Home > Health > Nyeri Haid Menganggu? Ini Tips Mengatasinya!

Nyeri Haid Menganggu? Ini Tips Mengatasinya!

Nyeri Haid Menganggu? Ini Tips Mengatasinya!

Haid atau menstruasi merupakan siklus normal yang terjadi pada setiap wanita setiap bulannya. Ada sebagian besar wanita yang sering mengalami nyeri haid atau dismenore dengan intensitas yang berbeda-beda. Setidaknya ada 3 dari 4 wanita mengalami nyeri haid ringan dan 1 dari 10 wanita mengalami nyeri haid berat.

Nyeri haid disebabkan karena kontraksi pada otot dinding rahim. Dismenore juga bisa disebabkan oleh gangguan pada sistem reproduksi wanita seperti endometriosis, stenosis leher rahim, radang panggul, fibroid, Intrauterine device (IUD) hingga adenomiosis.

Dismenore terkadang memang bisa menganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa wanita memilih untuk mengonsumsi obat pereda nyeri haid, namun ada juga yang lebih memilih mencoba cara-cara alami seperti di bawah ini.

1. Konsumsi Teh Kamomil

Daripada mengkonsumsi teh biasa saat menstruasi, ada baiknya kamu mencoba mengkonsumsi teh kamomil yang memiliki efek relaksasi yang membantu saat kamu mengalami nyeri haid. Beberapa penelitian menyebutkan jika mengkonsumsi teh kamomil selama sebulan mampu membantu mengurangi nyeri karena haid.

2. Olahraga

Beberapa orang mengatakan jika olahraga perlu dihindari selama menstruasi, padahal pernyataan tersebut tidaklah benar. Karena saat haid, olahraga justru dianjurkan. Olahraga dapat membantu menurunkan efek hormon prostaglandin yang menyebabkan kram otot karena kontraksi rahim. Kamu bisa berolahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, menari atau pilates.

Dengan berolahraga, maka tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA:

3. Kompres Air Hangat

Kamu bisa mengompres bagian perut yang sakit guna meredakan nyeri. Kamu dapat menggunakan handuk hangat atau botol yang berisikan air hangat dan menempelkannya pada perut.

Mengompres perut menggunakan air hangat membuat otot disekitar rahim menjadi rileks sehingga mengurangi rasa sakit. Selain mengompres, kamu juga bisa mandi menggunakan air hangat untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang.

4. Jaga Pola Makan

Agar dismenore tidak bertambah parah, selama haid kamu harus menjaga pola makan dan kurangi makanan yang dapat memperparah rasa sakit. Beberapa makanan yang harus kamu hindari adalah:

  • Kopi karena dapat membuat rasa sakit semakin parah karena kandungan kafein di dalamnya.
  • Makanan berlemak karena dapat meningkatkan prostaglandin dalam tubuh.
  • Produk susu seperti keju, es krim dan keju dapat memperparah nyeri haid karena kandungan asam arakidonat di dalamnya.

Untuk itu konsumsilah makanan sehat yang dapat mengurangi nyeri menstruasi seperti pisang, telur, salmon, dark chocolate, brokoli dan yogurt rendah lemak. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih ya, RoomMies.

5. Relaksasi

Kamu bisa melakukan relaksasi yang dapat mengurangi nyeri dan membuat otot yang tegang menjadi rileks. Kamu bisa melakukan meditasi, yoga atau pijat.

Agar tubuh semakin rileks, kamu bisa menggunakan minyak esensial seperti minyak almond atau campuran lavender, cengkeh, kayu manis, dan rose untuk mengurangi kram menstruasi.

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk meredakan nyeri haid. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi kami