimakruhkan jika dilakukan secara berlebihan atau terlalu lama. Seperti misalnya, tidur dari siang hingga sore hari menjelang maghrib atau waktu berbuka puasa. Untuk itu, cobalah tetap beraktivitas normal dan melakukan ibadah lain selama puasa Ramadhan agar pahalanya semakin berlipat ganda.

3. Menyikat gigi

Sebenarnya menyikat gigi diperbolehkan ketika puasa Ramadhan, selama tidak menggunakan pasta gigi. Menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi dimakruhkan karena dikhawatirkan bisa tertelan ke dalam tenggorokan dan perut. Jika kamu khawatir pahala puasa kamu berkurang, lebih baik tidak melakukannya aktivitas satu ini di setelah setelah waktu dzuhur, ya.

4. Bergunjing/gosip

Baik saat bulan Ramadhan atau tidak, bergunjing atau bergosip adalah salah satu perbuatan buruk yang tidak boleh dilakukan. Aktivitas satu ini dimakruhkan selama bulan puasa, karena bisa merugikan orang lain dan juga diri sendiri. Hal ini karena waktu yang seharusnya digunakan untuk beribadah justru terbuang sia-sia hanya untuk membicarakan keburukan dari orang lain. Maka dari itu, jauhilah perbuatan makruh satu ini agar pahala puasa kamu tetap terjaga dan tidak sia-sia.

5. Membayangkan hal tidak senonoh

Membayangkan atau memikirkan hal tidak senonoh saat bulan puasa termasuk makruh hukumnya. Hal ini dikarenakan, aktivitas tersebut dapat mendorong seseorang melakukan hubungan badan dan memicu keluarnya air mani yang bisa membatalkan puasa. Selain merusak puasa, aktivitas ini juga dapat menimbulkan dosa bagi orang yang melakukannya.

6. Memandang lawan jenis berlama-lama

Memandang lawan jenis berlama-lama hukumnya juga makruh saat berpuasa. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa membangkitkan nafsu syahwat yang akan berpotensi merusak puasa. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memandang lawan jenis berlama-lama agar puasa kamu tidak sia-sia.

7. Mandi sambil berendam

Hal makruh saat puasa selanjutnya adalah mandi sambil berendam. Pasalnya, aktivitas ini memungkinkan air masuk ke dalam tubuh seseorang, baik melalui hidung, mulut, dan bagian tubuh lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya mandi secukupnya saja dan tidak perlu sambil berendam.

Nah itulah tujuh hal makruh saat puasa yang perlu kamu hindari. Daripada kamu melakukan hal-hal makruh di atas, lebih baik kamu mempersiapkan diri untuk menikmati RoomMe Music. Live Streaming Music Virtual yang diadakan oleh RoomMe ini akan menampilkan 12 musisi dalam negeri yang siap menghibur dan menemani kamu sambil menunggu waktu berbuka.

Acara RoomMe Music ini akan ditayangkan live melalui Instagram RoomMe pada Jumat, 8 Mei 2020 pukul 15.00. Dalam acara tersebut, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam donasi #SeribuUntukBangkit yang diadakan oleh RoomMe dan Pedulisehat.id.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk persiapkan diri kamu untuk ikut menyanyi bersama dalam acara tersebut.

 BACA JUGA: 

Artikel Rekomendasi kami