Home > Health > Anak Kost Wajib Tahu! Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Anak Kost Wajib Tahu! Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Anak Kost Wajib Tahu! Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

RoomMies suka banget dengerin musik? Kalau iya saatnya berbahagia karena selain menghibur, ada beberapa manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan yang sayang banget untuk dilewatkan loh. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Setiap orang pasti memiliki selera musik yang berbeda-beda, entah itu pop, jazz, ragae, balllad atau rock. Dan anehnya, musik kadang membawa kenangan tertentu saat kita mendengarkannya. Entah lewat lirik maupun nadanya, musik menjadi teman setia apa pun kondisi kita.

Apa pun selera musikmu kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat mendengarkan musik di bawah ini.

Ragam Manfaat Mendengarkan Musik

Beberapa manfaat mendengarkan musik yang sayang banget untuk RoomMies lewatkan, yaitu:

1. Meningkatkan daya ingat

Hayo siapa yang masih suka pelupa bahkan untuk hal-hal yang sederhana. Misalnya lupa membawa meletakkan handuk ke tempatnya atau lupa charge hp di malam hari. Kalau kamu masih sering lupa, ada baiknya saat ini kamu mulai mendengarkan musik ya. Karena melansir dari Healthline, mendengarkan musik bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat sehingga kamupun gak jadi mudah lupa.

Hal ini karena musik telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan memperlambat kerusakan saraf-saraf otak. Bahkan berdasarkan informasi yang didapatkan dari Mayo Clinic, musik juga bermanfaat untuk menghambat kerusakan saraf otak pada penderita demensia (penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat).

2. Membuat tubuh lebih bertenaga

Melansir dari Harvard Medical School manfaat lain mendengarkan musik adalah membuat tubuh bertenaga. Karena saat mendengarkan musik saraf-saraf di otak dan tubuh menjadi lebih rileks, tubuhpun akan lebih bertenaga.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School musik yang terbukti bermanfaat untuk membuat tubuh lebih bertenaga adalah musik dengan irama cepat dan musik yang ceria.

Jadi, mulai sekarang kalau kamu lagi merasa kurang bertenaga saat bekerja ataupun olahraga, jangan lupa untuk mendengarkan musik ya, RoomMies.

3. Mengatasi stres

Tidak bisa dipungkiri memang mendengarkan musik bisa bermanfaat untuk mengatasi stres atau kekhawatiran yang sedang kamu rasakan. Karena saat mendengarkan musik saraf-saraf di otak menjadi lebih rileks dan menenangkan pikiran.

Melansir dari Healthline, jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang mendengarkan musik juga bisa bermanfaat untuk mengatasi depresi.

BACA JUGA:

4. Membuat tubuh menjadi mudah kenyang

Buat RoomMies yang lagi diet saatnya sering-sering mendengarkan musik ya. Karena melansir dari verywell mind mendengarkan musik saat makan bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah kenyang. Mendengarkan musik saat makan akan membuat seseorang makan lebih lambat dan menjadi lebih cepat kenyang.

5. Mengatasi insomnia

Insomnia atau gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur di malam hari memang sangat menganggu RoomMies. Namun, jangan khawatir karena insomnia bisa diatasi dengan mendengarkan musik. Hal ini karena musik bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang dan meningkatkan kualitas tidur. Apalagi, menurut Verywell.com, jenis musik yang terbukti bermanfaat untuk mengatasi insomnia adalah musik klasik.

6. Meredakan rasa sakit

Rasa sakit akibat luka yang ada di tubuh bisa RoomMies redakan dengan mendengarkan musik loh. Hal ini karena saat mendengarkan musik seseorang cenderung lebih fokus pada musik dibandingkan fokus pada rasa sakit. Lambat laun rasa sakit yang dirasakan pun benar-benar akan mereda dan menghilang sepenuhnya.

Nah, RoomMies itu tadi beberapa manfaat mendengarkan musik yang sayang banget dilewatkan.

Artikel Rekomendasi kami