Home > Health > 5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Yang Anak Kost Harus Tau

5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Yang Anak Kost Harus Tau

5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda Yang Anak Kost Harus Tau

Rambut beruban selalu identik dengan bertambahnya usia yang semakin tua karena rata-rata orang yang beruban ialah berumur diatas 40 tahun. Namun ternyata uban tidak hanya muncul pada orang-orang berusia tua saja loh RoomMies. Karena kamu yang berusia dua puluhan atau bahkan belasan juga bisa loh memiliki uban. Rambut beruban sendiri ditandi dengan perubahan warna rambut menjadi putih atau keabu-abuan.

Faktor Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda

Dilansir Alodokter, melanin atau zat warna dalam tubuh seseorang bisa berubah seiring berjalannya waktu yang salah satunya juga menyebabkan perubahan warna pada rambut. Biasanya orang-orang beranggapan, rambut yang beruban pada usia muda berkaitan dengan tingkat stres dan emosi seseorang. Padahal penyebab rambut beruban bukan hanya dua hal tersebut loh. Ada berbagai penyebab rambut beruban di usia muda lainnya, penasaran? Yuk cek faktor penyebabnya berikut ini.

1. Kekurangan Vitamin

penyebab rambut beruban karena kekurangan vitamin

Source: Pexels

Salah satu penyebab rambut beruban di usia muda adalah kurangnya konsumsi vitamin pada tubuh. Vitamin-vitamin tersebut ialah B6, B12, biotin, vitamin D dan vitamin E. Bukan hanya uban, kekurangan vitamin B12 juga menyebabkan kerontokan pada rambut. Hal tersebut sejalan dengan penelitian International Journal of Trichology yang dilansir dari Klikdokter. Dalam penelitian tersebut jika kadar serum ferritin, kolesterol HDL dan B12 pada responden berusia di bawah 25 tahun yang beruban cenderung lebih rendah. Untuk mengatasinya, maka konsumsi makanan bernutrisi seperti telur, susu hingga daging unggas.

2. Faktor Keturunan

penyebab rambut beruban karena faktor keturunan

Source: BBC

Bukan hanya kekurangan vitamin saja, faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut beruban di usia muda. Hal tersebut berdasarkan laporan Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada 2013 jika uban pada rambut bisa muncul karena faktor genetik, etnis dan ras. Seperti ras kaukasia yang mengalami pemutihan atau uban di rambut pada usia 20an. Jadi jika menemukan uban pada rambut kamu, kamu bisa menanyakan pada orang tua apakah mereka juga mengalami hal yang sama ketika usia muda.

BACA JUGA:

3. Merokok

penyebab rambut beruban karena merokok

Source: Pexels

Jika kamu perokok dan memiliki rambut putih atau uban di usia 20 tahunan, maka jangan menyalahkan umur ya. Karena uban juga bisa muncul karena faktor kamu sebagai perokok. Merokok memang bukanlah gaya hidup sehat dan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk rambut beruban. Dalam sebuah penelitian, membuktikan jika seorang perokok memiliki resiko tumbuhnya uban pada rambutnya 2,5 kali lebih cepat sebelum memasuki umur 30 tahun. Selain itu, pria perokok juga menjadi penyebab rambut lebih cepat beruban.

4. Stres

stress

Source: Pexels

Seperti yang disebutkan di awal, stres merupakan salah satu faktor penyebab rambut memutih. Dilansir Halodoc, saat kamu stres maka sistem pada tubuh akan melepaskan neurotransmitter norepinefrin. Norepinefrin sendiri akan merusak sel-sel induk melanosit yang bertugas untuk meregenerasi warna pada folikel rambut. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang Harvard University dan New York University lakukan.

5. Kondisi Medis Tertentu

autoimun

Source: iStockphoto

Kondisi medis tertentu seperti autoimun ternyata menjadi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut memutih. Hal itu karena gangguan autoimun merusak sel-sel yang bertugas untuk memproduksi pigmen. Bukan hanya autoimun, masalah tiroid juga bisa menyebabkan rambut memutih lebih cepat. Gangguan tiroid juga bisa menyebabkan rambut berminyak dan rapuh.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Jika uban sudah terlanjur muncul, maka tidak ada cara untuk menghilangkannya kecuali dengan mencabut ataupun mewarnainya. Namun kamu bisa mencegah agar uban tidak muncul di usia muda. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak rambut yang mengandung biotin dan hentikan kebiasaan merokok.

Artikel Rekomendasi kami