Home > Health > Vegan VS Vegetarian, Pengertian, Dampak Kesehatan, dan Perbandingannya

Vegan VS Vegetarian, Pengertian, Dampak Kesehatan, dan Perbandingannya

Vegan VS Vegetarian, Pengertian, Dampak Kesehatan, dan Perbandingannya

Karena manfaat kesehatan yang luar biasa, kini baik vegan maupun vegetarian menjadi gaya hidup yang dianut oleh banyak orang. Meskipun sama-sama tidak mengonsumsi produk hewani, beberapa orang menemukan perbedaan dari pola makan ini agak membingungkan, terutama karena ada beberapa variasi dari para vegetarian. Kita bahas vegan vs vegetarian, yuk!

Apa Itu Vegetarian?

Menurut Vegetarian Society, vegetarian adalah orang yang tidak memakan produk atau hasil turunan dari penyembelihan hewan. Vegetarian tidak mengonsumsi:

– Daging sapi, daging babi, dan daging hewan buruan.
– Unggas, seperti ayam, kalkun, bebek.
– Ikan, kerrang, seafood
– Jenis protein hewani lainnya

Namun, banyak vegetarian yang mengonsumsi produk turunan dari hasil penyembelihan hewan, seperi:

– Telur
– Produk susu, keju, yoghurt
– Madu

Vegetarian biasanya mengonsumsi berbagai macam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta pengganti daging yang berasal dari tumbuhan.

Vegetarian tidak sekadar vegan, jadi ada beberapa variasi pola makan vegetarian. Yang terdiri dari:

Lacto-ovo-vegetarian

Orang yang mengikuti diet ini menghindari semua jenis daging dan ikan, tetapi mengonsumsi produk susu dan telur.

Lacto-vegetarian

Orang dengan diet ini tidak makan daging, ikan, atau telur, tetapi mengonsumsi produk susu.

Ovo-vegetarian

Orang yang mengikuti diet ini tidak makan daging, ikan, atau produk susu, tetapi mengonsumsi telur.

Pescatarian

Jenis diet ini menghindari semua jenis daging merah kecuali ikan dan berabgai jenis makanan laut. Banyak yang menyebut pescatarian adalah semi-vegetarian atau fleksibel.

Apa Itu Vegan?

Vegan atau veganisme adalah bentuk vegetarian yang lebih ketat. Para vegan menghindari konsumsi dan penggunaan produk hewani maupun turunannya.

Vegan Society mendefinisikan vegan sebagai cara hidup yang berusaha untuk mengecualikan, sejauh mungkin dan sebisa mungkin semua bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan untuk makanan, pakaian, atau tujuan lainnya.
Para vegan dengan tegas menghindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung daging, unggas, ikan dan kerang, telur, produk susu, madu, serangga, gelatin, dan jenis protein hewani lainnya.

Prinsip hidup ini juga menghindari produk apa pun yang secara langsung atau tidak langsung penggunaan hewan untuk manusia. Seperti, kulit wol, sutra, beeswax, sabun, kosmetik yang menggunakan protein hewan, dan lainnya yang melibatkan hewan. Bahkan banyak vegetarian yang menghindari produk yang melibatkan pengujian hewan.

Dampak Kesehatan

Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa pola makan vegetarian dan vegan menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Seperti yang dikutip dari National Institute of Health pada tahun 2017 mengatakan, kedua pola makan ini dapat meminimalisir penyakit, seperti:

– Diabetes tipe 2
– Serangan jantung iskemik
– Tekanan darah tinggi
– Kolesterol tinggi

Vegan VS Vegetarian, Mana yang Lebih Sehat?

Sebenarnya kedua pola makan tersebut menawarkan manfaat kesehatan yang serupa dan umumnya mendorong orang untuk makan lebih banyak makanan utuh yang kaya antioksidan dan padat nutrisi.
Jadi, sulit untuk mengatakan diet mana yang lebih menyehatkan karena kedua diet ini memiliki kekurangan dan kelebihan.
Misalnya, lacto-vegetarian bisa mendapatkan kalsium, fosfor, dan vitamin D dari produk susu. Tapi juga merugikan bagi para lactose intolerant.

Vegan juga berisiko mengalami defisiensi asam lemak omega-3 esensial, khususnya dalam EPA dan DHA, bahkan jika mengonsumsi sumber nutrisi ini dari tumbuhan. DHA diperlukan untuk fungsi otak dan kognisi serta untuk menghindari kabut otak, kesulitan memori, dan banyak lagi. Vegetarian dan pescatarian dapat memperoleh EPA dan DHA dengan lebih mudah dari telur dan makanan laut.
Jadi jika ingin membandingkan mana yang lebih sehat, sesuaikan dengan kondisi dan metabolisme tubuhmu.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami