Home > Food , Lifestyle > 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Selama Berpuasa

4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Selama Berpuasa

4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Jadikan Tubuh Lebih Sehat Selama Berpuasa

Memasuki bulan Ramadhan, umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Selain sebagai bagian dari amalan di saat bulan suci, puasa juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Banyak orang awam menilai puasa memiliki resiko menurunkan kesehatan karena harus menunda makan selama kurang lebih 8 jam sampai waktu berbuka tiba.

Hal tersebut tidaklah benar karena penyerapan nutrisi pada tubuh memakan waktu sampai 8 jam. Artinya tubuh tetap mampu menahan makan selama kurun waktu tersebut. selama asupan puasa dilakukan dengan benar, maka manfaat puasa untuk kesehatan pun akan Roommies rasakan.

Lantas, apa saja manfaat berpuasa untuk kesehatan? Berikut ulasannya

1. Dapat Membantu Dalam Memperbaiki Kondisi Medis

Pola makan yang sehat ketika berpuasa menjadi hal penting yang harus kamu terapkan. Jika pola makan baik ketika puasa dilakukan, maka puasa dapat dalam memperbaiki kondisi kondisi medis seseorang. Puasa sendiri mampu untuk memperbaiki kondisi penyakit kulit, radang sendi bahkan sampai dengan radang usus besar.

Pastikan untuk menjalankan ibadah puasa dengan pola makan yang baik dan sehat baik saat sahur maupun saat berbuka.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat lainnya dari puasa adalah dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Bahkan risiko dari orang yang berpuasa setidaknya sebulan sekali memiliki tingkat ressiko penyakit jantung yang lebih rendah yakni mencapai 58%.

Selain jantung, ternyata puasa juga mampu menurunkan resiko diabetes karena penurunan resistensi insulin yang terjadi pada tubuh orang yang berpuasa. Resistensi insulin inilah yang mengakibatkan penyakit diabetes.

Namun ingat, bukan hanya karena puasa semua manfaat tersebut lantas langsung Roommies dapatkan. Manfaat puasa ini akan didapkan ketika puasa dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat serta tetap rajin melakukan olahraga.

Jika kamu hanya tidur seharian dan makan makanan berlemak dan berminyak, manfaat puasa pun tidak akan  terjadi.

BACA JUGA:

  1. Mengurangi Resiko Kanker

puasa juga ternyata mampu mengurangi resiko kanker. Namun, dibutuhkan penelitian lebih mendalam mengenai manfaat puasa yang satu ini. namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh. konsumsi sayuran, buah dan minum cukup air dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ketika berpuasa.

  1. Menjaga Berat Badan

Manfaat puasa bagi kesehatan lainnya adalah mampu menjaga berat badan.  Berat badan sendiri akan menurun ketika asupan makanan serta kalori menjadi turun ketika berpuasa. Hal ini bisa menjadi cara yang tepat untuk Roommies yang mengalami kegemukan.

Namun, yang perlu diingat adalah tidak perlu makan berlebih ketika berbuka maupun sayur. Batasi konsumsi makanan manis serta tinggi gula. Asupan makanan ketika buka puasa dan sahur akan sangat mempengaruhi berat badan seseorang.

Penurunan berat badan berlebih sendiri dangat baik untuk kesehatan bahkan mampu untuk mengandalikan tekanan darah serta diabetes.

 

Artikel Rekomendasi kami