Home > Health > Pentingnya Matikan Lampu Sebelum Tidur Saat Tidur Sendiri Di Kost!

Pentingnya Matikan Lampu Sebelum Tidur Saat Tidur Sendiri Di Kost!

Pentingnya Matikan Lampu Sebelum Tidur Saat Tidur Sendiri Di Kost!

RoomMies mungkin sudah familiar dengan anjuran untuk tidur malam selama 7-9 jam per hari untuk menjaga tubuh selalu bugar saat bangun di pagi hari. Namun, apakah kamu juga mengetahui anjuran matikan lampu saat tidur di malam hari sangat baik untuk kesehatan?

Ya, tidur dengan atau tanpa lampu ternyata sangat mempengaruhi kualitas tidur kamu. Idealnya, lampu harus dimatikan saat tidur untuk merangsang produksi hormon melatonin, hormon di otak yang mengatur siklus maupun kualitas tidur.

Hormon melatonin adalah hormon yang membantu kita untuk bisa tidur. Melatonin akan semakin tinggi bila kamu berada di tempat gelap, misalnya di kamar kost pada malam hari dengan lampu dimatikan. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa rileks dan siap untuk beristirahat sehingga kamu bisa tidur dengan lelap dan kualitas tidur terjaga.

Sebaliknya, ‘hormon Drakula’ ini akan menurun seiring dengan paparan sinar yang kamu terima. Tidak heran jika kamu tidur dalam kondisi lampu dinyalakan, kamu akan merasa tidur kurang berkualitas dan bangun sebelum tubuh cukup beristirahat.

Manfaat Matikan Lampu Saat Tidur

Anjuran untuk matikan lampu saat tidur bukan tanpa alasan. Langkah ini akan menaikkan kadar hormon melatonin di dalam tubuh yang kemudian dapat membuat kamu beristirahat dengan lebih baik.

Dengan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas, kamu akan merasakan manfaatnya dari segi kesehatan, seperti:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kurang tidur kerap dihubungkan sebagai salah satu faktor risiko kenaikan tekanan darah dan kolesterol. Kedua kondisi ini juga dapat membuat kamu lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke, apalagi jika kamu sering tidur kurang dari 7-9 jam setiap hari.

BACA JUGA: 9 Langkah Selamatkan Anak Kost Saat Henti Jantung Mendadak

2. Mengurangi stres

Stres bisa timbul ketika tubuh terlalu dipaksa beraktivitas di saat seharusnya diistirahatkan. Kondisi ini juga bisa mengarah pada insomnia dan naiknya tekanan darah, yang bila terjadi secara terus menerus dapat membuat kamu rentan terkena penyakit jantung maupun stroke.

Kurang tidur karena stres juga dapat membuat kamu lebih rentan terkena depresi. Kondisi ini juga disebabkan oleh menurunnya level hormon serotonin di dalam tubuh yang salah satunya disebabkan oleh tubuh yang kurang beristirahat.

3. Meningkatkan stamina

Saat tubuh beristirahat dengan cukup, kamu akan bangun dengan kondisi segar keesokan harinya. Level energi juga akan meningkat sehingga kamu dapat melakukan lebih banyak aktivitas fisik, sekalipun yang memerlukan stamina tinggi.

4. Mencegah kanker

Tahukah kamu bahwa matikan lampu saat tidur juga dapat mencegah kanker payudara dan kanker usus? Ya, penelitian menyatakan produksi melatonin yang sesuai porsinya dapat mencegah berkembangnya sel-sel tumor yang mengarah pada kanker.

5. Meningkatkan daya ingat

kamu kerap mengeluh sering melupakan hal-hal kecil? Cobalah matikan lampu sebelum tidur. Ketika kamu tidur lelap, tubuh akan beristirahat sedangkan otak justru akan bergerak aktif memperbaiki hubungan antar saraf yang akan membuat ingatan kamu lebih baik di kemudian hari.

6. Menyehatkan tubuh secara keseluruhan

Bukan hanya otak yang memperbaiki dirinya ketika kamu tidur, metabolisme tubuh pun melakukan hal yang sama. Dengan matikan lampu, kamu membantu tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet, stres, maupun polusi dan zat lain yang merugikan kesehatan.

Tubuh kamu juga memproduksi lebih banyak protein saat kamu terlelap. Protein yang merupakan pondasi sel-sel sehat ini diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut.

Tips Agar Bisa Tidur Dalam Gelap Di Kost

Sayangnya bagi sebagian orang, tidur tanpa matikan lampu sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Meski demikian, tidak pernah ada kata terlambat bagi kamu untuk mulai mengubahnya secara perlahan dengan langkah sederhana berikut ini:

  • Singkirkan benda-benda elektronik yang memancarkan sinar dari kamar kost kamu, misalnya televisi dan telepon genggam.
  • Gunakan gorden atau penutup jendela yang solid dan tidak tembus cahaya.
  • Cobalah tidur dan bangun di jam yang sama untuk mengatur jam biologis kamu.
  • Sebisa mungkin jangan tidur siang.
  • Berolahraga atau bergerak aktif di siang dan sore hari agar tubuh merasa lelah di malam harinya.
  • Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan makanan berat di malam hari.

Kamu bisa menambahkan rutinitas yang membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur, seperti membaca buku (bukan e-book), mandi air hangat, atau meditasi.

Untuk memastikan kamu bangun pagi, atur alarm dengan jam weker. Saat mata sudah terbuka, sesegera mungkin cari sumber sinar (matahari atau lampu) untuk menurunkan kadar melatonin sehingga tubuh berangsur menjadi terjaga dan siap untuk beraktivitas kembali.

Artikel Rekomendasi kami