Home > Health > Enggak Bisa Tidur Tanpa Guling Ternyata Baik untuk Kesehatan!

Enggak Bisa Tidur Tanpa Guling Ternyata Baik untuk Kesehatan!

Enggak Bisa Tidur Tanpa Guling Ternyata Baik untuk Kesehatan!

Apakah RoomMies memiliki kebiasaan tertentu saat tidur, seperti tidak bisa tidur jika tidak menggunakan bantal guling? Tenang saja, tak bisa tidur tanpa bantal guling bukan suatu hal yang aneh. Malah manfaat tidur dengan bantal guling sangat baik bagi kesehatan, lho! Tidur dengan menggunakan bantal guling dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

7 Manfaat Tidur dengan Guling

Wah, pasti penasaran, kan, bagaimana bantal guling bisa memberikan lebih dari sekedar kenyamanan saja dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Berikut tujuh manfaat yang akan RoomMies dapatkan jika tidur menggunakan bantal guling.

1. Membantu mengatasi ngorok

Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi telentang bisa meningkatkan kemungkinan mengorok. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak dalam mulut menutupi dinding tenggorokan, menyebabkan getaran suara saat tidur.

Untuk mengatasi ngorok, banyak ahli menyarankan untuk tidur dengan posisi menyamping. Agar posisi tidur menyamping tetap bertahan sepanjang malam, cobalah untuk tidur pakai guling. Sebagian orang mengaku jika cara ini ampuh untuk mengatasi atau mengurangi kebiasaan ngorok yang mengganggu di setiap malam. RoomMies bisa mencobanya jika memiliki masalah ngorok ketika tertidur.

BACA JUGA:  3 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan Anak Kost

2. Mengurangi cedera punggung

Bantal guling dengan bahan material tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk seperti bahan polyester fiber bisa membantu menopang dan mendukung tubuhmu secara sempurna saat tidur. Begitu juga jika RoomMies menaruh bantal guling tersebut di belakang tubuhmu mengikuti arah tulang belakang.

Jika rajin menggunakan bantal guling dengan cara tersebut, kamu bisa terhindarkan dari rasa sakit pada punggung ketika bangun tidur. Tidur menggunakan bantal guling dapat mencegah terjadinya cedera pada tulang akibat posisi tidur yang tidak nyaman.

BACA JUGA: 7 Gerakan Yoga untuk Atasi Sakit Punggung, Mudah Dilakukan di Kost

Sebaliknya, tidur tidak pakai guling memungkinkan kaki bagian atas membebani tulang panggul dan tulang punggung bawah secara berlebihan. Akibatnya, kita jadi lebih rentan mengalami sakit punggung ketika bangun tidur

3. Membantu mengurangi stres

Penelitian menunjukkan bahwa memeluk sesuatu dengan meringkuk bisa memberikan efek psikologis yang baik bagi tubuh dan pikiran. Secara tidak disadari, memeluk bantal guling saat tidur bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Dampaknya, dapat membantu mengurangi stres dan melepaskan tekanan atau beban pikiran yang RoomMies dapatkan dari aktivitas sehari-hari.

4. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat menggunakan bantal guling yang satu ini bisa dirasakan terutama untuk RoomMies yang memiliki postur tubuh dengan tulang yang agak membungkuk. Saat tidur dengan memeluk bantal guling, tulang belakang akan lurus sehingga bisa membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Tulang punggung lama kelamaan akan lebih lurus dan kamu akan tampak lebih tegap.

5. Meredakan tegang otot

Menggunakan bantal guling secara tidak langsung memberikan terapi peregangan otot saat kamu sedang beristirahat, terutama bagi RoomMies yang baru saja selesai beraktivitas seharian penuh. Untuk meredakan rasa tegang pada otot-ototmu secara maksimal, kamu bisa menggunakan body pillow, yaitu bantal guling berukuran panjang yang sekaligus menjadi bantal kepala. Bantal guling yang ditempatkan di bawah lehermu bisa membantu meringankan ketegangan pada otot leher.

6. Melancarkan sirkulasi darah

Memeluk bantal guling juga memiliki manfaat sebagai pelancar peredaran darah. Tanpa disadari saat RoomMies memeluk bantal guling, otomatis betis atau kakimu akan terangkat. Hal ini membuat aliran darah di betis dan kakimu mengalir dengan baik sampai ke jantung. Sirkulasi darah di tubuh pun bisa mengalir dengan lancar dan baik.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah RoomMies merasa kualitas tidurmu berkurang dan ingin memperbaiki kualitas tidur jadi lebih baik? Bantal guling bisa jadi solusinya. Ketika kamu tidur menggunakan bantal guling dengan posisi yang sesuai dengan postur tubuh, posisi ini akan membuat seluruh tubuhmu menjadi lebih santai dan rileks. Hal ini akan membuatmu tertidur pulas dan nyenyak sehingga tidurmu jadi lebih berkualitas.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Sulit Tidur Hanya Dalam Waktu 1 Menit Langsung Pulas!

Jadi, sudah tahu, kan, kalau bantal guling bukan hanya memberikan manfaat estetika bagi kamar tidurmu saja, tetapi juga manfaat kesehatan yang baik.

Artikel Rekomendasi kami