Home > Lifestyle > 4 Tips Mengurangi Screen Time pada Gadget

4 Tips Mengurangi Screen Time pada Gadget

4 Tips Mengurangi Screen Time pada Gadget

RoomMies, screen time ternyata tidak hanya perlu dibatasi untuk anak-anak saja loh, tapi juga orang dewasa.

Pada dasarnya screen time merupakan waktu yang digunakan seseorang untuk menggunakan gadget, seperti handphone, televisi, ataupun laptop untuk melakukan kegiatan yang menghibur diri. Misalnya mendengarkan musik, menonton video, dan membaca buku secara digital. Gadget memang sangat membantumu melakukan aktivitas sehari-hari, namun jika dilakukan secara berlebihan bisa memberikan efek negatif. Sebut saja, kualitas tidur menurun, menurunkan konsentrasi kerja, dan memicu stres. 

Lalu bagaimana cara membatasi screen time pada orang dewasa? Yuk, simak caranya di bawah ini. 

Ragam Cara Mengurangi Screen Time 

Meskipun tampak sederhana, untuk beberapa orang mengurangi waktu penggunaan gadget merupakan hal yang sulit untuk dilakukan loh RoomMies. Ikuti beberapa cara berikut ini, ya.

1. Hindari membawa gadget ke tempat tidur

Tidak bisa dipungkiri memang, saat mungkin ini banyak orang yang membawa gadget ke tempat tidur. Padahal hal ini tidak baik untuk dilakukan loh. Karena bisa meningkatkan waktu penggunaan gadget yang berakibat pada menurunnya kualitas tidurmu.

2. Rutin olahraga di luar ruangan

RoomMies ingin mendapatkan tubuh yang sehat sekaligus terhindar dari stres? Yuk, mulai sekarang biasakan diri untuk olahraga di luar ruangan. Gak perlu cara yang ribet kok RoomMies. RoomMies cukup jalan kaki, jogging, bersepeda, ataupun sekedar melakukan yoga di halaman belakang kostan. 

BACA JUGA: Jangan Dijual! Ini 5 Cara Memanfaatkan Smartphone Lama Kamu!

3. Hentikan kebiasaan membawa gadget ke kamar mandi

Hayo siapa yang masih suka membawa gadget ke kamar mandi untuk sekedar mendengarkan musik atau membuka sosial media? Jika RoomMies masih sering melakukan hal ini, sebaiknya hentikan saat ini juga ya. Karena dilansir dari inc, menghentikan kebiasaan membawa gadget ke kamar mandi juga merupakan salah satu merupakan langkah sederhana untuk menghentikan kebiasaan.

4. Paksa diri sendiri untuk membatasi screen time

Sesekali gak ada salahnya kok RoomMies sedikit keras pada diri sendiri demi kebaikan diri sendiri, misalnya dengan memaksa diri sendiri untuk membatasi screen time. Karena bagaimanapun juga jika ‘dipaksa’ diri sendiri, hal ini bisa lebih efektif loh.

RoomMies juga bisa memaksa diri sendiri dengan cara yang mudah loh. Misalnya RoomMies berjanji pada diri sendiri untuk tidak akan membuka gadget sampai semua pekerjaan benar-benar selesai atau 4 jam sebelum tidur di malam hari. 

Selain itu, bila perlu RoomMies bisa menghapus atau uninstall aplikasi media sosial atau aplikasi game di handphone

RoomMies ternyata tidak sulitkan untuk membatasi penggunaan gadget. Apalagi dengan membatasi penggunaan gadget, maka RoomMies secara tidak langsung bisa mengurangi risiko tubuh mendapatkan dampak negatif seperti yang telah di tuliskan di atas. 

Artikel Rekomendasi kami