Home > Health > Sakit Tangan Karena Terlalu Lama Menggunakan handphone? Ini Solusinya

Sakit Tangan Karena Terlalu Lama Menggunakan handphone? Ini Solusinya

Sakit Tangan Karena Terlalu Lama Menggunakan handphone? Ini Solusinya

Terlalu sering menggunakan handphone entah untuk bekerja, bermain sosial media, ataupun membaca e-book memang bisa memicu sakit tangan. Namun, jangan khawatir karena hal ini bisa diatasi dan dicegah dengan beberapa mudah loh, RoomMies.

Sakit tangan akibat terlalu sering menggunakan handphone biasanya disebabkan oleh menegangnya otot yang ada di sekitar telapak tangan. Selain karena terlalu lama menggunakan handphone, hal ini bisa dipicu oleh beberapa hal. Seperti postur tubuh yang kurang baik saat menggunakan handphone. Sakit tangan biasanya juga disertai dengan gejala bengkaknya tangan dan tangan yang terasa kaku.

Ragam Cara Mengatasi Sakit Tangan Karena Terlalu Lama Menggunakan Handphone

Jika RoomMies mengalami nyeri tangan akibat terlalu sering menggunakan handphone, beberapa hal mudah yang bisa RoomMies lakukan, yaitu:

1. Lakukan perenggangan atau stretching tangan

Sesibuk-sibuknya RoomMies menggunakan handphone, jangan lupa untuk rutin melakukan perenggangan tangan ya. Hal ini bermanfaat untuk mengatasi otot-otot yang tegang dan membuat otot tangan lebih rileks.

2. Pijat tangan

Hal mudah lain yang bisa RoomMies lakukan untuk mengatasi nyeri tangan adalah dengan memijat tangan secara rutin. Gak perlu cara yang ribet sampai membutuhkan bantuan orang lain kok untuk memijatnya. RoomMies cukup memijat satu tangan dengan tangan lain secara perlahan dan penuh kelembutan. Hal ini juga bermanfaat untuk membuat otot tangan lebih rileks.

3. Kompres dengan air hangat atau air dingin

Nah, kalau cara mengatasi yang satu ini, cocok banget RoomMies lakukan saat berada di kost. Caranya juga cukup mudah kok. RoomMies cukup mengompres bagian tangan yang sakit menggunakan waslap yang telah dicelupkan ke air hangat atau air dingin, selama beberapa menit.

BACA JUGA:

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Bila perlu RoomMies juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk megatasi nyeri tangan. Seperti ibuprofen atau acetaminophen (tylenol).

Pereda nyeri bermanfaat untuk mengatasi otot yang tegang sekaligus mengatasi bengkak tangan. RoomMies bisa memilih air dingin atau air hangat sesuai dengan selera. Saat mengompres tangan, pastikan tubuh dan tangan RoomMies benar-benar dalam keadaan rileks, ya. Karena hal ini juga sangat berpengaruh dalam proses pemulihan loh.

Namun, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi atau mengoleskan krim pereda nyeri, ya.

 

RoomMies, juga bisa mencegah sakit tangan dengan beberapa cara mudah. Seperti membatasi penggunaan handphone, rutin melakukan istirahat saat menggunakan telepon genggam, gunakan postur yang baik saat menggunakan handphone, dan lakukan stretching.

Sakit tangan akibat terlalu lama bermain handphone kadang memang terlihat sederhana, namun jika dibiarkan hal ini bisa menyebabkan terganggunya produktivitas saat beraktivitas. Oleh karena itu, jika RoomMies mengalami gejala sakit tangan jangan lupa untuk segera melakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya, ya.

Artikel Rekomendasi kami