Home > Health > 5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Anak Kos

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Anak Kos

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan Anak Kos

Buah lemon sering kali disajikan dan diolah untuk berbagai macam minuman, seperti lemon tea, lemon squash, atau lemon jus. Rasanya yang asam, menghadirkan sensasi segar saat meminumnya. Selain menyegarkan, ternyata buah lemon juga memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, loh, RoomMies.

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat buah lemon bagi kesehatan yang bisa kamu rasakan jika rutin mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat buah lemon untuk kesehatan.

1. Menurunkan berat badan

Berat badan berlebih terkadang menjadi salah satu masalah tersendiri anak kost. Salah satu penyebabnya adalah rutinnya mengonsumsi makanan instan atau junk food. Berat badan berlebih tentu tidak akan baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Salah satu cara membantu menurunkan berat badan secara alami tanpa mengomsumsi pil atau minuman pelangsing adalah rajin minum air lemon hangat. Kandungan zat polifenol pada lemon konon dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tingga jauh dari orang tua tanpa adanya pengawasan tentu membuat kamu akan mudah mengabaikan kesehatan. Ujungnya daya tahan tubuh akan menurun dan kamu akan mudah terkena penyakit seperti batuk dan flu. Lemon yang kaya antioksidan akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang bersifat sebagai antioksidan.

BACA JUGA:

3. Melancarkan pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan seperti sembelit, kamu bisa rutin mengonsumsi lemon hangat setiap pagi untuk melancarkan pencernaan. Dan dilansir dari SehatQ, lemon memiliki pektin yaitu serat larut dalam air. Serat tersebut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Namun, pastikan kamu mengonsumsi lemon dengan ampasnya agar mendapatkan manfaat baik dari serat tersebut.

4. Menjaga kesehatan kulit

Bagi wanita, kesehatan kulit adalah hal utama. Namun, bagi anak kost khususnya mahasiswa, membeli produk perawatan kulit tentu akan menjadi satu pengeluaran besar yang harus diperhitungkan. Sebagai cara alami, kamu bisa mengonsumsi air lemon hangat setiap pagi untuk mencegah keriput serta menjaga kelembapan kulit.

5. Mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh berat badan berlebih dan kurangnya konsumsi air putih. Untuk mengurangi resiko terkena batu ginjal, kamu bisa mengonsumsi air lemon. Dilansir dari Halodoc, air lemon memiliki kandungan sitrat yang mencegah proses pengerasan mineral dan garam yang dapat membentuk batu ginjal serta dapat memecah batu ginjal menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga dapat dikeluarkan melalui urin.

Artikel Rekomendasi kami