Home > Health > Anak Kost Sudah Tahu Belum? Ini 6 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Anak Kost Sudah Tahu Belum? Ini 6 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Anak Kost Sudah Tahu Belum? Ini 6 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Jika biasanya madu memiliki rasa manis dan berwarna bening kecokelatan, ada jenis madu lain yang tidak mempunyai kedua ciri-ciri tadi. Jenis madu itu adalah madu hitam atau bitter black honey. Sesuai namanya, jenis madu ini memiliki ciri-ciri fisik berwarna hitam. Tak hanya warnanya saja yang hitam, cita rasa dari bitter black honey ini juga pahit dan tidak manis layaknya madu pada umumnya. Meski begitu, manfaat madu hitam ini tidak kalah dengan jenis madu lain, lho. Lantas, apa saja manfaat madu hitam untuk kesehatan? Untuk mengetahuinya simak langsung ulasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Madu Hitam

Seperti yang sudah disinggung di atas, madu hitam memiliki ciri fisik berupa warna hitam pekat dan rasanya yang pahit. Warna hitam dari madu ini sendiri berasal dari nektar bunga mahoni, sehingga warnanya cenderung lebih hitam dari madu kebanyakan. Selain dari mahoni, lebah yang menghasilkan madu ini juga mengonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandra, dan singkong karet.

Sementara rasa pahitnya berasal dari senyawa alkaloid yang terdapat pada pohon mahoni. Meskipun pahit, justru senyawa alkaloid inilah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain senyawa alkaloid, madu hitam juga mengandung beberapa zat baik lainnya, seperti saponin, flavonoid, fosfor, kalium, kalsium, natrium, hingga vitamin C.

Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Menfaat madu hitam - mencegah penyakit kardiovaskular

Sumber: thejakartapost.com

Manfaat madu hitam yang pertama adalah mampu mencegah penyakit kardiovaskular. Ini karena kandungan flavonoid dalam madu hitam mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga kamu tak mudah untuk terkena penyakit yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular itu.
Seperti yang kita ketahui bersama, kolesterol LDL yang tinggi dalam darah memang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya, terutama yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular.

2. Menetralkan asam lambung

Madu hitam juga diketahui dapat membantu menetralkan asam lambung, lho. Dengan asam lambung yang berhasil dinetralkan, kamu pun dapat terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti tukak lambung, gastritis, dan masalah pencernaan lainnya.

3. Meredakan gejala asam urat

Manfaat madu hitam - meredakan gejala asam urat

Sumber: klikdokter.com

Manfaat madu hitam berikutnya adalah dapat membantu meredakan asam urat bagi penderita penyakit tersebut. Dengan mengonsumsi madu hitam secara teratur, gejala asam urat dapat meredakan sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Menyembuhkan gangguan pernapasan

Selain meredakan gejala asam urat, mengonsumsi madu hitam juga dapat membantu menyembuhkan gangguan pernapasan. Ini karena sifat anti inflamasi yang ada di madu hitam mampu melegakan tenggorokan yang sedang mengalami peradangan. Tak hanya itu, madu jenis ini juga dapat membersihkan paru-paru dari berbagai patogen.

5. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Manfaat madu hitam - meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sumber: cnnindonesia.com

Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam madu hitam sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tidak hanya itu saja, madu ini juga dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Untuk bisa mendapatkan kedua manfaatnya itu, kamu harus mengonsumsi madu hitam secara berkala.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat madu hitam yang terakhir adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan antibakteri dan pH dalam madu hitam diketahui efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu hanya perlu mengoleskan madu hitam ke area kulit yang terluka secara berkala.

Itu dia sederet manfaat madu hitam untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Gimana, madu hitam memiliki banyak manfaat yang nggak kalah dengan madu pada umumnya, kan?

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami