Home > Food , Health > Timun Suri Segar Untuk Buka Puasa, Bermanfaat Juga Buat Kesehatan

Timun Suri Segar Untuk Buka Puasa, Bermanfaat Juga Buat Kesehatan

Timun Suri Segar Untuk Buka Puasa, Bermanfaat Juga Buat Kesehatan

Timun suri merupakan salah satu buah yang sering tersaji sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadan. Teksturnya yang lembut dan mengandung banyak air terasa segar begitu dicampur dengan susu atau sirup dan disajikan dalam keadaan dingin. Karena itu, cocok menjadi pilihan takjil berbuka puasa.

Meski namanya ‘timun’, timun suri tidak termasuk keluarga timun. Namun, termasuk keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Buah ini mengandung beragam nutrisi, seperti asam linoleat, vitamin C, vitamin A, potasium, kalium, dan magnesium.

Oleh karena itu, tidak hanya segar ketika disantap, timun suri juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat timun suri yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan dan mencegah dehidrasi

Kandungan serat dan air yang berlimpah menjadikan timun suri dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Teksturnya lembut sehingga tubuh tidak sulit mencernanya. Timun suri dapat mengatasi susah BAB, maag, gastritis, atau tukak lambung.

Kandungan airnya dapat juga menghidrasi tubuh sehingga terasa lebih segar. Bisa juga mencegah lemas ketika puasa.

2. Mencegah darah tinggi

Nah, kandungan potasium, kalium, magnesium, dan seratnya yang kaya dapat membantu menjaga tekanan darah supaya kondisinya tetap stabil dan normal. Di tambah, kandungan asam linoleat yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah.

Dengan begitu, risiko darah tinggi dapat diturunkan. Ketika tekanan darah stabil, maka mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Mengatasi mata lelah

timun suri bagi kesehatan

Sumber: Kesekolah.com

Vitamin A sudah dikenal berguna bagi kesehatan mata. Karena itu, timun suri yang memiliki kandungan vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Di samping itu, ada kandungan asam askorbat dan asam caffeic, yang dapat mengurangi tingkat retensi air pada mata. Hasilnya, dapat mengurangi bengkak di sekitar mata karena kelelahan atau terlalu banyak menangis.

4. Mencegah timbulnya kanker

Timun memiliki kandungan saponin yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Tingkat kolesterol jahat yang rendah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

5. Menjaga kesehatan sendi

Timun suri mengandung juga silika. Senyawa silika dapat menjaga sendi tetap sehat dan kuat. Ditambah lagi kandungan vitamin A, B1, B6, C, D, folat, kalsium, dan magnesium untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sendi.

6. Detoksifikasi tubuh

Kandungan air yang berlimpah pada buah ini serta serat yang tinggi bermanfaat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Proses pembuangan racun tersebut bisa melalui urin atau feses.

7. Menjaga ginjal tetap sehat

Sekali lagi, manfaat kandungan airnya sangat berguna bagi kesehatan, yaitu membantu proses buang air kecil selalu lancar. Dengan demikian, ginjal kita akan selalu terjaga kesehatannya.

Tidak hanya itu, kandungan berbagai vitamin dan mineral dapat melindungi ginjal dari berbagai penyakit yang bisa menganggu fungsi ginjal.

Artikel Rekomendasi kami