Home > Health > Pentingnya Melakukan Self-Love untuk Kesehatan

Pentingnya Melakukan Self-Love untuk Kesehatan

Pentingnya Melakukan Self-Love untuk Kesehatan

Seorang penulis yang bernama Wayne Dyer pernah mengatakan “Kamu tidak akan bisa mencintai orang lain dengan sepenuhnya, tanpa mencintai diri sendiri (self-love)”. Tapi sebenarnya apa sih self -ove itu dan bagaimana cara melakukannya? Yuk, cari tahu. 

Self-love atau mencintai diri sendiri adalah proses menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri apa adanya. Tanpa adanya tindakan ‘menekan’, menyakiti, atau menyalahkan diri sendiri. Jadi, kebayang kan betapa pentingnya kamu menerapkan mencintai diri sendiri

Manfaat Self-Love untuk Diri Sendiri

Meskipun terlihat sederhana, pada dasarnya mencintai diri sendiri memiliki manfaat untuk diri sendiri loh RoomMies, beberapa di antaranya adalah:

1. Meningkatkan kekuatan dan energi tubuh

Menerima diri sendiri dengan mencintai diri sendiri bukan berarti kamu bisa santai dan malas-malasan dalam mengerjakan suatu hal. Sebaliknya, menerima diri sendiri dengan mencintai diri sendiri bisa semakin memicu diri untuk melakukan segala hal yang terbaik untuk diri sendiri. Sehingga, secara tidak langsung, energi dalam tubuh untuk mengerjakan segala sesuatu hal dengan sebaik mungkin pun akan terpupuk.

2. Meningkatkan produktivitas

RoomMies kadang merasa kurang produktif saat mengerjakan pekerjaan kantor atau ketika melakukan aktivitas lain? Jika iya, mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi hal ini, loh, karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas.

Kenapa? Karena, salah satu bentuk mencintai diri sendiri adalah menerima kekurangan diri dan menerima sendiri apa adanya dalam segala hal. Maka, jika suatu saat kamu mengalami kegagalan, secara tidak langsung kamu akan menyadari bahwa hal tersebut wajar dan terjadi. 

Oleh karena itu, kamu biasanya akan langsung termotivasi untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dalam segala hal. Hal inilah yang kemudian bisa bermanfaat meningkatkan produktivitasmu.

3. Mengurangi stres

Dilansir dari psychology today, melakukan self-love terbukti bermanfaat untuk mengurangi stres. Hal ini karena saat mencoba mencintai diri sendiri dan menerima semua kekurangan serta kelebihan dalam diri. Maka, tubuh akan mengeluarkan banyak hormon kortisol yang bermanfaat untuk mengurangi stres dalam tubuh.

Yuk, Praktikkan Self -Love dalam Kehidupan Sehari-hari!

Mencintai diri sendiri bisa dipraktekkan dengan cara yang sangat mudah, loh, bahkan RoomMies bisa menerapkannya saat #DiKostAja

1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

RoomMies kadang masih sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain? Kalau iya, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan ini, ya, RoomMies. Karena setiap orang memiliki ‘zona waktunya’ masing-masing. Jadi, berhentilah membandingkan diri sendiri dan fokuslah pada hal-hal yang bisa membantumu untuk meningkatkan karir atau impianmu.

2. Ikuti passion atau minatmu

Setiap orang pasti memiliki passion-nya masing-masing. Namun, tidak bisa semua orang bisa beruntung karena bekerja di bidang yang sesuai passion-nya. Namun, hal ini tidak berarti kamu harus melupakan passion kamu,loh. RoomMies tetap bisa melakukan passion di waktu senggang. Misalnya, di hari libur atau di malam hari ketika semua pekerjaaan sudah selesai. Karena ternyata mengikuti passion juga termasuk salah satu bentuk mencintai diri sendiri. 

3. Memaafkan diri sendiri

Memaafkan diri sendiri atas semua kesalahan yang mungkin telah diperbuat, bisa jadi terlihat sederhana. Namun, untuk beberapa orang hal ini terasa sangat sulit untuk dipraktikkan. Tapi, enggak ada salahnya, loh, jika mulai sekarang RoomMies mencoba untuk memaafkan diri sendiri demi bisa mendapatkan beberapa manfaat mencintai diri sendiri seperti di atas.

Walau bagaimana pun mencintai diri sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum kamu bisa mencintai orang lain dengan seutuhnya. Selamat mencoba!

Artikel Rekomendasi kami